Cara Merawat Wajah Secara Alami, Mudah, dan Sehat

Cara merawat wajah secara alami dapat menjadikan kulit wajah cantik dan segar. Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan berbagai macam kosmetik untuk mempercantik wajah, karena dengan penanganan-penanganan alami dan rutin Anda akan mendapatkan wajah sehat yang berseri alami. Pada dasarnya banyak kosmetik yang beredar terbuat dari bahan dasar alami, baik untuk mencerahkan wajah atau mencegah timbulnya jerawat. Maka mengapa Anda tidak mencobanya langsung dengan bahan-bahan yang natural dari alam? Jika dengan bahan alam langsung justru tidak tercampur bahan kimia yang merusak kulit.

Sebagai cara merawat wajah secara alami Anda harus memperhatikan beberapa hal, dari perawatan yang tanpa menggunakan bahan-bahan alam sampai yang menggunakan bahan-bahan alam. Untuk perawatan wajah tanpa menggunakan bahan-bahan alami dapat Anda lakukan seperti olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari, berjalan-jalan atau berlari kecil juga bisa. Kemudian Anda harus menghindari stres. Tidak dapat dipungkiri bahwa tekanan hidup baik pekerjaan, sekolah, ataupun lingkungan kerap kali membuat kita merasa tertekan, namun cobalah untuk hidup lebih santai agar tidak mudah stress. Ketika stress tubuh akan mengeluarkan hormon tertentu dan mengeluarkan minyak lebih banyak pada muka sehingga jerawat dan komedo mudah timbul. Lakukanlah relaksasi atau atur pernapasan. Rajin-rajinlah mencuci muka dengan air bersih atau dengan sabun pembersih yang mengandung ph seimbang, terutama setelah beraktivitas. Lalu bagaimana merawat wajah dengan bahan-bahan alami? Pahami artikel ini sampai tuntas!

Cara Merawat Wajah secara Alami dengan Bahan-Bahan Alam

Cara merawat wajah dengan bahan-bahan alam yaitu dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Pertama, jangan lupakan air putih. Air putih mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, memperlancar pencernaan dan kinerja ginjal, juga berperan dalam rangka sebagai cara merawat kulit wajah secara alami. Rutin-rutinlah meminum air putih. Disarankan untuk meminumnya kurang lebih 1,5 liter perhari. Air putih mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Kedua, cara merawat wajah secara alami dengan masker dari buah-buahan. Ada banyak buah yang bisa digunakan sebagai masker wajah, berikut diantranya:

1. Buah bengkoang
Caranya yaitu cuci muka terlebih dahulu agar bersih. Lalu cuci bersih buah bengkoang, hancurkan, dan aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan sampai 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Buah strawbery
Strawbery mengandung vitamin B, C, E, dan K. Kandungan asam salisilat pada strawbery dapat membantu untuk mengencangkan kulit. Cara merawat wajah secara alami dengan strawberry yaitu siapkan beberapa buah strawbery, cuci bersih, lalu hancurkan sampai halus. Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit. Lalu cuci wajah dengan air sampai bersih, lakukan ini setidaknya dua kali dalam satu minggu.

3. Buah alpukat
Buah alpukat dapat digunakan sebagai masker baik untuk yang berjenis kulit normal atau kulit kering karena mengandung vitamin A dan E. Untuk kulit normal, hancurkan buah alpukat, setelah itu tambahkan putih telur yang sudah dikocok. Jika kulit Anda cenderung lembab juga tambahkan madu. Aplikasikan pada wajah. Setelah kering, basuh dengan air bersih. Kemudian ramuan alpukat untuk kulit kering cukup menggunakan alpukat tanpa ditambah apapun. Kemudian setelah diaplikasikan pada wajah, bilas sampai bersih.

Mudah bukan cara merawat wajah secara alami dengan buah-buahan? Lalu dapat juga menggunakan buah apel sebagai masker buah untuk kulit berminyak karena mampu mengurangi minyak yang berlebih. Cara membuat masker buah apel ini dengan menghaluskan buah apel dengan air dan tambahkan sedikit gula. Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga kering 15-20 menit. Lalu, bilas dengan air bersih. Lakukan dengan teratur satu kali dalam seminggu.

Cara merawat wajah secara alami juga dapat menggunakan buah-buahan yang langsung diaplikasikan pada wajah tanpa dibuat masker, yaitu dengan buah jeruk nipis. Caranya cukup potong buah jeruk nipis menjadi dua, lalu gosok-gosokkan pada wajah. Bilas dengan air bersih. Kemudian dengan buah melon. Melon memang buah yang manis dan lezat dimakan, baik dimakan langsung maupun di jus. Zat astringent yang ada pada buah melon mampu sebagai tonik yang melindungi wajah yang sering terkena sinar ultraviolet dari paparan cahaya matahari, sehingga disebut sebagai pendingin.

Selain buah-buahan, juga dapat digunakan sayuran dan tanaman hias sebagai cara merawat wajah secara alami.

1. Timun
Anda dapat menggunakan timun. Timun diambil daging buahnya, hancurkan lalu aplikasikan pada wajah. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

2. Tomat
Potong buah tomat menjadi beberapa bagian. Oles-oleskan potongan tomat tersebut pada wajah sampai merata. Lalu cuci bersih wajah. Sebelum sayur-sayuran ini diaplikasikan pada wajah, wajah harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak terdapat sisa kotoran yang menempel pada wajah.

Masker buah yang telah disebutkan di atas selain untuk merawat wajah secara alami, juga dapat digunakan sebagai masker buah untuk menghilangkan jerawat. Kemudian untuk menghilangkan noda bekas jerawat itu sendiri Anda dapat menggunakan daun lidah buaya. Ya, daun lidah buaya biasanya ditanam sebagai tanaman hias, namun ternyata juga dapat digunakan sebagai cara merawat wajah secara alami. Caranya cukup potong daun lidah buaya, sobek sampai dagingnya kelihatan. Lalu oles-oleskan pada bekas jerawat. Hati-hati jangan sampai durinya menusuk wajah Anda. Cara merawat wajah secara alami dapat Anda lakukan dengan bahan-bahan alami di sekitar kita. Olahraga dan minum air putih juga sangat mendukung dalam rangka merawat wajah Anda.

loading...