Apa Alasan Aceh Dijuluki Serambi Mekkah ?

Apa Alasan Aceh Dijuluki Serambi Mekkah ?. Selamat datang di blog kami, dalam kesempatan yang baik ini kami akan mencoba membahas tentang Apa Alasan Aceh Dijuluki Serambi Mekkah ?.

Aceh. Ikiopo.com Mengapa Aceh dijuluki serambi mekah ? lantas apa saja alasan yang melatar belakangi sehingga Aceh lebih populer disebut “serambi mekah” ?. Pada abad ke 15 m, aceh dulu memperoleh gelar yang amat terhormat dari umat islam nusantara. Negeri ini dijuluki “serambi mekkah” sesuatu gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan, serta ketaqwaan. Menurut kajian ahli sejarawan, ada 5 karena kenapa aceh menyandang gelar mulia tersebut.

Alasan 1, Aceh adalah tempat perdana masuk islam di nusantara, tepatnya di lokasi pantai timur, peureulak, serta pasai. dari aceh islam berkembang amat cepat ke seluruh nusantara hingga ke philipina. mubaligh-mubaligh aceh meninggalkan kampung halaman untuk menyebarkan agama allah pada manusia. Sebagian orang diantara wali songo yang membawa islam ke jawa datang dari aceh, yaitu maulana malik ibrahim, sunan ngampel, serta syarif hidayatullah.

Alasan ke-2, tempat Aceh dulu jadi kiblat ilmu dan pengetahuan di nusantara dengan hadirnya jami’ah baiturrahman ( kampus baiturrahman ) lengkap dengan beragam fakultas. Beberapa mahasiswa yang menuntut pengetahuan di aceh datang dari beragam penjuru dunia, dari turki, palestina, india, bangladesh, pattani, mindanau, malaya, Brunei darussalam, serta makassar.

Alasan ke-3, kerajaan Aceh darussalam dulu memperoleh pernyataan dari syarif makkah atas nama khalifah islam di turki bahwa kerajaan Aceh yaitu “pelindung” kerajaan-kerajaan islam yang lain di nusantara. Dikarenakan itu seluruh sultan-sultan nusantara mengakui sulatan aceh sebagai “payung” mereka saat menjalankan tugas kerajaan.

Alasan ke-4, tempat Aceh dulu jadi pangkalan/pelabuhan haji untuk seluruh nusantara. orang-orang muslim nusantara yang naik haji ke makkah dengan kapal laut, sebelum saat mengarungi samudra hindia menggunakan waktu hingga enam bln. Di bandar aceh darussalam. kampung-kampung lebih kurang pelanggahan saat ini jadi area persinggahan jamaah haji dulunya.

Alasan ke-5, banyak persamaan pada Aceh ( waktu itu ) dengan makkah, keduanya sama islam, bermazhab syafi’i, berbudaya islam, kenakan pakaian islam, berhiburan islam, serta berhukum dengan hukum islam. Seluruh masyarakat makkah beragama islam serta seluruh masyarakat aceh juga islam. Orang aceh masuk didalam agama islam dengan kaffah ( totalitas ), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, akan tetapi sayangnya sekarang sudah mulai memudar. Demikian cerita singkat yang barangkali terlintas dibenak kita mengapa Aceh dijuluki serambi Mekah ?