Inilah Cara Mengatasi Nyeri pada Leher yang Benar

Bagaimana cara mudah mengatasi nyeri pada leher dan cara cepat menghilangkan sakit di leher ? Apa saja yang harus kita lakukan serta obat sakit leher apa yang bisa kita gunakan ? lantas bagaimana juga cara mencegahnya ?

Nyeri pada leher pada umumnya terjadi lantaran ada suatu kesalahan posisi saat tidur. Hal ini bisa saja terjadi dan dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa, yang mana nyeri ini bisa berdampak seseorang tidak bisa atau sulit untuk menengok baik kekiri ataupun kekanan. Kondisi demikian juga sangat mengganggu ketika kita melakukan ibadah sholat nanakala berada diakhir sholat saat melakukan salam.

Nyeri pada bagian leher atau leher kaku ini merupakan salah suatu keluhan yang kerap kali muncul. Pada sebagian kasus yang sering terjadi memang tidak selalu dipermasalahkan atau dikhawatirkan akan tetapi juga tidak sedikit dari beberapa individu menjadikan kondisi ini merupakan suatu keadaan yang begitu menggangu.

Gangguan ini terjadi muncul akibat dari beberapa penyebab seperti salah posisi ketika waktu tidur, melakukan aktivitas secara terus menerus dalam waktu lama, atau juga akibat salah posisi duduk. Terjadinya kecemasan dan stres dapat juga memicu terjadinya nyeri pada leher.

Leher seperti yang kita ketahui adalah bagian tubuh kita yang menghubungkan antara kepala dengan tubuh yang sebagaimana fungsinya untuk menopang berat kepala. Di dalam leher itu sendiri terdapat saluran-saluran penting yang menghubungkan antara organ dikepala menuju tubuh kita diantaranya adalah saluran pernapasan dan pencernaan.

Sedangkan di dalam leher itu sendiri terdiri dari tulang serta bagian jaringan lunak seperti otot, ligamen serta syaraf. Keberadaan tulang belakang bagian leher memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk pergerakan serta penopang berat kepala kita.

Dalam kondisi tertentu bagaian tulang belakang sangat rentan terhadap cidera oleh sebab bagian leher ini tidak di lindungi oleh tulang lain sebagimana tulang belakang bagian lain. Pada kasus tertentu jika terjadi sakit pada leher akan dapat hilang dengan sendirinya akan tetapi sebaiknya diperlukan perawatan medis serta diagnosis lebih lanjut untuk memastikan kondisi sakit yang sebenarnya.

Beberapa nyeri pada leher bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan dijaringan lunak seprti ligamen, otot, saraf, tulang dan sendi tulang belakang. Sedangkan penyebab yang umum terjadi nyeri leher adalah kelainan jaringan lunak oleh sebab cidera kecil tetapi berkepanjangan. Nyeri leher juga bisa dipicu oleh infeksi kelainan bawaan tulang belakang dan juga akibat tumor meskipun dalam hal ini jarang terjadi.

Belakangan ini pada kasus nyeri atau sakit pada leher penyebab terbanyak adalah aktivitas yang berlebihan dan penyakit leher degenerasi oleh proses penuaan.

Sebab lain karena perubahan posisi dan posisi leher yang salah ketika tidur mengakibatkan sakit dan nyeri leher saat bangun dipagi hari bisa juga disertai pusing, tidak bisa menoleh / menengok kekiri dan kekanan jika dipaksakan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Jika terjadi demikian sangatlah tidak nyaman dalam kondisi tertentu seperti halnya ketika kita mau menyeberang jalan, yang mengharuskan sebelumnya harus menengok kekiri dan kekanan atau mungkin ketika dipanggil seseorang dari belakang kita akan menoleh sekalian badan kita layaknya robot tanpa leher, susah bukan?.

Kebanyakan orang awam mengaitkan nyeri pada leher ini dengan alasan salah bantal ketika tidur, hal ini memang tidak selamanya salah. Walaupun sebenarnya kita sudah betulkan posisi bantal menjelang tidur namun perubahan posisi saat tidur yang tidak terkontrol bisa menyebabkan leher tertekuk dalam waktu lama sehingga memicu terjadinya nyeri pada bagian leher. Posisi leher yang kurang betul ini mengakibatkan ketegangan berlebihan otot di area tengkuk, leher, bahu serta juga daerah sekitarnya yang menimbulkan nyeri dan rasa sakit.

