Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas?

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas?. Selamat datang di blog kami, dalam kesempatan yang baik ini kami akan mencoba membahas tentang Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas?.

Cara Mengatur Keuangan. Problem dasar keuangan memanglah sering menjadi permasalah utama didalam kehidupan sehari-hari terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tidak jarang kita akan kesulitan dalam mengatur keuangan dalam waktu sebulan baik untuk mengatur keuangan sendiri apalagi yang berkaitan dalam urusan rumah tangga. Bagaimana tidak, dalam mengatur keuangan pribadi saja kadang tidak sesuai bahkan bisa jadi habis di pertengahan bulan padahal kita belum mengalokasikan perencanaan lain, yang mungkin lebih penting ketimbang kebutuhan yang ada.

Dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, di ikuti pula pola hidup konsumtif maka menejemen keuangan harus benar-benar diperhatikan, dengan memprioritaskan hal atau kebutuhan utama terlebih dahulu daripada kebutuhan lain yang bersifat sementara dalam jangka pendek. Jika dalam hal ini Anda menyepelekan sudah dipastikan keuangan dengan kondisi yang pas-pasan akan berantakan diluar jalur anggaran.

Bagi yang masih hidup sendiri alias bujangan mungkin tidak akan menjadi masalah dalam masalah keuangan, walaupun biaya hidup semakin hari bukannya semakin sedikit, akan tetapi tidak bisa di pungkiri, malah sebaliknya. Meskipun demikian mengatur keuangan dengan bijak dan cerdas merupakan keharusan yang mesti kita lakukan agar terbiasa setelah melampaui masa muda dan masuk dalam kancah kehidupan rumah tangga.

Tidak sedikit berawal dari masalah keuangan, kerap jadi pemucu ketidak harmonisan dalam berkeluarga, bukan saja dari pendapatan mereka yang pas-pasan namun bagi yang berpendapatan besar pun jika tidak pandai dalam menejemen keuangan maka akan bernasip serupa. Kondisi demikian akan diperburuk jika Anda bedomisili di kota dengan tingkat dasar kebutuhan yang jauh berbeda ketimbang kita bertempat tinggal di desa.

Di desa kita bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari yang menyangkut urusan perut atau makanan dan kebutuhan lain seperti air tidak harus membeli alias gratis, sedangkan dikota besar ? coba ada, tidak yang cuma-cuma, air juga sayuran harus membeli belum lagi kebutuhan lainnya.

Pada intinya sebenarnya tidak akan menjadi problem, baik dalam masalah keuangan juga yang lain, sendainya kita pandai dan terbiasa dalam memenejemen hal tersebut, baik masalah keuangan maupun juga dalan hal lainnya. tapi pola penerapnanya yang terkadang sulit dilakukan.

Nah, Jika selama ini kita tidak terbiasa dan masih sulit juga dalam menjalankan manajemen dalam masalah keuangan, ada baiknya silahkan simak hal-hal pokok yang perlu dilakukan berikut ini :

1. Pahami Portfolio Keuangan
Kita harus mengetahui berapa uang tabungan, uang bayar listrik, uang kebutuhan untuk makan setiap bulan, uang untuk bayar kartu kredit, dan juga lainnya.

2. Menabung
Sebaiknya uang yang kita dapat dari bekerja, langsung kita masukkan ke dalam tabungan. Contohnya 30 persen dari penghasilan harus ditabung. Jangan sampai kita berpikir seandaunya ada kelebihan keuangan baru kita menabung dari uang sisa kebutuhan kita. Hal ini tidak akan pernah berhasil.

Kita harus menabung terlebih dahulu, kemudian uang yang menjadi sisa tadi digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Apabila rekening tabungan kita masih menjadi satu antara uang yang harus disimpan untuk masa depan dan untuk kebutuhan sehari-sehari maka akan lebih baik dipisahkan saja. Bukalah rekening tabungan sendiri-sendiri. Jadi, kita tidak akan mengganggu keuangan yang harus kita simpan untuk keperluan masa depan atau hal yang bersifat mendadak lainnya.

3. Budgeting
Penganggaran sangat penting untuk mengatur keuangan kita. Rencanakan semua pengeluaran secara objektif, tidak usah terlalu ideal hingga kebutuhan salon, liburan, dan lainnya harus di cut. Tapi memang yang paling utama adalah rencanakan keuangan untuk yang benar-benar menjadi kebutuhan bukan cuma sekedar keinginan.

4. Mencatat Pengeluaran
Mencatat pengeluaran bisa membantu kita untuk melihat lagi pengeluaran-pengeluaran kita. Ini bisa menjadi bahan untuk pengeluaran besoknya. Apabila pengeluaran hari ini ternyata melebihi anggaran, maka pengeluaran kemudian hari harus bisa lebih disesuaikan lagi.

5. Hindari Hutang
Sebisa mungkin kita harus menghindari kebiasanan pola hidup dengan ketergantungan dengan hutang. Jalani hidup sesuai kemampuan yang ada jangan yang lebih dari kemampuan kita. Kartu kredit dan cara berhutang lainnya harus betul-betul di hentikan. Apalagi kartu kredit untuk kegiatan konsumtif harus segera di tinggalkan.

6. Investasi
Cara Mengatur Keuangan yang satu ini juga harus dilakukan untuk masa depan yang lebih baik lagi. Saat ini banyak sekali jasa-jasa perusahaan yang menawarkan investasi. Konsultasikan keinginan anda untuk berinvestasi dengan orang yang berada sesuai di bidang tersebut agar investasi Anda.

Bagaimana dengan, Anda masih sulitkah dalam mengaplikasiaknya? mungkin sedikit memerlukan proses. Demikian sekilas tulisan persembahan ikiopo.com dalam masalah mengatur keuangan.