8 Tips Terbaik Bagi Bunda yang Sedang Mengandung

Keinginan seluruh bunda yaitu hadirnya buah hati dalam keadaan sehat dan sempurna merupakan dambaan. Berbagai macam cara ditempuh demi menjaga buah hati sehat dan berkembang dengan baik. Namun kebanyakan bunda yang baru pertamakali hamil seringkali mengalami kebingungan karena belum adanya pengalaman saat hamil. 

Oleh karena itu bagi bunda yang masih bingung ataupun belum mempunyai pengalaman dalam menjaga si jabang bayi agar senantiasa tumbuh sehat dan baik, beberapa tips bagi bunda ketika hamil akan kami bagikan seperti :

1.Menerapkan Pola Hidup Sehat

Yang pertama yaitu menerapkan pola hidup sehat, hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh ibu hamil. Karena dengan pola hidup yang sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan secara meyeluruh. Mulanya pola hidup sehat dapat dimulai dengan menjaga pola makan bunda, termasuk bunda juga harus menjaga asupan nutrisi dan gizi yang baik selama masa kehamilan. Selain itu, melakukan olah raga ringan untuk menjaga kebugaran bunda. Ketika bunda merasakan perasaan yang menyenangkan secara tidak langsung akan memberikan pengaruh positif pada janin yang berada didalam kandungan bunda.

2.Konsumsi Makanan yang Bernutrisi Baik

Seperti yang bunda ketahui sebelumnya bahwa pada masa awal kehamilan bunda adalah saat terpenting bagi tumbuh kembang janin karena saatnya dimana organ-organ janin bunda mulai terbentuk. Maka penting bagi bunda memperhatikan makanan yang bunda konsumsi saat mengandung. Pada masa awal ini janin bunda akan mulai membentuk sistem saraf dan jaringan otak, sehingga kami sarankan bunda untuk mengkonsumsi makanan yang mendukung perkembangan sistem saraf pada janin bunda, seperti asam  amino dan omega 3.

Selain itu bunda tentunya membutuhkan asupan nutrisi lain yang jumlahnya lebih dibandingkan saat bunda tidak hamil. Kebutuhan vitamin yang lengkap sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan bunda dan bayi dalam kandungan bunda. Bagi ibu hamil kami sarankan juga bunda mengkonsumsi susu khusus ibu hamil sebagai tambahan nutrisi saat mengandung.
Bunda juga perlu untuk menjaga pola makan. Maksudnya adalah pada ibu hamil sebaiknya bunda makan dalam porsi kecil, untuk mencegah datangnya rasa mual.

Bunda juga harus memperhatikan jadwal makan bunda setiap harinya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh bunda karena nantinya akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan calon bayi yang ada dalam kandungan bunda. Dalam masa kehamilan ibu hamil, bunda membutuhkan energi yang tidak sedikit, sehingga bunda memerlukan tambahan nutrisi pendukung makanan dengan gizi seimbang.

Gizi yang seimbang dapat diperoleh dari jenis makan yangbunda konsumsi. Makanan dengan gizi seimbang harus mengandung karbohidrat dan lemak sebagai zat tenaga dan protein bunda yang berguna untuk zat pembangun, serta mineral yang berperan menjadi zat pengatur, tetapi porsi untuk memenuhi nutrisi tersebut berbeda pada setiap ibu hamil.

Bunda sebaiknya memperoleh asupan gizi seimbang dan memperbanyak makan buah dan sayur, serta hindari merokok dan mengkonsumsi alcohol. Dua kegiatan tersebut akan menyebabkan terhambatnya aliran darah bunda yang menyuplai oksigen dan sari-sari makanan ke janin bunda, sehingga akan sangat membahayakan kondisi kesehatan bunda dan juga menghambat perkembangan janin bunda.

3.Waspadai mual

Setiap ibu hamil dapat mengalami peningkatan hormon estrogen pada masa awal kehamilan yang akan membuat asam lambung bunda meningkat, sehingga ibu hamil akan merasa mual. Untuk menyiasatinya bunda disarankan untuk mengkonsumsi makanan pada porsi kecil atau bunda bisa memilih makanan kesukaan bunda,seperti makanan ringan yang bisa dimakan sewaktu-waktu.

4.Menjaga Kebersihan dan Lingkungan Bunda

Kebersihan diri dan lingkungan bunda sangatlah berpengaruh bagi kehamilan bunda sehingga bunda perlu memperhatiankan secara khusus. Kebersihan lingkungan disekitar bunda juga dapat berpengaruh dalam masa kehamilan. Bunda perlu mewaspadai adanya kuman,bakteri maupun virus yang menempel pada tubuh bunda, apalagi pada daerah kemaluan bunda. Karena apabila bunda sampai terinfeksi kuman atau bakteri, itu akan menular pada janin dalam kandungan bunda.

