8 Ciri-Ciri Fisik Ibu Hamil Yang Belum Di ketahui

Ibu hamil terkadang tidak mengetahui ciri-ciri fisik lainnya, yang umumnya mereka ketahui hanyalah ciri-ciri fisik seperti mual, muntah, pusing, sensitive, lemas dan timbulnya bercak darah. Sebenarnya ada beberapa ciri fisik ibu hamil yang tidak umum di ketahui banyak orang. Namun mereka terkadang tidak menyadari hal tersebut terjadi. Seperti beberapa ciri fisik ibu hamil berikut ini yang dapat anda simak :

Ciri-ciri fisik ibu hamil pada umumnya, masih ada banyak ciri-ciri fisik lain, yang jarang di ketahuan banyak orang. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Rambut lebih lebat
Umumnya pada ibu hamil rambut akan jadi lebih lebat dan berkilau, bukan cuma rambut kepala tapi rambut lainnya di seluruh tubuh menjadi subur. Tetapi ibu tidak perlu khawatir karena rambut-rambut yang tumbuh diwaktu proses kehamilan nantinya dapat rontok dengan sendirinya sesudah proses persalinan.

2. Masalah pada penglihatan
Perubahan yang berlangsung pada hormone di dalam tubuh ibu hamil menyebabkan masalah penglihatan seperti mata kering, gatal dan rasa tidak nyaman terutama bagi perempuan yang menggunkana lensa mata. Hal ini disebabkan akibat penumpukan cairan yang menyebabkan kornea membengkak. Agar lebih nyaman bagi ibu hamil, sebaiknya membatasi bekerja di depan pc, notebook , atau kurangi pemakaian telephone seluler dan cuci mata lebih sering dilakukan.

3. Ceroboh
Kehilangan keseimbangan saat berjalan seiring adanya kandungan yang semakin membesar. Pusat dari tubuh ibu hamil beralih saat proses kehamilannya mulai membesar, ibu akan lebih sering bertindak ceroboh dan terlebih kurang keseimbangan. Sebaiknya bagi ibu hamil di setiap gerakan yang dilakukan pastikan dengan perlahan dan lebih fokus serta berhati-hati terutama ketika menaiki anak tangga.

4. Gusi berdarah
Pada masa kehamilan, ibu mungkin saja sempat mengalami gusi berdarah. Hal itu terjadi karena adanya perubahan di dalam tubuh ibu hamil. Pembuluh darah melebar yang memundahkan terjadinya pendarahan termasuk pada gusi. Sebaiknya ibu wajib menjaga kebersihan mulut dan teratur melakuakan kesehatan mulut agar terhindar dari gusi berdarah.

5. Bercak hitam terhadap kulit
Gejala ini memang sering dialami oleh banyak ibu hamil pada umumnya. Gejal ini dikenal dengan nama chloasma atau melasma dan dinamakan juga sebagai topeng kehamilan. gejala ini disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi pigmentasi kulit. Namun ibu tidak perlu merasa cemas, sebab gejala tersebut tidaklah berbahaya bagi kulit anda dan itu sangat wajar terjadi, yang pasti bercak hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah proses melahirkan terjadi.

6. Mudah Lupa
Bisa jadi anda tidak akan merasa asing lagi dengan istilah, “otak hamil” Nah, faktor ini menjadi salah satu gejala yang mungkin dialami oleh ibu hamil. Lupa meletakan benda atau sesuatu adalah hal wajar yang di alami setiap ibu hamil. Karena beberapa faktor menyebabkan otak menjadi sedikit lambat untuk mengingat sesuatu hal.

7. Perut terasa panas
Pada akhir bulan kehamilan ibu akan meraskan panas pada bagian perut. Karena di akibatkan dari makan atau minum yang di konsumsi ibu sebelum tidur di malam hari. Penyebab yang umumnya terjadi dikeranekan dari, asam lambung yang meningikat dan menyebabkan perut terasa panas.

8. Kaku di tangan
Mengalami kaku tangan pada saat bangun tidur ibu hamil mungkin akan merasakan hal tersebut. Karena sirkulasi darah di daerah tangan yang tersendat, dan urat nadi tertekan saat sedang tidur, hal itu mengakibatkan timbulnya rasa seperti tertusuk jarum dan bisa jadi mati rasa.

Sekian tentang informasi ciri-ciri fisik ibu hamil yang belum di ketahui, namun hal tersebut terjadi pada sebagian ibu hamil, jika anda mengalami salah satu ciri ciri hamil tersebut di waktu mengandung jangan pernah merasa khawatir karena itu semua hal yang wajar. Namun bisa jadi anda juga menjumpai ciri-ciri lain yang tidak di sebutkan di atas.

loading...