Beginilah Cara Mengobati Pegel Linu Yang Sering Kambuh

Mengobati pegel linu sebenarnya cukup mudah obat herbal pegel linu juga sangat gampang untuk diperolehnya namun diperlukan sedikit waktu dan tenaga untuk meramu guna mengatasi pegal linu ini.

Penyakit ini tidak juga sering dirasakan oleh kalangan usia yang sudah berumur saja akan tetapi kalangan orang muda pun juga sering merasakannya. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami pegal linu, salah satunya adalah akibat kecapekan setelah seharian beraktifitas juga sebab lain oleh karena rutinitas kerja dan terlalu sembrono dalam mengkonsumsi makanan.

Barangkali jenis penyakit ini bukanlah suatu penyakit kronis akan tetapi jika seringkali seseorang di derita olehnya akan menyiksa dan membelenggu kenikmatan kehidupan seseorang. Semua rencana kegiatan harian akan terganggu oleh karena badan terada pegal-pegal bahkan linu nyeri pada sebagian tubuh.

Menghilangkan pegal linu biasa sebenarnya mudah apabila kondisi pegel ringan bisa diatasi dengan memijat bagian tubuh yang terasa pegal namun jika hal ini sering terjadi bahkan menahun perlu pengobatan dengan obat pegal linu alami atau obat herbal pegal linu yang mudah diperoleh dan selalu tersedia disekitar kita.

Nah berikut ini obat tradisional pegal linu yang bisa kita coba dan sangatlah mudah dalam meramunya.

1. Minyak Cengkeh
Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi pegal linu adalah minyak cengkeh, minyak cengkeh jika di oleskan akan terasa sedikit panas dan setelahnya akan terasa nyaman setelah Anda mengoleskanya kebagian yang terasa pegal. Cara menggunakannya panaskan dahulu minyak cengkeh selanjutnya oleskan pada bagian tubuh yang merasa pegal secara merata.

2. Bawang putih
Bawang putih sangat familiar sebagai bahan utama penyedap rasa masakan, tentang khasiatnya tidak bisa diragukan lagi untuk mengatasi dari berbagai gangguan penyakit. Rempah ini sangat kaya akan manfaat selain sebagai antibiotik alami juga bisa menghilangkan rasa sakit oleh karena pegal pada tubuh. Mengapa demikian sebab zat yang terdapat pada bawang putih terdapat zat anti peradangan yang berguna untuk mengatasi rematik serta arthritis. Caranya sangatlah mudah anda cukup mengoleskan rempah ini ke bagain tubuh yang terasa ngilu.

3. Es Batu
Es batu bukan saja menyegarkan ketika diminum saat cuaca terik lebih dari itu ternyata bisa dimanfaatkan ketika Anda mengalami pegal-pegal bahkan bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada keseleo. Caranya cukup mengkompreskan es batu pada bagian yang terasa sakit.

4. Garam Inggris
Barangkali kalau bahasa inggis atau kunci inggris kita sering kali mendengar bahkan kerap juga menggunakannya apalagi Anda seorang guru bahasa inggris, namun garam inggris kemungkinan baru kali ini Anda mengetahuinya. Lantas apa manfaat garam inggis tersebut ? Oleh karena garam inggris sangat kaya akan magnesium maka kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengobati pegal linu. Anda bisa gunakan untuk merdendamkan kaki yang terasa pegal setelah berolah raga atau kecapekan setelah naik turun tangga. Nah dengan cara merendam kaki tersebut selain cepat terserap dalam kulit juga berefek cepat mengurangi pegal linu juga pembengkakan pada area kaki.

5. Pisang
Kebiasaan makan pisang atau juga yang sangat hoby mengkonsumsi buah pisang akan mendapat keuntungan tersendiri ketika rasa pegal pada tubuh terjadi. Dengan minimal makan dua buah pisang perhari maka bisa mengatisipasi terjadinya pegal pada tubuh. Buah pisang kaya akan potasium yang mana zat ini sangat baik untuk mengatasi pegal linu terutama jika Anda sering mengalami kram.

6. Susu
Minum susu sudah merupakan kebiasaan rutin setiap hari, tentu banyak manfaat yang kita peroleh mari minum susu ini, selain menyegarkan, mempercepat pertumbuhan tubuh sangat bagus juga bagi penderita darah rendah. Dengan minum 3 gelas susu secara rutin tiap hari akan dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Dengan sudah terpenuhinya kalsium ini maka akan membantu Anda untuk memerangi sakit otot juga pegal linu. Maka dari itu mulai dari sekarang sebaiknya bagi yang belum rutin minum susu segera jadikan minum susu sebagai menu harian Anda.

7. Rosemary
Anda mengalami bengkak kaki atau bengkak pada otot, cobalah manfaatkan daun rosemary. Daun rosemary yang segar dan kering mengandung 4 anti peradangan, meredakan sakit pada otot juga bisa mempercepat penyembuhan. Lalu bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan daun rosemary yang telah tercampur dengan air mendidih sebagai pembilas juga pencuci kaki Anda yang terasa pegal.

Nah selain bahan-bahan diatas untuk mengobati pege linu anda juga bisa mencoba resep berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan :
1 ruas jahe berukuran sedang
Perasan jeruk nipis 1 sendok makan
Air secukupnya
Kain kasa satu gulung

Cara membuat ramuan :
– Haluskan jahe ;
– Tambahkan air secukupnya ;
– Aduk rata adonan, tambahkan air jeruk nipis ;
– Balurkanlah dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa pegal, selanjutnya balutlah dengan kain kasa. Diamkan selama 1 jam.

Aturan pakai :
Balur dan bebat bagian tubuh yang terasa pegal dua kali dalam sehari hingga rasa pegal menghilang. Selain di bebat, Anda bisa juga memilih cara yang lebih praktis, yakni dengan cara membalurkannya saja pada bagain yang terasa sakit. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan ketika Anda mengalami pengal linu dan yang terpenting adalah selalu menghindari dari jenis unsur makanan yang bisa mengakibatkan kambuhnya sakit pegal linu, selama mencoba.

loading...