Cara Mengobati Masuk Angin dengan Cepat

Cara mengobati masuk angin sebenarnya gampang namun jika kita tidak tahu caranya juga binggung mau berbuat apa. Masuk angin sangat rentan di derita bagi mereka yang mengalami daya tubuh rendah atau bagi orang yang mengidap gangguan tekanan darah rendah. Dengan demikian diperlukan sebuah solusi jitu agar tidak menganggu aktifitas harian Anda.

Gejala masuk angin yang sering kali timbul adalah tubuh merasa meriang adem panas, perut kembung, mual, kepala pusing dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang mengalami tekanan darah rendah biasanya tidak tahan terhadap terjadinya udara dingin.

Penyebab masuk angin diantaranya telat makan, sehingga perut menjadi kosong dan terisi dahulu oleh angin sehingga perut terasa penuh dan kembung mengakibatkan rasa mual akan tetapi sulit untuk dimuntahkan. Penyebab lain adalah karena faktor cuaca, dalam kondisi cuaca dingin bagi sebagian orang yang telat makan biasanya bisa menyebabkan masuk angin, pergantian cuaca yang ektrim atau dimusim pancaroba dan lain-lain.

Kurang istirahat yang cukup atau kurang tidur ditambah dengan asupan nutrisi yang kurang mewadahi juga bisa memicu terjadinya masuk angin.

Bagi anda yang tidak terbiasanya dengan berkendara biasanya juga gampang terkena masuk angin, seperti ketika naik bus, mobil dengan perjalanan waktu yang lama.

Lantas bagaimana cara mengantisipasi terjadinya gangguan ini dan bagimana pula cara mengobatinya ?
Nah untuk menanggulangi terjadinya masuk angin sebaiknya Anda melakukan :

Makan Secara Teratur
Makan secara teratur serta minum vitamin atau suplemen berguna untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena masuk angin.

Gunakan Jaket Tebal Saat berpergian
Ketika terjadinya musim hujan atau saat cuaca sangat dingin di anjurkan untuk memakai jaket yang tebal dalam hal ini untuk mengantisipasi angin masuk kedalam tubuh kita, dalam hal ini juga dengan menggunakan jaket sangat penting untuk di pakai ketika bepergian membawa kendaraan bermotor.

Hindari Minuman juga Makanan Dingin
Menghindarii minuman dingin meruupakan salah satu langkah tepat untuk menghindari terjadinya masuk angin.

Setelah kita melakukan pencegahan dalam proses pengobatan masuk angin kita perlukan bahan alami supaya keamanan terhadap tubuh tetap terjaga dari bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kesehatan. Untuk itu sediakan bahan-bahan alami berupa :

1. Jahe
Keberadaan Jahe mempunyai sifat menghangatkan tubuh dengan demikian dapat dimanfaatkan untuk mengatasi terjadinya masuk angin.

Caranya ambil 2 buah jahe sebesar dua ibu jari kemudian dihaluskan sampai halus dan lalu campurkan kedalam air hangat, bisa langsung meminumnya. Bila diminum langsung terasa tidak enak tambahkan gula merah atau madu.

2. Ubi Merah
Caranya sangat mudah siapkan satu buah umbi merah dikupas kemudain cuci hingga bersih, rebus bersama rempah rempah lainnya diantaranya jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica dan gula merah, 4 butir cengkeh, 1 ibu jari kayu manis, rebus bersamaan dan minumlah ketika masih hangat.

3. Bawang putih
Kita tahu bahwa bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam tubuh serta juga anti jamur yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Bawang putih juga merupakan antibiotik alami yang sangat aman untuk menanbah imun tubuh.

4. Daun Pepaya
Daun pepaya akan terasa pahit jika dikanan atau direbus untuk diminum airnya, meski demikian ternyata daun pepaya bisa bermanfaat untuk menyembuhkan masuk angin, dengan cara merebus beberapa helai daunnya kemudian minum ketika masih dalam kondisi hangat.

3. Jeruk
Dengan minum jus jeruk bisa mengantisipasi masuk angin sebab dalam kandungan jeruk terdapat Vitamin C yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh ketida di cuaca dingin, atau bagi mereka yang rentan terhadap terjadinya masuk angin sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi buah ini.

Nah semoga apa yang bisa Ikiopo.com sampaikan bisa berguna dalam mengobati masuk angin yang Anda derita.

loading...