Agar Tidur Nyenyak, Pakai Cara Ini

Agar Tidur Nyenyak. Sudah nyenyakkah tidur Anda hari ini ? Satu kegiatan rutin yang wajib setiap malam kita lakukan adalah tidur. Tidur merupakan salah satu aktifitas yang paling menyenangkan apalagi jika disertai dengan mimpi indah, waah bisa terus nambah ingin tidur mulu. Betul nggak ?

Terlepas dari indahnya suasana ketika tidur dari kenyamanan yang diperolehnya, Kegiatan tidur bisa melepaskan semua kepenatan yang sedang kita alami selama satu hari penuh yang bermanfaat mengembalikan tenaga untuk mengawali aktifitas yang lebih baik ketika keesokan harinya.

Diperlukan waktu normal sekitar 6 sampai 8 jam perhari bagi orang dewasa dalam membutuhkan waktu tidur, akan tetapi pada kenyataanya tidaklah semua orang bisa mendapatkan jatah tidur yang sesuai kebutuhan mereka karena adanya faktor tertentu sehingga membuat kondisi yang demikian tidaklah baik bagi pikiran juga energi mereka.

Mengapa tidak harus sesuai dengan jatah waktu dan mengharuskan tidur nyenyak ?
Barangkali kita sering beranggapan bahwa tidur sesaat tapi nyenyak daripada tidur panjang akan tetapi sering terbanggun. Pendapat demikian memang tidak ada salahnya namun tidur dengan jatah waktu 8 jam sehari akan lebih baik dilakukan daripada menghabiskan waktu bergadang dengan jatah tidur sedikit walaupun nyenyak.

Mengapa bisa begitu sebab disaat tidur, tubuh kita akan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam jaringan tubuh. Dengan tidur yang cukup juga bisa membuat pikiran kita akan menjadi lebih tenang. Maka sebaliknya dengan kurang jatah waktu tidur bisa menyebabkan emosi yang tidak stabil, loyo atau kelelahan juga yang lebih pentng adalah berkurangnya kemampuan berpikir, seandanya ini terjadi pada masa anak-anak di usia sekolah maka akan dapat menguragi tingkat kecerdasan mereka. Tapi sayangnya banyak orang tua yang tidak mau peduli atau mengabaikan hal tersebut terhadap putra putrinya seharus bisa mengontrol tingkat kebutuhan tidur yang sesuai jatahnya terhadap mereka.

Tidur yang berkualitas dengan jatah waktu ideal bagi mereka yang sangat mendabakannya merupakan usaha yang bisa di katakan sebuah perjuangan, terutama bagi mereka yang sedang menderita sakit juga para lansia, akan tetapi bagi kita yang sehat dan jauh dari masalah tidak menjadikanya problema, memang berbagai faktor sulit tidur susah untuk di hindari usaha merupakan alternatif untuk mencari solusi yang tepat.

Lantas apa saja solusi agar kita bisa mendapatkan tidur yang ideal dan nyenyak tersebut ? nah coba lakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. Hindari Minum Kopi
Kopi dan kafein merupakan satu hal yang tidak bisa terpisahkan, terdapat banyak dampak negatif dari kafein meski juga tidak lepas dari segi manfaatnya. Kebiasaan minum kopi belebiahan atau sekedar upaya menghilangkan penat minum kopi sambil ngobrol merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari jika Anda menginginkan kualitas tidur dimalam hari lebih maksimal. Apalagi minum kopi ketika menjelang tidur dengan menggunakan kopi murni 100% jelas saja sampai pagi pun juga membuat betah melek.

Untuk itu sebaiknya jangan minum kopi berkafein tinggi setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein yang terdapat pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya, ingat meski sedikit juga bisa berdampak lebih besar terutama bagi kesehatan.

1. Mandi dengan air panas
Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga agan bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat agan lakukan 1 jam sebelum tidur.

2. Banyak minum air putih
Banyaklah minum air putih sebelum agan tidur, hal ini dapat membantu pencernaan di dalam tubuh agan, minum air putih yang banyak dapat mempercepat proses pencernaan di dalam tubuh anda.

Air putih berbeda dengan minuman yang manis, minuman manis mengandung tinggi glukosa sehingga anda akan sering buang air kecil, sedangkan air putih justru membantu pencernaan kita.

3. Mengatur pernapasan
Dengan menarik napas dalam dan mengaturnya, agan dapat terbiasa dan sama dengan saat agan telah tidur nyenyak.

4. Rasakan tubuh Anda
Saat berada di tempat tidur, rasakan tubuh Anda. Ini akan membantu Anda menyadari bahwa Anda telah siap untuk tidur.

5. Jangan makan berlebihan di malam hari
Usahakan agar makan malam Anda tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.

6. Jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur
Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa.

Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Anda relaks menjelang waktu tidur Anda. Itu akan sangat membantu agar Anda cepat tidur.

7. Minum susu panas
Minum susu panas di malam hari diyakini dapat membantu tubuh lebih santai dan tidur Anda semakin nyenyak.

8. Matikan lampu
Saat menjelang tidur, matikan lampu kamar Anda. Bila Anda terbiasa tidur malam dan ingin tidur lebih cepat, maka upayakan agar Anda sudah berada di kamar setengah jam dari waktu yang Anda tentukan, matikan lampu dan cobalah untuk pejamkan mata.

9. Gunakan wewangian
Anda dapat menggunakan aroma terapi agar lebih tenang. Bila memungkinkan yang dapat membantu Anda rileks.

10. Membaca buku
Ambilah buku kesayangan Anda, dan bacalah. Buku membuat Anda berpikir tenang dan mempercepat proses agar Anda cepat tidur dengan nyenyak. Namun perlu diperhatikan juga pemilihan bukunya.

Jangan membaca buku yang terlalu seru (buku tentang action atau detektif) sehingga membuat otak Anda berkerja yang menjadikan Anda susah tidur.

11. Menulis buku harian
Menulis buku harian sebelum tidur juga dapat membuat Anda menikmati tidur yang nyenyak.

Dengan menulis buku harian, Anda seolah-olah sedang men-download pikiran Anda dan akan meringankan beban pikiran yang membuat pikiran lebih tenang dan tidurpun menjadi lebih nyenyak.

Demikian tips dari Ikiopo.com di suasana malam hari agar tidur nyenyak.

loading...