Ketahui Berbagai Tips untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjadi seorang ibu menjadi dambaan setiap wanita. Kehamilan menjadi sebuah keajaiban yang tidak ternilai harganya. Berbagai cara dilakukan agar seorang wanita dapat merasakan menjadi seorang ibu hamil. Setelah hamil, seorang wanita tidak boleh beraktifitas yang dapat membahayakan kesehatan. Jika seorang wanita hamil melakukan berbagai kegiatan yang beresiko terhadap kesehatan, maka kehamilan dapat mengalami keguguran. Kesehatan ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar ibu dan calon buah hati dapat terus sehat. Janin juga akan terus berkembang dengan baik. Kesehatan Ibu Hamil dapat dijaga dengan mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari beberapa macam makanan yang berbahaya serta melakukan senam hamil.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda
Hamil muda atau kehamilan pada trimester pertama merupakan masa kehamilan yang sangat rentan dengan peristiwa keguguran. Pada masa ini, janin dalam kandungan sedang mengalami proses perkembangan yang sangat menakjubkan, mulai dari sel yang selalu mengalami pembelahan hingga terbentuknya organ-organ pada janin. Tentu ini membuat gejolak baru pada diri seorang ibu hamil. Masalah kesehatan ibu hamil muda yang banyak ditemui adalah morning sickness bahkan ada yang selama beberapa bulan mengalaminya. Tentu ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Morning sickness membuat ibu hamil muda merasa mual, pusing, lemas, bahkan nafsu makan yang berkurang drastic. Beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil pada trimester pertama, antara lain:

1. Makan porsi kecil
Ibu hamil muda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dalam jangka waktu yang pendek dengan porsi yang sedikit. Janganlah Anda makan terlalu banyak dalam 1 waktu, karena ini akan membuat Anda semakin merasakan mual. Jika Anda mual dapat memungkinkan makanan yang dikonsumsi dapat dimuntahkan kembali. Oleh karena itu, dianjurkan untuk makan sedikit namun sering dilakukan. Tentu hal ini akan mengurangi rasa mual pada perut Anda. Tips menjaga kesehatan ibu hamil ini dapat dilakukan hingga masuk trimester ke dua atau hingga rasa mual pada perut Anda menghilang.

2. Perbanyak zat besi
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Hal ini bertujuan agar kesehatan ibu hamil tidak mengalami anemia. Seperti yang diketahui bahwa wanita hamil akan rentan terkena anemia. Jika dibiarkan hal ini akan membahayakan kesehatan ibu dan janin. Kesehatan ibu hamil trimester pertama ini memang akan mengalami anemia hebat karena asupan makanan yang berkurang drastic. Beberapa macam makanan yang mengandung zat besi antara lain sayur bayam, ikan, dan susu.

3. Kurangi hubungan badan
Mengurangi hubungan seksual juga penting untuk dilakukan. Cara ini dilakukan pada masa hamil trimester pertama, karena pada masa ini, jika terjadi guncangan yang terlalu keras pada rahim dapat membuat terjadinya keguguran. Resiko besar dapat terjadi keguguran jika frekuensi hubungan seksual yang terlalu sering dilakukan. Hal ini disebabkan karena ketika wanita hamil muda mengalami orgasme, membuat rahim berkontraksi. Jika berlangsung terus menerus maka keguguran dapat menimpa Anda. Menjaga kesehatan ibu hamil ini harus dilakukan hingga trimester kedua.

Makanan atau Minuman yang Dihindari untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Selain harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu hamil juga harus menghindari beberapa macam makanan. Tujuannya untuk menghindari terjadinya gangguan baik pada ibu maupun janin. Daftar makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan ibu Hamil antara lain:

1. Makanan Junk food
Bagi Anda yang menjadi wanita karir, mengkonsumsi makanan junk food menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Makanan junk food memang memiliki rasa yang nikmat. Namun, makanan tersebut harus dihindari ketika dalam masa kehamilan. Zat pengawet dan MSG pada makanan dapat memicu terbentuknya sel kanker.

2. Minuman yang Mengandung Alkohol
Minuman beralkohol harus benar-benar dihindari. Menjaga kesehatan bagi ibu hamil dari minuman beralkohol disebabkan karena minuman beralkohol dapat membuat proses pembelahan sel dapat terganggu. Bahkan jika terlalu sering dikonsumsi dapat terjadi keguguran. Tentu itu menjadi hal buruk yang tidak ingin dialami oleh setiap wanita.

Pentingnya Senam Hamil Memasuki Trimester ke 3
Bagi Anda yang memasuki trimester 3 pada kehamilan, maka ada baiknya Anda melakukan senam hamil. Luangkan waktu Anda untuk melakukan senam hamil. Kesehatan Ibu Hamil akan semakin baik jika rajin melakukan senam hamil. Dengan melakukan senam hamil ini, maka ibu dan janin akan menjadi lebih rileks. Dengan kondisi rileks, akan membuat perkembangan janin semakin baik. Proses persalinan juga akan semakin lancar jika rajin melakukan senam hamil. Kesehatan ibu hamil tua harus tetap terjaga, bahkan harus terus ditingkatkan.

Gerakan senam hamil dimulai dari proses pemanasan dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana, seperti merentangkan kedua tangan sambil duduk dan mengatur pernafasan. Gerakan inti dimulai dengan merentangkan kaki hingga lurus. Rentangkan kedua tangan sambil punggung membungkuk ke depan. Cara ini akan melatih otot punggung dan juga otot paha. Gerakan senam terus ditingkatkan semakin bertambahnya usia kandungan. Kesehatan ibu hamil harus tetap dijaga hingga proses persalinan.

loading...