Lantas bagaimana cara mengatasi nyeri pada leher tersebut ?

Pada umumnya kasus sakit leher setelah bangun tidur sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya dan tidak berbahaya, akan tetapi jika sakit leher secara terus menurus diperlukan observasi juga penangan medis dalam hal ini dokter yang sesuai dengan bidangnya.

Nah untuk sakit leher biasa seperti halnya tertekuk saat tidur, rasa nyerinya bisa berlangsung lama, guna mengurangi sakit dan untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut :

1. Kompres Dingin dan Hangat
Pemberian kompres dingin ini bertujuan agar bisa mengurangi rasa sakit dan menghambat terjadinya pembentukan asam laktat. Langkahnya masukan es ke dalam plastik yang sebelumnya telah diberi sedikit air selanjutnya taruh di area atau tempat yang sakit.
Setelah itu lanjutkan dengan mengkompres hangat. Bertujuan untuk mengendurkan otot leher. Mengapa demikian sebab secara alami otot akan mengendur ketika dihangatkan sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

Langkahnya cukup dengan mengkompres hangat pada bagian leher yang sakit, hal ini juga bisa meredakan ketegangan otot pada bagian leher. Mandi menggunakan air hangat juga dapat mengurangi terjadinya ketegangan otot.

2. Pijat Ringan
Dengan dilakukan pemijatan akan melancarkan aliran darah ke bagian area yang dipijat. Untuk itu Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat leher dan bagian bahu.

3. Streching
Untuk mengurangi rasa sakit ketika nyeri leher bisa dilakukan streching atau peregangan. Dengan melakukan langkah ini dapat membantu mengembalikan elastisitas otot leher, dengan demikian rasa sakit akan bisa berkurang. Perlu diperhatikan lakukan Streching dengan perlahan guna menghindari cedera.

4. Gerakan Terapetik
Setelah menjalankan Streching diatas sebaiknya dilanjutkan dengan gerakan kepala, jika dilakukan secara benar maka akan cepat penyembuhan problema nyeri pada leher.
Caranya :

A. Lakukan gerakan kepala keatas dan kebawah, dagu ke atas ke arah langit-langit selanjutnya turun tempelkan dagu didinding dada. Lakukan secara berulang.

B. Ketika menunduk, gerakan kepala kesisi samping kanan dan kiri. Gerakan ini akan bisa meregangkan otot bagian belakang leher. Selanjutnya tengadahkan kepala dan gerakan ke samping kanan dan kiri hal ini dimaksudkan untuk meregangkan otot bagian depan.

C. Putar posisi kepala dari kiri kekanan dan begitu juga sebaliknya. Lakukanlah gerakan-gerakan tersebut secara perlahan-lahan.

Bagaimana mencegah sakit leher ini ?
Guna mencegah terjadinya sakit nyeri leher berulang sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini :

1. Gunakan bantal yang empuk dan lembut.
Dengan memakai bantal yang empuk akan menyebarkan beban di seluruh permukaan leher serta kepala. Selain untuk menghindari tertekuknya posisi leher, dengan kondisi bantal yang empuk juga bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu juga cobalah tidur dengan menggunakan 1 bantal saja, hindarilah tidur dengan memakai 2 atau 3 bantal selama Anda masih mengalami nyeri dan kaku pada leher.

2. Lurus
Ketika waktu tidur sebaiknya buat posisi tubuh miring dengan menjaga agar tulang punggung, leher serta kepala tetap berada dalam garis lurus. Sedangkan kondisi posisi kepala tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

3. Apabila Anda sudah terlalu lama beraktivitas di depan komputer sebaiknya istirahat sejenak, hal ini berguna untuk melemaskan otot-otot pada leher. Koreksilah posisi duduk Anda ketika beraktivitas dengan menghabiskan banyak duduk atau di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu sebaiknya pastikanlah posisi duduk Anda baik dan benar.

Nah demikian beberapa hal yang patut kita perhatikan manakala terjadi gangguan atau permasalahan seputar nyeri pada bagian leher dan cara mengatasi sakit leher. Ikiopo.com

loading...