Cara Hidup Sehat Untuk Masa Depan

Cara hidup sehat sebagai konsekuensi terhadap kualitas diri untuk menjaga usia masa depan yang bisa di bayangkan. Usia bagi manusia merupakan sebuah alur kehidupan yang tidak mungkin untuk di ulang kembali. Menjaga usia dan menghargai usia jelas diperhitungkan sejak orang tersebut terlahir di dunia ini. Hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana seseorang menjaga dan merawat tubuh dan perkembangannya demi keberlangsungan usia yang akan ditempuhnya. Jika seseorang mampu menjaga dan menentukan pola hidup sehat dalam setiap langkah hidupnya, pastilah manusia atau individu itu akan memperoleh usia yang bermanfaat. Kemungkinan besar hal ini dipengaruhi oleh bagaimana seseorang tersebut menjaga pola hidupnya dengan cara hidup sehat.

Memahami cara hidup sehat bagi sebagian besar khususnya kaula muda saat ini memprihatinkan. Memang tidak bisa dikatakan semuanya berpola untuk menjaga usianya dengan sehat. Namun, belakangan ini fenomena yang terjadi kaula muda justru terjerumus dalam dunia malam. Keberadaan event tertentu, gemerlapnya suasana malam dan keberagaman keinginan tidak bisa dibatasi oleh siapapun. Pada akhirnya pola pikir dan perilaku yang tidak memperhatikan kesehatan muncul. Indikasi terhadap kesadaran kesehatan yang rendah bagi kaula muda khususnya sangat bervarian. Dimulai dari konsumsi makanan, keteraturan makan dan pola tidur serta keteraturan menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga.

Makanan bisa dikatakan sebagai faktor utama sebagai pengaruh terhadap kondisi tubuh dan kesehatan. Makanan seharusnya memberikan kontribusi dalam tubuh berupa kalori, protein dan vitamin agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Namun dalam perkembangan teknologi sekarang ini makanan sangat bervarian. Tambah lagi adanya restoran cepat saji sebagai proses perkembangan globalisasi yang tidak bisa diredam. Stereotip terhadap makanan cepat saji justru membentuk pola antipati terhadap cara hidup sehat alami. Kebutuhan dari era ini adalah memberikan sesuatu yang cepat dan hal ini terimplikasi dalam proses makanan. Tambah lagi kandungan yang ada di dalamnya tidak memberikan suplay kebutuhan tubuh. Dengan kandungan energi yang kurang ditambah lagi dengan konsumsi makanan yang merusak tubuh seperti rokok dan minuman beralkohol. Jelas hal tersebut bukan cara hidup sehat yang mendukung efektifitas usia dimasa muda.

Padahal banyak sekali cara hidup sehat alami yang mampu diterapkan dalam tubuh mereka agar usia mudanya mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk masa depan. Mengkonsumsi makanan sehat dan banyak mengandung serat adalah salah satu contoh cara hidup sehat. Apalagi ditambah dengan konsumsi vitamin yang bagi sebagian besar orang disisihkan. Pengkonsumsian buah sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Buah merupakan sumber vitamin yang banyak ditemukan di dataran tropis, termasuk di Indonesia ini. Berbagai macam buah dapat ditemukan dan kandungan vitaminnya dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Selain buah, konsumsi terhadap sayur juga diperlukan. Namun juga diperlukan perhatian dengan pengolahannya.

Yang kedua adalah pola makan dan tidur dalam menjaga kesehatan. Cara hidup sehat dengan menjaga pola makan dan tidur jelas diperhatikan. Tubuh secara alami membutuhkan asupan gizi yang baik. Seperti pada pemaparan diatas selain mengkonsumsi makanan sehat sebagai cara hidup sehat alami, pola makan juga diperhatikan. Seperti sarapan pagi diperlukan sebagai awalan beraktifitas. Padahal hal tersebut sering kali disepelekan. Dampaknya tubuh akan mudah drop dan konsentrasi menurun, tambah lagi kekurangan terhadap konsumsi air putih. Penyebabnya juga relevan dengan pola tidur yang salah. Tubuh memerlukan tempo dan istirahat untuk bagian tertentu dalam tubuh.

Pola tidur yang baik demi kesehatan juga dibutuhkan. Kebutuhan tubuh untuk beristirahat adalah 8 jam setiap harinya. Memang kadang kala kaula muda dengan segala kegiatannya yang dilakukan malam hari justru begadang sampai fajar kembali datang. Dan paginya tubuh di paksa untuk beraktifitas kembali. Pola ini yang akhirnya merusak tubuh dan berdampak buruk pada kesehatan. Kekurangan tidur akan menyebabkan penampilan dan stamina seseorang akan menurun. Keadaan ini jelas bukan sebagai cara hidup sehat alami. Cara hidup sehat untuk mendukung kesehatan agar usia yang dihadapi kelak mampu bertahan adalah dengan mengoptimalkan aktifitas yang berguna bukan sekedar berkumpul dan menggunakan waktu secara serampangan.

Bisa dicontohkan sebagai cara hidup sehat dengan pengaturan pola makan dan tidur dengan membuat agenda kegiatan dan menyisihkan waktu istirahat minimal 8 jam setiap harinya. Diusahakan kegiatan malam hari di minimalisir karena sebagian organ tubuh perlu diistirahatkan. Seperti otak yang bekerja dan akan merefresh kembali ketika tengah malam. Mengenai pola makan yang ditekankan adalah diadakannya sarapan pagi. Karena sarapan pagi merupakan cara untuk memperoleh energi untuk beraktifitas. Diusahakan untuk tidak mengkonsumsi pada waktu malam hari. Ini akan berdampak pada resiko diabetes di masa tua nanti. Jika ingin makan banyak maka siang hari adalah waktu yang tepat untuk itu. Cara hidup sehat dan mudah seperti itu yang sering diabaikan khususnya bagi kaula muda saat ini.

Terakhir adalah olahraga. Olahraga yang tidak teratur dan kurang justru membentuk tubuh semakin gemuk. Ini disebabkan kalori dalam tubuh tidak terbakar dan menimbun berupa lemak jenuh dalam tubuh. Rutinitas sehari hari yang mengabaikan kesehatan dan mengurangi jatah berolahraga seperti lari tidak di perhatikan. Padahal cukup lari sebanyak 30 menit setiap pagi akan membakar lemak dan menjaga kekebalan tubuh. Cara hidup sehat lain untuk menjaga tubuh jelas merutinkan olahraga itu sendiri. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Bisa berolah raga dengan bermain bola, tenis meja, badminton dan cabang lain yang dapat dilakukan. Ini justru lebih baik daripada hanya nongkrong di kafe atau sekedar bersenda gurau di tempat hiburan malam.

Dengan demikian pemahaman cara hidup sehat perlu di perhatikan dalam kehidupan saat ini. Keberagaman aktifitas dan asupan gizi jelas diperhatikan. Apalagi kebutuhan yang semakin banyak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit bagi kesehatan menjadi dorongan untuk tetap sehat. Kesadaran terhadap kesehatan jelas dibutuhkan sebagai batas untuk melakukan sesuatu demi menjaganya. Dengan hidup sehat akan memberikan efisiensi terhadap segala kegiatan dan berdampak pada kualitas diri. Akhirnya usia yang akan di hadapi di masa-masa depan sudah dapat dibayangkan apabila kesehatan diperhatikan sejak dini.

loading...