ATASI DENGAN SANGAT MUDAH PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang sering dan cukup umum terjadi di masyarakat sekitar. hal ini disebabkan oleh asam lambung yang terus naik menuju esofagus dan menyebabkan nyeri di ulu hati atau rasa seakan terbakar pada dada. Esofagus yang nama lainnya dikenal sebagai kerongkongan merupakan salah satu bagian dari saluran pencernaan yang akan menghubungkan mulut dengan lambung.

Penyakit asam lambung biasanya disebabkan dari lower esophageal sphincter (LES) yang tidak berfungsi. LES adalah lingkaran otot yang berada di bagian bawah dari esofagus. LES sendiri fungsi nya adalah sebagai pintu otomatis yang akan terbuka dengan sendirinya ketika makanan yang kita makan atau minuman yang kita minum turun menuju perut. Setelah makanan tersebut masuk, LES akan menutup dengan sendirinya untuk mencegah asam serta makanan yang ada di dalam perut agar tidak menyebabkan kembali naik menuju ke kerongkongan atau esofagus. Jika tidak, lower esophageal sphincter akan menjadi longgar dan tidak menutup dengan sempurna, asam lambung dapat keluar dari perut lalu menyebabkan penyakit yang bernama asam lambung.

Penyebab dari penyakit asam lambung ini erat hubungannya dengan faktor berat badan yang berlebihan, kondisi hamil, atau sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dengan kadar yang cukup banyak. yang dirasakan saat terjadi Gejala asam lambung adalah rasa seakan terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. ini berakibat saat kita selesai makan ,akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Mulut termasuk kerongkongan juga akan terasa tidak nyaman. rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan akan dialami juga. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala penyakit asam lambung di atas muncul secara terus-menerus.

Pengobatan penyakit dari asam lambung memiliki beberapa tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengganti makanan sehari hari, yaitu dengan beralih ke menu makanan yang rendah lemak dan bernutrisi serta bergizi. Tapi saat perubahan menu makanan kurang berhasil atau gagal, obat-obatan juga bisa digunakan untuk meredakan gejala gejala asam lambung yang dirasakan. Jika langkah-langkah pengobatan yang sudah dijalani masih juga belum berhasil, mungkin perlu dilakukan adanya operasi untuk mengatasi penyakit asam lambung tersebut. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan atau sering muncul, mungkin perlu diberikan dosis obat untuk jangka panjang.

Komplikasi penyakit asam lambung yang sering juga terjadi adalah esofagitis. Esofagitis merupakan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada dinding esofagus atau pada kerongkongan. Pada saat kasus esofagitis yang parah, penderita akan sulit dalam menelan makanan karena munculnya si “tukak”. Tukak sendiri terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menyebabkan luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, bisa terjadi kanker esofagus.

Pengobatan penyakit asam lambung secara alami dan yang paling mudah dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet. Mungkin beberapa orang tidak percaya kalau makanan manis satu ini yang sering dikaitkan dengan penyebab dari kerusakan gigi ternyata juga bisa mengobati asam lambung. Jika sedang mengalami kambuh asam lambung, hal yang harus kita lakukan cukup dengan mengunyah permen karet sekitar 30 menit dan pelan-pelan asam lambung akan menghilang dan reda. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Dental Research.

Cara selanjutnya dapat dengan menggunakan jahe. Jahe adalah jenis rempah rempah yang banyak dipakai dalam pengobatan secara tradisional. Minuman jahe merupakan minuman yang bisa membuang gas yang ada didalam tubuh. Selain itu minuman jahe dapat bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi penyakit asam lambung yakni dengan menambahkan jahe dalam minuman atau dengan merebus air jahe dan meminumnya.

Baking soda juga dapat dijadikan solusi dari penyakit ini. Seperti yang saat ini kita ketahui, baking soda merupakan minuman yang banyak mengandung basa sehingga bisa mengalahkan asam. Ilmu inilah yang akhirnya digunakan dalam mengobati penyakit asam lambung. Caranya yakni dengan mengambil dua sendok teh baking soda dan dilarutkan dalam satu gelas air. Kemudian air tersebut diminum untuk menurunkan asam lambung. Tapi baking soda tidak boleh terlalu sering diminum karena bisa mengakibatkan efek samping seperti mual, pening dll.

Lidah buaya adalah obat herbal yang juga sering kali kita gunakan sebagai ramuan untuk kecantikan dan juga bisa digunakan untuk mengobati asam lambung sebab lidah buaya juga dapat meredakan gangguan pada kerongkongan, maka lidah buaya ini juga bisa meredakan gangguan penyakit asam lambung. dengan Cara yaitu dengan membuat jus dan menambahkan sesendok madu untuk memberikan sedikit rasa enak agar tidak berasa lidah buaya. Namun ramuan lidah buaya tersebut tidak di sarankan untuk ibu ibu hamil, sebab ditakutkan akan terjadi gangguan pada perkembangan janin yang ada dikandungnya. Efek yang didapat dari minuman jus lidah buaya adalah meningkatkan frekuensi Beol atau buang air besar.

loading...