Cara Mengatur Keuangan Keluarga Sebaiknya Begini

Bagaimana Cara mengatur atau Manajemen keuangan keluarga. Pengaturan keuangan rumah tangga sangatlah penting dilakukan ketika seseorang sudah mulai menapaki bahtera rumah tangga. Dengan menggunakan anggaran rumah tangga yang dimanajement dengan baik dan bijaksana sudah pasti prilaku hutang sana sini untuk menutup kebutuhan dalam berumah tangga akan terhindari.

Bagi mereka yang sudah memiliki penghasilan tetap barangkali tidak menjadi masalah, akan tetapi jika seseorang membangun keluarga dengan penghasilan minim atau bias dibilang belum memiliki penghasilan yang cukup buat kebutuhan sirkulasi roda pemerintahan rumah tangga bakal mengalami krisis dalam kemakmuran berkeluarga.
Lalu bagaimana cara membuat anggaran rumah tangga yang baik dan bagaimana juga cara mudah agar bisa mengelola keuangan keluarga sehingga manajemen keuangan rumah tangga bisa dipenuhi dan dikerjakan oleh pasangan suami istri disela sela kesibukan lain sebagai aktifitas rutin ?.

Perlu diketahui juga bahwa dalam mengatur keuangan keluarga bukanlah hal yang mudah perlu belajar dengan bijak baik dari pengalaman pribadi maupun orang lain, perlu diperhitungkan pula bagaimana juga cara mengatur uang bulanan kemudian membuat daftar belanja bulanan rumah tangga. Daftar kebutuhan rumah tangga sudah selayaknya diprioritaskan pada kebutuhan yang vital kesampingkan dahulu hal-hal yang sekirannya di luar jangkauan dari sisi penghasilan be,um mencukupi semisal saja kebutuhan nonton barang keluarga, makan-makan dan lainya.

Sebenarnya dalam mengatur keuangan rumah tangga yang bijak perlu banyak belajar apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa dengan pola hidup konsutif ketika sebelum berumah tangga, atau berawal dari keluarga yang glamor, maka dalam hal ini sangatlah sulit buar dilakukan.Maka untuk itu dalam hal pengelolaan keuangan keluarga perlu dibuatkan sebuah Tabel keuangan rumah tangga untuk menghindari kondisi finansial agar bisa diketahui dengan pasti apa yang perlu diprioritaskan dahulu sehubungan dengan kebutuhan diluar dugaan.

Bagaimana cara membuat keuangan yang stabil dalam berkeluarga, sedikit langkah berikut semoga bias membantu Anda :

1. Hitunglah penghasilan bersih yang anda terima setiap bulannya. Fyi, gaji bersih adalah penghasilan yang anda terima setelah dipotong oleh pajak penghasilan dan pemotongan-pemotongan lainnya.

2. Buatlah daftar apa saja yang menjadi kebutuhan rumah tangga setiap bulannya, termasuk di dalamnya hipotek, pajak mobil, biaya tak terduga seperti perbaikan mobil, dan kemudian juga biaya makan, bensin, asuransi, cicilan kartu kredit dan hal lain yang anda anggap masuk dalam kebutuhan dalam keluarga.

3. Kumpulkan slip gaju dan tagihan setidaknya dalam tiga bulan terakhir untuk membandingkan keseimbangan keuangan anda.

4. Hitunglah rata-rata uang anda yang dikeluarkan selama tiga bulan terakhir. Jika ada pengeluaran yang tidak terduga, perkirakanlah jumlahnya untuk beberapa bulan ke depannya.

5. Kurangi penghasilan bersih anda dengarn rata-rata pengeluaran yang tidak terduga.

6. Alokasikan dana untuk kebutuhan pribadi seperti tagihan handphone, pakaian, hiburan, sumbangan, hadiah dan kebutuhan pribadi lainnya.

7. Perkirakan pengeluaran untuk bulan depan sesuai dengan dana yang telah anda alokasikan untuk masing-maisng kebutuhan. Setiap kali anda melakukan pembelian, selalu ingat untuk mengurangi dari dana untuk kebutuhan tersebut. Misalkan, Anda ingin atau sudah mengalokasikan anggaran 1 juta rupiah untuk membeli pakaian. Setelah uang tersebut dipakai, janganlah anda membeli pakaian lagi di bulan yang sama.

8. Sesuaikan alokasi dana Anda ketika pada bulan pertama penganggaran Anda tidak menyisakan untuk ditabung atau tidak bisa memenuhi kebutuhan yang lebih penting. Misalnya Anda bisa mengalokasikan uang makan malam di café untuk ditabung atau membayar tagihan kartu kredit.

Berkaitan dengan hal diatas sebelumnya juga pernah disinggung dalam masalah menajemen keuangan keluarga ini, Semoga bisa membantu Anda.

loading...