Cara Membuat Energi Listrik Sendiri Coba Dengan Ini

Cara Membuat Energi Listrik Sendiri. Dalam kehidupan manusia modern saat ini tidak akan lepas dari keberadaan listrik. Oleh karena sangat bergantungnya manusia pada listrik membuat listrik sebagai keperluan hidup yang sangat vital untuk menunjang kebutuhan manusia.

Meski sebenarnya pemerintah sudah sejak lama menghimbau terhadap semua warga penduduk untuk lebih menghemat penggunaan listrik dikarenakan menyusutnya pasokan listrik apalagi ketika watu kemarau tiba.

Oleh sebab itu, kita mesti dapat menggali sumber daya ( energi ) listrik alternatif sebagai pengganti ketika pasokan listrik terbagi dengan terjadinya pemadaman bergilir seperti tahun-tahun yang telah lalu dan dalam hal ini tidak menutup kemungkinan akan kembali berulang manakala kondisi alam tidak memungkinkan seperti terjadinya kekeringan panjang, terjadinya bencana alam dan sejenisnya.

Langkah dalam membuat listrik untuk hindari terjadinya krisis kelangkaan listrik di periode yang akan datang bisa di antisipasi dengan membuat listrik cadangan sendiri.

Nah dibawah ini merupakan langkah atau cara menciptakan daya (energi) listrik sendiri :

1. Memanfaatkan Tenaga Air
PLTA atau pembangkit listrik tenaga air, prinsip kerjanya yaitu dengan memanfaatkan tenaga pada air yang mengalir atau air terjun serta menghubungkannya dengan turbin yang dapat merubah tenaga pada air yang bergerak tersebut jadi tenaga listrik.

2. Memanfaatkan Tenaga Matahari
Agar bisa membuat listrik dengan memanfaatkan tenaga matahari, maka kita butuh menempatkan panel- panel surya yang dapat menangkap cahaya matahari yang lantas mengubahnya jadi daya listrik yang ditampung pada baterai penyimpan listrik atau accu, yang terhubung pada perangkat – perangkat yang memerlukan listrik.

3. Memanfaatkan Tenaga Angin
Sistem ini banyak dipakai di negara Belanda hingga negara ini lebih populer dengan dijuluki negara kincir angin. Nah untuk dapat memakai angin saat membuat listrik, kita butuh kincir angin dalam ukuran besar di mana kincir angin tersebut dapat digerakkan oleh adanya hembusan angin serta dapat merubah daya angin menjadi daya listrik yang bermanfaat.

4. Memanfaatkan Bio Energy
Pada prinsipnya bio energy adalah sesuatu daya yang dihasilkan dari gas. Keberadaan gas itu sendiri dapat diperoleh dari kotoran hewan, sampah, dan lain-lain. Tidak sekedar hanya dapat digunakan sebagai sumber dasar dari sistem membuat listrik, energi bio ini juga dapat mengambil alih manfaat gas LPG sebab daya bio ini dapat membuahkan type gas yang sama kandungannya sama seperti pada LPG pada umumnya. Demikian sekilar artikel dari Ikiopo.com mengenai Cara Membuat Energi Listrik Sendiri, Semoga bermanfaat.

loading...