Ingin Tahu, Apa Saja Kebutuhan Ibu Hamil Itu ?

Kebutuhan Ibu Hamil. Anda sedang hamil, atau calon ibu rumah tangga yang sedang mempersiap diri menyonsong masa kehamilan. Mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dalam masa hamil muda atau sebelum masa hamil merupakan cara cerdas dimana seorang ibu tengah mengalami kematangan dalam pola pikir kehidupanya.

Kehamilan merupakan suatu proses dalam kehidupan bagi seorang wanita, dimana dengan adanya proses ini terjadi suatu perubahan dalam kehidupan mereka. Perubahan tersebut diantaranya meliputi perubahan fisik, mental dan juga sosial. Selain kebutuhan psikologis, yang perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan fisik juga, agar disaat masa kehamilan dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Nah Kebutuhan-kebutuhan fisik yang diperlukan ibu selama proses masa kehamilan meliputi nutrisi, oksigen, peronal hygiene, pakaian, eliminasi, mobilisasi & body mekanik, exercise (senam hamil), istirahat (tidur), imunisasi, traveling, persiapan laktasi, persiapan saat kelahiran bayi, memantau kesejahteraan bayi, ketidak nyamanan dan cara mengatasinya, kunjungan ulang, pekerjaan, serta tanda bahaya dalam kehamilan dan masih banyak lagi.

Kebutuhan utama yang perlu kita perhatikan bagi ibu hamil, dapat di bagi menjadi kebutuhan tri semester, diantaranya :

A. Kebutuhan ibu hamil untuk trimester I

1). Diet dalam kehamilan
Kebutuhan Ibu Hamil tiap trimester.
Ibu dianjurkan untuk makan makanan yang mudah dicerna dan makan makanan yang bergizi untuk menghindari adanya rasa mual dan muntah begitu pula nafsu makan yang menurun. Ibu hamil juga harus cukup minum 6-8 gelas sehari.

2). Pergerakan dan gerakan badan
Ibu hamil boleh mengerjakan pekerjaan sehari-hari akan tetapi jangan terlalu lelah sehingga harus di selingi dengan istirahat. Istirahat yang dibutuhkan ibu 8 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari.

3). Hygiene dalam kehamilan
Ibu dianjurkan untuk menjaga kebersihan badan untuk mengurangi kemungkinan infeksi, kebersihan gigi juga harus dijaga kebersihannya untuk menjamin pencernaan yang sempurna.

4). Koitus
Pada umumnya koitus diperbolehkan pada masa kehamilan jika dilakukan dengan hati-hati. Pada akhir kehamilan, sebaiknya dihentikan sebab dalam hal ini dapat menimbulkan perasaan sakit dan perdarahan. Pada ibu yang mempunyai riwayat abortus, ibu dianjurkan untuk koitusnya ditunda sampai dengan 16 minggu karena pada waktu itu plasenta telah terbentuk.

5). Ibu diberi imunisasi TT1 dan TT2.

B. Kebutuhan ibu hamil trimester II

1). Pakaian dalam kehamilan
Menganjurkan ibu untuk mengenakan pakaian yang nyaman digunakan dan yang berbahan katun untuk mempermudah penyerapan keringat. Menganjurkan ibu untuk tidak menggunakan sandal atau sepatu yang berhak tinggi karena dapat menyebabkan nyeri pada pinggang.

2). Nafsu makan meningkat dan pertumbuhan yang pesat, maka ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi protein, vitamin, juga zat besi.

3). Ibu diberi imunisasi TT3.

C. Kebutuhan ibu hamil trimester III

1). Mempersilahkan kelahiran dan kemungkinan darurat
a) Bekerja sama dengan ibu, keluarganya, serta masyarakat untuk mempersiapkan rencana kelahiran, termasuk mengidentifikasi penolong dan tempat persalinan, serta perencanaan tabungan untuk mempersiapkan biaya persalinan.
b) Bekerja sama dengan ibu, keluarganya dan masyarakat untuk mempersiapkan rencana jika terjadi komplikasi, termasuk :
– Mengidentifikasi kemana harus pergi dan transportasi untuk mencapai tempat tersebut.
– Mempersiapkan donor darah.
– Mengadakan persiapan financial.
– Mengidentifikasi pembuat keputusan kedua jika pembuat keputusan pertama tidak ada ditempat.

2). Memberikan konseling tentang tanda-tanda persalinan
a) Rasa sakit oleh adanya his yang datang lebih kuat, sering dan teratur.
b) Keluar lendir bercampur darah ( show ) yang lebih banyak karena robekan-robekan kecil pada servik.
c) Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya.

Informasi selengkapnya bisa dilihat DiSINI >>>>

Demikian untuk sementara kebutuhan berdasarkan tri semester ibu hamil, nah setelah proses melahirkan ketika anak sudah berusia 6 bulan perlu adanya asupan nutrisi seimbang dan sebaiknya penuhi gizi mereka dengan menyimak artikel tentang Menu Bayi 6 bulan. Semoga bermanfaat apa yang telah kami sampaikan diatas mengenai hal-hal yang perlu kita ketahui tentang kebutuhan ketika masa hamil.

loading...