Ingin Cantik dan Langsing Coba Manfaat Tanaman Obat Lempuyang ini

Apasaja manfaat tanaman lempuyang, bisakah tanaman obat ini untuk membantu diet tubuh juga kecantikan bagi kaum hawa ?

Disekitar kita sudah tentu banyak terdapat beraneka tanaman obat-obatan dimana tanaman tersebut minimal sudah kita dengar akan tetapi belum kita ketahui khasiat serta manfaat yang terkandung di dalamnya.

Apabila kita bertempat tinggal di daerah pegunungan sangatlah mudah untuk kita jumpai berbagai jenis tanaman herbal bahkan tidak jarang dari kita yang secara khusus menanam tanaman tersebut untuk keperluan dapur sebagai bumbu masak dan bahan penyedap rasa, salah satunya adalah tanaman lempuyang.

Dari namanya tidaklah terlalu asing di indra dengar kita terutama bagi yang tinggal di pulau jawa. Namun manfaat serta kegunaanya banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Lempuyang mempunyai bentuk sangat mirip dengan jahe dan lengkuas sedangkan yang sering dimanfaatkan adalah bagian umbi atau dari rimpangnya.

Keberadaan tanaman lempuyang bisa diklasifikasikan dalam keluarga temu-temuan dengan nama latin zingiber zerumbet. Semenjak dahulu memang tanaman ini sudah populer sebagai bahan utama untuk membuat jamu tradisional terutama bagi orang-orang jawa hingga sekarang.

Tidaklah heran apabila jenis jamu dari bahan dasar lempuyang ini lebih akrab dengan sebutan jamu puyang. Obat tradisional jenis ini juga bisa ditambah dengan bahan lainnya semisal saja cabe, setelah dicampurkan secara manual tradisional ditambahkan bahan dasar berupa rempah lain lempuyang ini maka jadilah sejenis minuman berupa jamu tradisional yang akrab dan sangat familiar dengan sebutan jamu cabe puyang.

Manfaat yang bisa diperoleh dari jenis jamu ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Manfaat lain dari lempuyang ini adalah untuk menginduksi juga menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker dalam tubuh sehingga dengan demikian kondisi tubuh akan kebal terhadap serangan penyakit, terutama ketika musim pancaroba atau perubahan musim.

Bagi kaum hawa tanaman ini juga bermanfaat untuk bahan kecantikan alami terutama bagi kaum wanita yang tengah mengalami kelebihan lemak pada area perut. Lempuyang ternyata bisa difungsikan untuk membakar kalori dalam perut sehingga sangat pas apabila anda sedang menjalankan program diet, selain cepat untuk melangsingkan juga bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan kondisi tubuh kita.

Sedangkan bagi anda yang kerap mengalami gangguan pencernaan tanaman obat lempunyang ini bisa dijadikan obat alternatif untuk mengobati diare dan desentri maupun jenis penyakit yang masih berkaitan dengan masalah pencernaan terutama bagian lambung.

Membantu mencegah terjadinya sembelit atau mungkin susah ketika buang air besar juga bisa melegakan kondisi lambung yang terasa mual oleh karena sistem pencernaan yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Manfaat lainya dari tanaman obat lempuyang yakni bisa membantu melembabkan kulit anda, dalam hal ini tatkala cuaca kering dan panas biasanya mengakibatkan kondisi kulit kita menjadi cepat kering, kasar dan akan terlihat keriput layaknya kulitnya orang yang sudah lanjut usia bahkan terasa kasar dan bersisik.

Selain bisa melembabkan kulit fungsi lainya yang tak kalah hebatnya yaitu untuk menjaga kekenyalan juga elastisitas serta kecerahan kulit sehingga kulit terlihat awet muda.

Lempuyang juga mampu untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Manfaat lainya untuk mengobati kaki bengkak setelah melahirkan, untuk mengobati ambeien, anemia, batuk rejan, gatal-gatal, alergi udang dan ikan laut, mengatasi encok dikaki, rematik, masuk angin,mengobati cacingan juga untuk penambah darah.

Barangkali jika anda berdomisili diperkotaan seperti di Jakarta akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan tanaman lempuyang ini, kecuali ada pedangan sejenis rempah-rempah yang kesemua bahannya di datangkan dari pedesaan.

Nah apabila sekiranya anda kesulitan mendapatkanya solusi lain anda bisa menamam sendiri jika diarea dimana anda sekarang tinggal memungkin atau tersedia tempat untuk menanam beberapa buah pot atau poliback untuk menanam tanaman ini.

Membiasakan diri hidup sehat dengan memfungsikan aneka tanaman herbal memang bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit sehingga dengan kesehatan yang kita dapati sudah tentu kita akan bisa melaksankan tugas rutin sebagaimana biasanya.

Melaksanakan ibadah juga akan terasa bersemagat tatkala kesehatan selalu kita miliki, untuk itu sebiknya sedari sekarang hendaknya kita bisa membiasakan diri memfungsikan tanaman herbal disekitar kita, atau membudidayakan tanaman tersebut agar keberadaan tanaman obat tradisional layangknya lempuyang ini tidak punah dan kita bisa manfaatkan sebagai obat alternative pilihan sebagaimana fungsinya.

Demikian ulasan ringan dari ikiopo.com tentang manfaat tanaman obat lempuyang yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat.

loading...