Ketahui Perkembangan Janin Usia 4 Bulan Dalam Kandungan

Perkembangan janin usia 4 bulan akan terlihat berbeda jika di bandingkan dengan kondiri perut sebelumnya. Dengan melakukan USG kita dapat menyaksikan pergerakan janin pada masa kehamilan anda. Hal ini juga dapat menentukan jenis kelamin buah hati anda sejak mulai awal kehamilan akan mudah terlihat. Anda juga dapat melihat bagian tubuh dari janin yang terlihat lengkap dan terlihat berbentuk bayi dengan jari jemari yang terang nampak. Mudah bukan perkembangan janin di usia 4 bulan berada dalam kandungan ini dapat diketahui secara dini. Jadi anda tidak perlu merasa cemas untuk melihat kondisi janin yang ada dalam kandungan anda sendiri.

Pada masa kehamilan janin ana umumnya memiliki ukuran kurang lebih 13 cm dengan berat badan rata-rata 140 grm. Tulang rawan yang menyusun kepala bayi perlahan-lahan akan mulai mengeras, namun pada tulang belakangnya tertutup oleh satu buah lapisan pelindung yang dinamakan mielin. Sementara untuk bagian tali pusar sebagai jalan makanan yang di peroleh bayi dari ibu, hal tersebut akan semakin menguat dan tumbuh hingga memasuki proses kelahiran.

Usia kehamilan di trimester ke-2 awal (kehamilan 4 bulan) akan memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat. Anda di haruskan lebih berhati-hati untuk menjaga bayi di dalam kandungan. Sebab di usia kehamilan 4 bln, usia bayi masih terbilang rentang dan dapat menimbulkan risiko-risiko bahaya jika sang ibu tidak benar-benar menjaga sang buah hati, hal ini wajib untuk diperhatikan. Salah satu cara tepat untuk menjaga kondisi bayi tetap sehat adalah menjaga keseimbangan gizi dan pola makan sehat. Sangat di sarankan agar ibu hamil tidak kekurangan darah yang dapat menyebabkan janin kekurangan darah atau kekurangan kalsium sebab umur janin 4 bulan merupakan saat-saat penting di mana tulang-tulang bayi terbentuk dan mulai menguat.

Pada usia kehamilan 19 minggu janin telah sanggup menelan air ketuban dan ginjalnya telah berfungsi untuk mengeluarkan air seni. Selanjutnya rambut-rambut halus mulai tumbuh di kepala dan syaraf-syaraf penerima indera telah tercipta di dalam otak. Wajahnya mulai menyerupai manusia terutama alis dan juga bulu matanya telah nampak. Jika anda ingin melihat kondisi janin dalam kandungan anda, segera lakukan USG untuk mengetahui hal tersebut. Namun jika anda ingin memeriksanya di akhir kelahirannya tidak jadi masalah, yang penting selama masa kehamilan sang ibu tidak memiliki gejala-gejala yang serius.

Itulah perkembangan janin usia 4 bulan yang harus anda ketahui, agar sang ibu bisa lebih mengerti apa yang tengah dialami bayinya di dalam rahim. Sekian informasi yang dapat kami berikan kali ini, semoga info dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda memiliki kendala atau gejala-gejala pada masa kehamilan, segera konsultasikan pada dokter atau bidan agar mendapatkan penanganan tepat.

loading...