Inilah Jenis Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi, mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi jenis makanan sehat ketika saat hamil ?

Seorang ibu yang sedang hamil harus hati-hati dalam memilih jenis makanan apa yang hendak ia makan, apabila seorang ibu yang sedang mengandung asal-asalan dalam memilih jenis makanan yang layak dan bergizi saat sedang hamil maka akan berakibat kurang baik terhadap janin yang dikandungnya juga terhadap ibu sendiri ketika sedang menjalani masa-masa kehamilan.

Lebih dari itu ketika wanita hamil tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya maka juga akan berdampak pula terhadap perkembangan si bayi ketika sudah lahir, dan dapat mempengaruhi kecerdasan otak si anak juga terhadap perkembangan fisik si bayi itu sendiri.

Maka dari itu janganlah mengaggap remeh walaupun kondisi fisik sang ibu ketika hamil dalam keadaan sehat wal afiat, bahkan lebih sehat dari saat ia belum mengandung, asupan nutrisi gizi yang mencukupi dan seimbang sangatlah penting guna untuk menunjang keberlangsungan kecerdasan dan kesehatan bagi si anak kelak.

Permasalahan yang timbul adalah ketika sebelum hamil seseorang ibu suka mengkonsumsi jenis makanan tertentu, pada saat mengandung kadang malah sebaliknya, ia akan malah menjahui terhadap jenis makanan tertentu saat mereka sedang hamil. Susu dan telur misalnya, jenis makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil. Namun apa daya masih dari baunya saja saat lagi hamil sudah mual duluan, belum lagi jika memakannya.

Sebenarnya hal ini terjadi karena sebuah proses yang berkaitan dengan hormon atau karakter yang berhubungan dengan kondisi si janin dalam kandungan si ibu. Jadi solusinya adalah meskipun benar-benar dirasa tidak menyukai jenis makanan tersebut tetap saja usahakan walaupun sedikit agar bisa masuk guna memenuhi nutrisi gizi yang dibutuhkan bagi Anda juga si janin meski dengan resiko harus muntah, mual dan lainnya. Mengingat jenis makanan tersebut memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil juga janin yang di kandungnya, guna untuk memenuhi beberapa unsur vitamin yang diperlukan.

Nah jenis makanan apakah yang sangat baik dikonsumsi saat seorang wanita sedang hamil ? berikut ini merupakan jenis makanan sehat yang harus di konsumsi ketika seorang ibu sedang mengandung.

1. Sayuran Dan Daun Berwarna Hijau
Meskipun sebagian orang ada yang kurang suka terhadap sayuran, wanita hamil mutlak harus mau mengkonsumsi jenis sayuran hijau ketika sedang hamil.
Seperti kita ketahui vitamin yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau tidak bisa diragukan lagi manfaatnya, Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, C serta K juga memiliki folat, salah satu jenis sayuran berwarna hijau misalnya saja bayam.

2. Telur
Kandungan dalam telur yang memiliki protein yang begitu tinggi didalamnya memiliki lebih dari 12 unsur vitamin dan mineral yang sangat baik di konsumsi dimasa kehamilan, lebih dari itu telur memiliki kolin dan omega-3 yang dapat membantu pertumbuhan otak, kesehatan fisik bagi si anak.

3. Brokoli
Keberadaan Brokoli dapat di jadikan pilihan alternative makanan bagi ibu yang sedang hamil. Mengapa demikian sebab dalam brokoli mengandung kalsium, serat, folate dan krotenoid sangat bagus untuk bayi juga si ibu guna menstabilkan tekanan darah dalam tubuh serta baik pula untuk penglihatan si anak. Wanita yang sedang hamil sangat di rekomendasikan untuk mengkonsumsi telur 1-2 butir dalam sehari.

4. Kacang-Kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan layaknya kacang merah, buncis, lentil, chickpeas, sampai jenis kacang tanah sangat baik di konsumsi bagi ibu hamil, selain memiliki serat serta protein jenis kacang mempunyai serat, folate, kalsium, zat besi dan juga zinc yang dibutuhkan untuk kesehatan kehamilan selama masa kehamilan.

5. Ubi Jalar
Jenis makanan ini tidak begitu asing buat kita terutama bagi mereka yang berdomisili di pedesaan. Ubi yang merupakan sumber dari vitamin C, folat, juga serat ini hampir mirip dengan kacang-kacangan dari segi kandungannya, Ubi dengan warna pigment oren yang alami jika di konversikan akan menjadi vitamin A dalam tubuh dan sangat baik untuk penglihatan bayi serta mencegah dari kebutaan.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil, semoga bisa membawa manfaat, terima kasih.

loading...