Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Seharusnya Begini

Bagaimana Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi ? Penyakit lidah dan mulut jenis ini tidak hanya menyerang orang dewasa, sariawan pada bayi 6 bulan hingga bayi 1 tahun kadang kerap menjadi langganan, bisa jadi sebulan kambuh sampai beberapa kali, sehingga membuat si orang tua kerepotan mengurus anaknya karena terus-terusan rewel.

Sariawan merupakan perlukaan dibagian lain di rongga mulut. Biasanya anak menjadi cenggeng dan tidak mau makan atau minum karena rasa sakit bila tersentuh makanan atau minuman.

Sedangkan penyebab sariawan pada anak bermacam-macam. Bisa disebabkan oleh infeksi virus atau jamur candida, sensitive terhadap bahan makanan tertentu, tergores sikat gigi yang di ikuti oleh infeksi kuman, hormonal, atau akibat kekurangan gizi.

Pada umumnya sariawan akan sembuh sendiri dalam 3 – 4 hari. Selama sakit pastikan sikecil mendapat minuman yang cukup untuk menghindarkanya dari risiko kurang cairan (dehidrasi).

Orang tua atau Ibu juga bisa memberikan minuman dan makanan yang mengandung vitamin yang tinggi dan zat besi untuk membantu mempercepat penyembuhan. Misalnya saja apel, jeruk, apel, tomat atau buah lain yang diolah dalam bentuk jus. Cara itu memudahkan kuosumsi. Berikan makanan lunak yang disuapkan dengan sendok secara perlahan.

Selain buah-buahan diatas yang tentu harus Anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal penting untuk mengantisipasi tumbuhnya virus penyebab sariawan, diantaranya sebagi berikut :

1. Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui
Nutrisi yang dapat dihasilkan dari ASI akan dapat membantu si bayi dalam mengatasi terjadinya sariawan. Bagi bayi yang tengah mengalami sariawan, si Ibu yang memberikan ASI langsung dapat mengkonsumsi jenis makanan yang kaya dengan kandungan probiotik, misalnnya yogurt atau juga suplemen probiotik untuk membantu dan juga menjaga kesimbangan tubuh, sehingga hal ini dapat meminimalisir perkembangan dari jamur candida.

Pola makan sehari-hari harus juga diperhatikan seperti halnya menghindari makanan olahan serta makanan yang kandunganya gula terlalu tinggi sebab dapat memicu perkembangan penyebab jamur sariawan. Alternatif lain adalah bawang putih dapat juga dijadikan salah satu obat sariawan pada bayi anda.

2. Menggunakan Cream Tradisional
Cream tradisional tersebut bisa Anda manfaatkan minyak kelapa. Keberadaan minyak kelapa mengandung anti jamur alami.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan pada puting sehingga akan bisa mengurangi perkembangan jamur penyebab sariawan. Selain minyak kelapa bahan lanya adalah cuka sari apel dapat juga menjadi cream tradisional dengan cara yang sama.

3. Manfaatkan Sinar Matahari Pagi
Bantuan sinar matahari pagi dapat menghindarikan sariawan terhadap bayi. Dalam pencegahan ini bisa didilakukan dengan mengajak bayi berjemur pada pagi hari sebab jamur candida tersebut akan berkembang biak di tempat yang lembab dan gelap dari cahaya.

Maka dari itu sebaiknya usahakan agar kamar bayi Anda bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup serta terpapar sinar matahari terutama dipagi hari.

Demikian beberapa jenis obat sariawan untuk balita atau obat sariawan untuk bayi 1 tahun yang perlu Anda coba ketika Anda mendapati si kecil rewel gara-gara terinfeksi virus penyebab sariawan.

loading...