Cara Mengusir Tikus Dirumah, Plafon, Mobil Efektif

Bagaimana cara mengusir tikus dirumah, di plafon, di mobil secara alami ? bagaimana pula cara mengusir tikus curut ? membasmi tikus bukan suatu perkara yang mudah apalagi ketika kondisi rumah kita banyak terdapat jenis makanan di atas menja tanpa penutup yang kuat dan rapat.

Tikus merupakan salah satu diantara jenis binatang pengerat yang seperti kita tahu keberadaanya sangat mengganggu dan merusak barang, selain itu dari bau yang ditinggalkan berupa kencing dan kotorannya sangat berbau tidak sedap. Lebih daripada itu akibat kencing tikus juga bisa mendatangkan penyakit baru ketika terkena bagian luka.

Ketika binatang ini tinggal dirumah ia selalu mencari tempat-tempat yang aman dimanna banyak terdapat barang yang nyumpel seperti almari pakaian, plafon yang banyak terdapat kabel instalasi listrik, dan tempat lain.

Jika termasuk tikus sawah maka akan memangsa tanaman yang ada di sekelilingnya seperti padi, dan tananaman lainya.

Berbagai cara memang kerap dilakukan manusia untuk memberantas dan mengusir tikus di sekeliling kita namun apa daya berbagai upaya yang kita lakukan seperti memasang jebakan, memasang racun tikus, lem, meski mendapatkan hasil akan tetapi juga berdampak kurang baik. Misal ketika binatang ini memangsa jebakan berupa racun, maka ia akan mati disembarang tempat dan kadang sangat sulit untuk menjangkau bangkainya yang mengakibatkan bau busuk dimana-mana selain cara ini kurang aman juga bisa nantinya jebakan racun tikus ini dimakan oleh binatang lain seperti ayam dan sejenisnya.

Nah untuk mengusir tikus yang aman kami dari Ikiopo.com lebih menyarankan menggunakan bahan yang alami saja. Meski demikian jika kita bisa berhati-hati dan tidak sembarangan menaruh dalam penempatan umpan tidaklah mengapa.

Nah berikut ini tips mengusir tikus dirumah yang bisa kita coba.

1. MENGGUNAKAN BUAH MENGKUDU
Buah mengkudu disinyalir dapat mengusir tikus dari tempat tinggal kita. Caranya cukup mudah, letakkan saja buah mengkudu yang telah matang di tempat – tempat yang kerap dilalui tikus. Nisacaya binatang ini akan kabur dan lari terbirit birit dengan sendirinya.

2. MENGGUNAKAN JANGKRIK
Jangkrik yang kita kenal sebagai makanan burung ternyata juga kita manfaatkanb untuk mengusir tikus. Caranya juga mudah peliharalah beberapa ekor jangkrik kemudian letakkan di dapur atau tempat lain yang menjadi sarang tikus. Akan tetapi biasanya jangkrik sangat sulit hidup lama jika tidak tahu cara memeliharanya dengan baik.

3. MEMELIHARA KUCING
Meskipun terkadang tikus tidak takut terhadap adanya kucing namun dengan memelihara kucing ini merupakan langkah yang bijak, mungkin lebih aman ketimbang paka obat tikus. Paling tidak bisa mengurangi berkembangbiakan tikus dalam rumah.

4. MENGGUNAKAN LEM TIKUS
Dengan menggunakan lem tikus biasanya kita tidak hanya men dapatkan 1 ekor saja akan tetapi bisa sampai 2 hingga 3 ekor tikus dalam semalam. Langkahnya taruhlah umpan baik berupa ikan atau makanan lain yang disukai tikus ditengah – tengah lembar lem untuk memancing datangnya tikus.

5. PASANG JEBAKAN TIKUS
Langkah ini pun terbilang juga sangat efektif. mengpa demikian ? sebab dengan memasang jebakan tikus ini, biasanya cukup membuat tikus jera. Namum hati-hati dalam menaruhnya jangan sembarangan sebab bisa jadi yang kena kita sendiri atau saat kita pasang diambil anak kecil buat mainan, maka akan berbahaya karena bisa membuat terluka.

6. MENGGUNAKAN RACUN TIKUS
Perlu kita ketahui dari kesekian jenis racun tikus yang beredar di pasaran, sebaiknya kita memilih jenis yang tidak hanya bisa membunuh tikus namun juga dapat membuat bangkai tikus cepat terurai. Dalam hal ini guna menghindari kita kesulitan mendeteksi bangkai tikus yang biasanya menciptakan bau busuk yang begitu menyengat.

7. JANGAN PERNAH MENARUH MAKANAN DI MEJA ATAU TEMPAT TERBUKA
Indra penciuman tikus sangat lah tajam mereka bisa mendeteksi keberadaan jenis makanan dari area yang cukup jauh. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan pernah menaruh makanan pada tempat terbuka atau hanya ditutupi dengan tudung saji sebab akan mengundang tikus untuk datang lantaran bau atau aroma dari makanan sangatlah mudah terdeteksi. Sebaliknya, lakukan dengan menyimpan makanan di dalam lemari yang rapat usahakan tempat dimana bisa menahan dari aroma makanan, sehingga tidak memancing penciuman si tikus.

8. MENGGUNAKAN KAPUR BARUS
Kapur barus biasa kita gunakan untuk membuat aroma suatu ruangan menjadi harum atau agar pakaian yang berada dalam almari, tidak berbau apek. Kapur barus bisa juga kita manfaatkan untuk mengusir tikus karena aroma yang di keluarkan memang tidak disukainya. Kita bisa menaruh benda ini pada tempat dimana binatang ini biasa lalu lalang tiap harinya, caranya haluskan kapur barus atau letakkan saja pada tempat yang dilalui tikus.

Selain cara diatas kita juga bisa mengusir tikus dengan bahan alami, bebab tikus memang tidak suka terhadap aroma tertentu sehingga kita bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut. Setidaknya tikus akan enggan untuk mendekat dengan makanan yang diincar dimana kita biasa menaruh makanan seperti dimeja makan, di dapur dan lainnya.

Lalu bahan apakah itu ? diantaranya adalah :

– Bubuk Merica
– Kulit Durian
– Daun Sirsak
– Kayu Manis
– Biji Cengkeh
– Daun Tembakau
– Daun Mint

Dari kesekian bahan diatas barangkali tidaklah terlalu sulit untuk mendapatkanya sebab seperti halnya kayu manis dan bubuk merica mungkin selalu tersedia.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Oleh karena daya penciuman tikus yang begitu tajam dan bisa mendeteksi suatu bentda atau makanan yang sedang di incarnya, biasanya binatang ini untuk mendatagi suatu benda berupa makanan tersebut ia butuh jalan atau lorong, maka kita taburi saja atau kita taruh bahan-bahan tersebut dimana tikus biasa lewat setiap harinya, begitu juga halnya ketika mau mengusir tikus curut tinggal menggunakan langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat, sehingga rumah tempat tinggal Anda bebas dari berbagai jenis tikus.

loading...