Cara Mengatasi Anemia

Cara Mengatasi Anemia. Penyakit anemia merupakan salah satu diantara jenis penyakit yang kerap kita temui di masyarakat kita, dimana diantara pemicunya adalah tekanan darah rendah kekurangan zat besiyang diakibatkan karena kekurangan gizi.

Nah sebelum kita lanjutkan sebaiknya kita ketahui dahulu apa pengertian dari anemia. Anemia merupakan suatu keadaan dimana penyakit ini ditandai oleh berkurangnya kadar hemoglobin (mutu sel darah merah) didalam aliran darah seseorang. Sementara kadar dari hemoglobin ini tergantung juga pada usia, jenis kelamin juga ketinggian tempat tinggal.

Hemoglobin merupakan pigmen darah berwarna merah yang diperoleh di dalam eritrosit, berfungsi untuk mengikat serat mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan CO2 dari jaringan ke paru.

Seorang pasien bisa dikatakan mengalami anemia apabila konsentrasi hemoglobin ( Hb ) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit ( Hct ) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada wanita.

Mungkin dari kita juga belum begitu paham akan gejala gejala yang terjadi ketika sedang mengalami anemia, dan tahu-tahu baru sadar ketika kondisi kita sudah ngedrop, diantara uyang perlu kita ketahui dari gejala anemia adalah :

Cepat mengalami lelah, kurang bergairah atau loyo, sering tidak bisa konsentrasi, kurangnya selera makan, sering pusing, merasa mual, jantung terasa berdebar-debar, juga mengalami sesak napas.

Penyakit anemia bisa terjadi terhadap siapa saja dari anak kecik, orang dewasa, juga pada ibu hamil. Anemia pada hamil memang sering terjadi, jika hal ini tidak segera ditangani akan berdampak terhadap janin yang dikandungnya, karena apa penyebab anemia mayoritas terjadi lantaran kurang tercukupinya zat gizi pada seseorang.

Nah untuk mencegah anemia terhadap ibu hamil sebaiknya dilakukan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang setiap hari dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung adanya unsur zat besi seperti sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, daging merah, sereal, telur dan sejenisnya. Bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen guna memenuhi suplai zat besi yang dibutuhkan.

Fungsi dari makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang bagi ibu hamil dapat melindungi janin atau bayi dari kecacatan fisik atau lahir secara prematur.

Juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jenis makanan dan buah-buahan yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi dengan banyak mengkonsumsi vitamin C. Sumber vitamin C bisa kita dapatkan dari buah jeruk, strawberry, pepaya brokoli, dan sejenisnya.

Hal-hal yang pelu diperhatikan bagi penderita anemia khususnya bagi ibu hamil adalah kurangi konsumsi teh atau minuman yang banyak mengandung kafein.

Kondisi dari anemia memang membuat penderitanya seakan terlihat seagaimana orang malas, hal ini disebabkan memang karena kondisi mereka yang tidak memungkinkan dalam beraktifitas sebab mereka berkecenderungan merasa loyo, atau lemas dan sering merasa ngantuk terutama saat pagi hari.

Bila Anda merasa demikian otomatis akan sangat mengganggu aktifitas rutin yang berlangsung jadi sebaiknya Anda mengambil langkah tepat untuk mengantisipasi atau mengobati anemia tersebut secara benar. Nah berikut ini merupakan cara terbaik dalam mengatasi anemia dengan bahan alami, yang bisa konsumsi setiap hari :

1. Bawang Merah
Rebuslah 60 gram daun bawang merah dengan air secukupnya setelah itu tambahkan 1 kuning telur ayam kampung, kemudian dimakan atau dikonsumsi. Sebaiknya dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari.

2. Hati Ayam
Ambillah hati ayam secukupnya dan tambahkanlah 10 butir angco, lalu direbus/ditim kemudian dimakan. Sebaiknya konsumsilah secara teratur 2 kali sehari untuk mengobati anemia Anda.

3. Sayuran Hijau
Sebaiknya perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis. Karena dengan mengkonsumsi dayuran hijau ini, akan bisa mengtrol berat badan sahabat dan menaikkan jumlah darah dalam tubuh.

4. Kacang Almond
Keberadaan kacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

5. Buah-Buahan
Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bagi penderita anemia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

Semoga bermanfaat sedikit tips diatas. Baca juga Artikel yang masih terkait dengan masalah anemia pada tulisan sebelumnya yakni Jenis Makanan Penambah Darah.

Semoga kita terbebas dari penyakit anemia.

loading...