5.Olah raga ringan

Meskipun bunda sedang dalam masa kehamilan namun bunda tetap harus melakukan olahraga walau hanya olahraga ringan. Olah raga ringan bisa dilakukan sebagai usaha untuk menjaga kesehatan bunda dimana bunda memerlukan tenaga yang lumayan saat masa kehamilan. Hal ini juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah bunda yang dapat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh bunda.

Dengan melakukan aktifitas fisik juga dapat mencegah ibu hamil dari rasa lemas. Tetapi bunda tetap harus memperhatikan jenis olah raga yang bunda lakukan jangan sampai olahraga yang bunda lakukan berdampak buruk bagi kandungan bunda. Bunda cukup melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau gerakan-gerakan peregangan otot. Berolahraga ringan juga sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot yang nantinya akan membantu proses persalinan bunda.

6.Istirahat yang cukup

Pada masa kehamilan bunda akan sering merasakan tubuh bunda yang mudah lelah. Hal ini terjadi karena meningkatnya horman progesteron dalam tubuh bunda saat mengandung. Bagi para ibu disarankan untuk mulai mengurangi kegiatan yang banyak menguras tenaga bunda dan luangkanlah lebih banyak waktu untuk beristirahat. Karena seorang ibu hamil akan membutuhkan banyak waktu lagi untuk istirahat dibandingkan ketika dalam kondisi bunda tidak hamil. Istirahat cukup juga dimaksudkan agar bunda dapat mengembalikan stamina tubuh bunda.

Saat bunda beristirahat terutama tidur maka secara alami bunda dapat mengendurkan syaraf otak bunda yang berdampak mencegah timbulnya stress. Saat tidur juga sel-sel dalam tubuh bunda akan beregenerasi sehingga bunda merasa segar saat bangun tidur. Pada saat bunda tidur juga membawa manfaat bagi janin dalam kandungan bunda yaitu akan meningkatkan memori otak janin.

Bunda hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan aktifitas fisik yang berat dan melelahkan. Bunda memerlukan waktu istirahat yang cukup sehingga bisa mencegah timbulnya risiko keguguran yang diakibatkan terlalu lelah dalam beraktivitas. Bahkan pada ibu hamil yang memiliki kandungan yang lemah disarankan untuk istirahat total.

7.Menghindari Banyak Pekerjaan

Bagi ibu hamil yang juga sekaligus seorang wanita karir, hal ini perlu menjadi perhatian khusus. Bunda disarankan untuk mengatur ulang segala pekerjaan sehingga diusahakan tidak ada pekerjaan yang tertumpuk. Sedangkan bunda yang bekerja selaku ibu rumah tangga biasa sebaiknya mengurangi beban pekerjaan rumah tangga. Dalam masa kehamilan bunda akan lebih baik jika dibantu oleh seorang pembantu rumah tangga untuk menyelesaikan pekerjaan berat rumah tangga, sehingga bunda tidak merasa berat dan lelah.

8.Hindari stress

Pada ibu hamil sering sekali mengalami perubahan hormon yang sangat memicu perubahan emosional dan bisa berakibat stres. Beban pikiran yang berat juga dapat memicu datangnya stres sehingga rentan mengalami seseorang dapat mengalami keguguran. Selain itu, penting juga bagi bunda disana untuk dapat mengontrol emosi bunda karena gangguan emosi pada ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi janin yang sedang dikandung. Jika tanda-tanda stress ternyata sudah mulai muncul lakukanlah sedikit refreshing untuk mengendurkan pikiran.

Hal yang juga penting diperhatikan bunda, sebaiknya ibu yang sedang hamil memperhatiakan lingkungan sekitarnya juga yaitu yang nyaman dan tenang yang akan membawa dampak positif, tidak hanya untuk ibu yang mengandung tetapi juga untuk janin yang ada dalam kandungan.

Itulah beberapa tips bagi bunda yang sedang mengandung semoga bermanfaat. Dan apabila bunda berkenan mohon di share ya tipsnya supaya bunda-bunda yang lain juga bisa mendapatkan tips yang bisa memudahkan bunda dalam masa kehamilan. Semoga bunda semua bisa melahirkan buah hati bunda dengan baik tanpa cacat sedikitpun, Amin.

loading...