Apa Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Kita ?

Manfaat air garam selain untuk kesehatan juga berkhasiat untuk luka, gusi bengkak, batu bacan, wajah berminyak, mulut juga untuk kulit. Saya yakin Anda sudah sangat familiar dengan garan terutama kaum hawa yang mana setiap hari selalu membutuhkan garam sebagai bahan penyedap di setiap masakan yang akan dihidangkan untuk keluarga tercinta.

Mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebih tidak baik bagi kesehatan akan tetapi juga kekurangan garam juga membuat masalah dalam kesehatan kita. Salah satu contoh akibat dari kukurangan mengkonsumsi garam adalah penyakit gondok sedang jika berlebihan akan berdampak pada hipertensi.

Supaya kita lebih bijak agar selalu seimbang dalam mengkomsumsi garam hendaknya selalu recek kondisi kesehatan secara rutin, apakan kita punya potensi terkena hipertensi, gangguan ginjal, tungkai bengkak ? Jika demikian hendaknya membatasi asupan sodium dari kandungan garam ini.

Di dalamnya juga terdapat kandungan natrium yang mana zat ini bisa membantu proses keseimbangan dalam tubuh, selain itu dapat juga untuk membantu kecerdasan otak, sehingga banyak orang bilang dengan mengkunsumsi garam yang cukup kita bisa menjadi cerdas.

Selain sodium, natrium di dalamnya juga terdapat zat yang bernama yodium. Zat yodium dalam kandungan garam bisa mencegah sekaligus membantu menyembuhkan penyakit gondok juga untuk membantu pertumbuhan anak.

Diantara manfaat air garam yang sering digunakan oleh masyarakat kita adalah untuk bahan obat untuk mengobati gusi bengkak. Nah cara mengobati sakit gusi bengkak yang paling gampang cukup menggunakan 1 sendok teh garam serta mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukanlah secara rutin minimal 3x sehari.

Manfaat garam untuk kesehatan begitu banyak maka dari itu jangan sampai mengabaikan karena dari sisi rasanya yang terasa asin, nah berikut ini beberapa manfaat garam yang perlu kita ketahui :

1. Sebagai Obat tenggorokan gatal
Manfaat air garam bisa difungsikan sebagai obat tenggorokan yang gatal. Caranya ambil air hangat campur dengan garam secukupnya, minumnya hanya cukup dengan satu gelas kecil saja dan sebaiknya lalukan secara rutin setiap hari.

2. Membuat giigi menjadi Putih
Kondisi gigi yang terlihat agak kusam bisa kembali terlihat cemerlang apabila kita menaburkan garam kering ke bagian ujung bulu sikat gigi ketika Anda akan menggosok gigi.

3. Meredakan Sakit Mata
Dalam kondisi tertentu ketika sakit mata, atau dalam keadaan darurat Anda bisa memanfaatkan air garam untuk membasuh mata. JIka keluhan pada mata tidak kunjung berkurang, sebaiknya segeralah memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter mata.

4. Membuat Sikat Gigi Menjadi Awet
Apabila sikat gigi yang barusan Anda beli bisa lebih awet ada baiknya Anda memanfaatkan air garam, caranya anbat simpel cukup rendam sikat gigi tersebut kedalam larutan air garam.

5. Obat Kumur sebagai Pencuci Mulut
Apabila kondisi mulut kurang terasa enak sehabis mengkonsumsi makanan tertentu Anda bisa gunakan garam sebagai pencuci mulut Anda. Caranya sediakan air garam terus bubuhi sedikit garam lalu aduk secara perlahan, gunakan sebagai obat kumur untuk pencuci mulut Anda. Begitu pula ketika Anda menderita radang tenggorokan Anda bisa Manfaatkan bahan ini sebagai alternatif pengobatan.

6. Mencegah Hidrasi
Seperti kita ketahui bahwa kondisi tubuh kita mengandung 70% air dan sudah barangtentu keberadaan air sangatlah penting untuk menunjang kesehatan kita. NaCl atau garam ternyata dapat membantu mempertahankan tingkat air, menopang adanya cairan serta mendorong aliran darah secara optimal. Garam juga dapat membantu kita dalam melawan terjadinya infeksi. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi dasar pertumbuhan serta perkembangan, walaupun dalam hal ini tidak sekaligus bersamaan.

7. Detoksifikasi Kunci Organ
Air garam ternyata bisa untuk membantu meringankan nyeri pada tubuh, memurnikan darah serta bisa membersihkan saluran pencernaan. Lebih dari itu juga berguna sebagai detoksifikasi yang efektif untuk organ utama tubuh manusia.

8. Menghilangkan Rasa Lelah
Ketika aktifitas berlangsung kita banyak menguras tenaga yang mengakibatkan terjadinya kelelahan fisik, nah apabila kelelahan ini terjadi terus menerus Anda bisa mempertimbangkan garam sebagai solusi untuk mengurangi kelelahan bahkan lebih dari itu bisa juga dalam mengatasinya.

9. Menjaga Tekanan Darah
Ketika buang air kecil tidak hanya kehilangan air akan tetapi juga kehilangan garam. Tubuh kita biasanya akan mencoba mempertahankan garam dan air tersebut dengan demikian mengkonsumsi sejumput garam serta air akan bisa membantu dari efek buang air kecil yang pada akhirnya dapat membantu mempertahankan tekanan darah secara stabil. Dalam hal ini perlu Anda catat Anda tidak boleh membahkan terlalu banyak garam.

Demikian Beberapa manfaat air garam Untuk kesehatan yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

loading...