6 Ciri Fisik Ibu Hamil Yang Paling Umum Terlihat

Mengetahui ciri-ciri fisik ibu hamil memang tidaklah susah jika dengan cara kasat mata terutama cicir-ciri fisik ibu hamil yg sudah masuk 3 semester akhir. Tapi pada waktu memasuki awal kehamilan juga mulai terlihat ciri-ciri fisik ibu hamil, karena disebabkan adanya perubahan kadar hormon HCG. Awalnya, proses pembuahan kadar hormon ini diproduksi namun seiring adanya proses kehamilan, hormon ini meningkat.

Peningkatan hormon ini yang menyebabkan perubahan, menjadi fisik fisik ibu hamil. Selian perubahan fisik yang diliat oleh mata, kebanyakan ibu hamil mengalami perubahan pada system metaolisme tubuh makin meningkat. Tapi perubahan fisik pada ibu hamil umumnya tidak terlihat apabila masih memasuki umur 1-2 minggu, ciri-ciri fisik ibu hamil pada umumnya di umur kehamilan seputar 5-6 minggu.
Ciri-ciri fisik ibu hamil pada umumnya sebagai berikut :

1. Mual muntah
Mual muntah menjadi ciri-ciri fisik ibu hamil yang bisa diamati. Perasaan muntah atau mual pada pagi hari merupakan proses kehamilan, hal ini wajar dalam dunia medis penyebab mual muntah belum dapat di ketahui dengan cara tentu, tetapi mungkin saja kerena gerakan hormon HCG yang meningkat pada tubuh ibu hamil, yang dapat menghantarkan sinyal ke otak dan menjadikan ibu merasa lebih sensitive serta mual. Namun tidak perlu cemas, hal tersebut akan hilang sendirinya saat ibu memasuki kehamilan trisemestera awal (1-3 bulan).

2. Badan kelihatan lelah
Kelelahan dapat berlangsung karena proses metabolisme tubuh yang beralih dari biasanya, tubuh ibu hamil bekerja lebih keras dari umumnya, sebab mencukupi keperluan janin dikandungnya. Hormon progesterone yang dihasilkan dapat mempengaruhi proses metabolism. Hal ini yang membuat anda merasa cepat lelah. Jangan khawatir, dampak kelelahan dan rasa lelah ini merupakan proses alamiah yang berlangsung pada ibu hamil. Sebagai tanda-tanda awal kehamilan, sehingga disarankan untuk ibu mengurangi kegiatan berat perbanyak istirahat dan lebih rileks.

3. Banyak Buang Air Kecil
Rata-rata pada ibu hamil banyak mengalami hal ini, karena semakin lama rahim membesar dan menekan kantong kemih yang merangsang kemauan buang air kecil anda selama proses kehamilan berlangsung. Seringnya buang air kecil, terkadang memang megganggu terlebih pada tengah malam hari, namun ada baiknya pada saat anda mau buang air segera pergi ke toilet karen apabila tidak dilakukan ibu hamil dapat beresiko terkena infeksi saluran kandung kemih karena hambatan urine yang lama tidak cepat dikeluarkan.

4. Payudara terasa lebih lembut
Payudara menjadi lebih lembut dan membesar sesudah beberapa minggu berjalan selama proses pembuahan, karena gerakan hormon estrogen dan progesterone yang dihasilkan meningkat. di samping itu, puting payudara akan tampak membengkak dan adanya perubahan warna lebih gelap atau hitam. Hal itu disebabkan, karena meningkatnya pigmen kulit atau melanin yang dapat meningkat lebih banyak 50%, mengakibatkan pembuluh darah di sekitar payudara.

5. Bercak Darah
Proses pembuahan janin dalam rahim mengakibatkan bercak darah yang dinamakan sebagai pendarahan implantasi. Bercak ini bersiat normal, darah yang keluar tidak sedikit dan terkadang lebih dari satu hari. Segera konsultasi pada kedokter untuk memeriksakan kesehatan janin, biarpun bercak darah wajar pada ibu hamil. Itu juga merupakan salah satu ciri-ciri fisik ibu hamil, waspadai jika bercak darah disertai bersama adanya kram atau nyeri perut.

6. Kendala pada system pencernaan
Masalah pada system pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, biasnya banyak dirasakan oleh ibu hamil. Sebab meningkatnya hormon progesteron yang dapat melemaskan jaringan otot polos di semua tubuh, termasuk juga saluran pencernaan. Proses penyerapan makanan lebih lambat pada umumnya. Akibatnya perut tidak terisi yang membuat sembelit dan terasa mulas.

loading...