Cara Menambah Nafsu Makan

Cara Menambah Nafsu Makan. Selamat datang di blog kami, dalam kesempatan yang baik ini kami akan mencoba membahas tentang Cara Menambah Nafsu Makan.

Meningkatkan dan menambah nafsu makan merupakan salah satu upaya untuk menambah berat badan baik bagi anak-anak maupun dewasa. Kurangnya nafsu makan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnya karena memang faktor genetik bawaan, yang mana seseorang lahir dari orang tua juga yang sedikit makananya, kemudian mengidap suatu jenis penyakit seperti hepatitis, infeksi atau radang tengggorokan, demam dan juga pengaruh penyakit lainya.

Dengan hilangnya nafsu makan pada diri seseorang maka dapat di indikasikan sebagai awal melemahnya kesehatan tubuh sehingga membuat kurangnya energi karena asupan zat-zat tertentu yang diperlukan untuk proses metabolisme kurang terpenuhi.

Nah faktor lain yang bisa membuat nafsu makan menurun disebabkan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa akibat perubahan hormonal akibat siklus datang bulan. Sementara bagi mereka yang memasuki usia tua juga dapat mengalami hal yang sama oleh karena berkurangnya aktivitas fisik dan hormon tubuh mereka. Terlalu banyak mengkomsumsi manis-manisan juga mengakibatkan turunnya nafsu makan. Oleh sebab itu untuk menunjang nafsu makan sebaiknya sebelum makan nasi janganlah mengkonsumsi makanan atau snack yang beraroma dan berasa manis.

Lalu bagaimana cara mudah menambah nafsu makan anak-anak dengan cepat? Berikut Ikiopo.com akan menghadirkan rsep dan tips menambah nafsu nakan dengan cara alami tanpa obat. Untuk meingkatkan nafsu makan maka sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini :

1. Minum Suplemen Vitamin B
Pemberian suplemen vitamin B setidaknya 100mg setiap hari dapat meningkat nafsu makan pada anak-anak. Selain itu, meningkatkan konsumsi vitamin A, vitamin E dan C juga unsur lainnya seperti halnya kalium dan magnesium juga dapat merangsang nafsu makan yang lebih besar.

2. Minum Suplemen Seng
Beberapa penelitian telah dilakukan tentang manfaat seng dan pengaruhnya pada selera makan manusia. Studi-studi tersebut menemukan fakta bahwa terdapat perbedaan selera makan antara orang-orang yang menderita kekurangan seng dengan mereka yang terpenuhi kadar seng dalam tubuhnya. Karena ini, banyak dokter menyarankan bahwa siapa pun, yang berusaha untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan, sebaiknya mengkonsumsi suplemen seng yang cukup.

3. Variasi Menu Makanan
Mengkonsumsi makanan bervariasi 5 hingga 6 porsi dapat menambah selera makan anda. Makanan itu sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, pasta, indomie, roti dan kentang. Sebaiknya makan 3 kali sehari meskipun dalam porsi kecil untuk mempertahankan selera makan.

4. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Hindari minuman yang mengandung soda dan gula, teh serta kopi. Selain itu, cobalah menghindari makanan bergula serta makanan olahan gula lainnya karena kandungan gula yang tinggi akan menekan dan mengurangi selera makan.

5. Olahraga Teratur
Olahraga apa pun yang meningkatkan detak jantung akan membakar kalori dan akhirnya akan merangsang timbulnya nafsu makan. Perlu diingat bahwa sebaiknya mengkonsumsi lebih tinggi asupan kalori sebelum berolahraga.

Selain menerapkan tips diatas guna menambah nafsu makan manfaatkan ramuan herbal berikut :

Ramuan Penambah Nafsu Makan
Bahan yang harus disediakan :

– Rimpang Temulawak (30 gram)
– Gula Aren (1 sendok teh)
– Air (3 sendok makan)

Cara meramu :
Parut rimpang temulawak hingga halus, kemudian tambahkan air sebanyak 3 sendok makan. Peras campuran tersebut dan saring. Tambahkan gula aren pada air perasan dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari.

Tips dan ramuan diatas bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa yang ingin menambah nafsu makan.