Cara Memperbanyak Asi Sebaiknya Seperti ini Lho…

Cara Memperbanyak Asi. Banyak kaum ibu ketika ingin memperbanyak produksi air susu mereka ditempuh dengan menggunakan obat. Dengan memaksa memberikan obat tertentu meskipun melalui referensi seorang dokter kondisi ASI malah mampet bukanya seperti yang diharapkan.

Peran ibu sebagai seorang pemberi ASI hendaknya bisa bijak untuk memilih alternatif yang aman ketika ingin memberikan air susu ibu yang terbaik dan berkualitas bagi anak mereka. Seharusnya jika mau bersabar hendaknya bisa dilakukan melalui metode berikut :

1. Ketika ingin memperbanyak ASI seorang ibu hendaknya bias mengurangi konsumsi kopi atau makanan berjenis berkafein lainnya juga jauhi rokok, ini sangat penting.

2. Memperbanyak minum air putih, dengan demikian ASI akan semakin banyak terproduksi.

3. Memperlancar dan perbanyak produksi ASI bias dengan mengkonsumsi habbatus sauda (jintan hitam).

4. Sebaiknya meningkatkan mutu makanan yang dikonsumsi, yaitu dengan makan makanan yang bergizi seperti sayur, buah, daging, dan susu. Konsumsilah sayur-sayuran yang bisa mengentalkan ASI dan membuat ASI menjadi enak untuk bayi. Dengan begitu bayi akan merasa kenyang sehingga tidurnya nyenyak.

5. Biasakan bayi menyusui langsung dari ibunya. Meski awalnya terasa sulit sebab ASI yang keluar sedikit. Jangan putus asa terus coba memberikan ASI langsung, lama kelamaan akan menjadi lancar dan sianak akan terbiasa.

Apabila langkah-langkah diatas sekiranya belumlah membuahkan hasil ada baiknya di coba dengan membuat ramuan tradisional dari bahan-bahan berikut :
Ambilah :

-Temulawak setengah jari
-Gula lima sendok makan
– Air sebanyak dua gelas

Caranya meramunya:
Parutlah temulawak untuk diambil sarinya, kemudian di campur dengan gula dan air masak lalu diminum.

Bisa juga menggunakan temulawak direbus dahulu bersamaan asam jawa, lalu airnya diminum.
Selain itu silahkan coba juga dengan meminum air rebusan pupus pepaya dengan asam dan gula jawa.

Nah selain bahan-bahan di atas jika ingin mencoba pelancar ASI dari bahan semacam buah dan sayuran silahkan konsumsi yang berikut ini :

1. Pepaya
Buah pepaya mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Bagi ibu menyusui tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik agar tidak mudah capek serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Agar nafsu makan ibu bertambah konsumsilah bunga pepaya.

2. Kacang hijau
Kacang hijau sangat bermanfaat untuk membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu, sebab mengandung Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat.

3. Bayam
Bayam sangat baik bagi ibu menyusui untuk kekebalan tubuh bayi terutama bagi bayi yang baru lahir. Di dalam bayam mengandung vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin.

4. Almond
Almond benar-benar memberikan keajaiban bagi ASI karena Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak.

5. Daun katuk
Tradisi turun temurun yang sudah sering dilakukan ketika menyusui orang jaman dahulu yakni banmyak-banyak mengkonsumsi daun katuk, dengan demikian ASInya akan berlimpah dan kental. Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

6. Pare
Meski buah pare memiliki rasa yang begitu pahit, akan ttetapi ternyata sayuran ini mampu dan manjur untuk mengentalkan serta memperbanyak produksi ASI sang ibu, sehingga membuat bayi akan mudah kenyang. Di dalam buah pare terdapat vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

Sebaiknya ketika si ibu sedang mengandung di usia 7 bulan, sudah makan biji ketapang dan bubur arerut yaitu bubur yang terbuat dari bahan dasar ganyong.

Ibu yang bijak seharusnya pilih yang lebih aman dan alami dalam proses memperlancar produksi ASI.

loading...