Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Apa manfaat tanaman kemangi lalu apa saja kandungan daun kemangi ? Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang mempunyai kondisi tanah yang subur dengan segala jenis tanaman yang beraneka macam yang bisa bermanfaat sebagai obat.

Salah satu diantranya adalah tanaman yang bisa tumbuh subur di negeri kita adalah daun kemangi. Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah daun kemangi ini bisa dijadikan salah satu pelengkap dalam beberapa sajian menu masakan tradisional dengan bau khas yang bisa menambah aroma sedap sebuah makanan,salah satu jenis makanan yang terbiasa menggunakan daun kemangi adalah nasi pecel, urap-urap, tempe penyet dan sejenisnya.

Perlu kita ketahui juga bahwa daun kemangi juga merupakan salah satu obat herbal yang dapat berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Nah berikut di bawah ini merupakan beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan atau khasiat daun kemangi untuk kesehatan:

1. Pemulihan Kesehatan
Tanaman kemangi mempunyai manfaat kesehatan, bagian dari tanaman yang sering digunakan yaitu pada bagian daunnya. Sedangkan daun kemangi memiliki lhasiat untuk mempertajam memori selain itu sangat baik untuk memelihara kesehatan perut.

2. Demam dan Meriang
Daun kemangi ini bermanfaat juga untuk meredakan demam. Daun kemangi juga bisa membantu untuk mencegah demam berdarah serta malaria. Pada kasus demam yang tinggi, dapat menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapu laga yang direbus bersama setengah liter air, dapat juga mencampurkannya dengan gula atau pun susu.

3. Batuk
Daun kemangi jugabertindak dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Kegunaan daun kemangi untukmembantu dalam memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Bukan hanya itu daun kemangi mampu dikunyah untukmenekan flu.

4. Sakit Tenggorokan
Untuk menyembuhkan sakit tenggorokan anda bisa merebus daun kemangi atau mungkin membuatnya obat kumur yang dipakai 2 x sehari.

5. Masalah Pernapasan
Anda bisa merebus daun kemangi dengan racikan madu dan jahe yangberfungsiuntuk influenza, asma dan bronkitis. Apabila anda tidaksuka pada rasa jahe anda bisamembuat resep dengan memakai daun kemangi digabung dengan cengkeh dan sedikit garam yang amat bermanfaat terlebi huntuk influenza.

6. Batu Ginjal
Kegunaan lainnyayang dihasilkan dari daun kemangi yaitumembantu dalam dalam meringankanmasalah ginjal. Anda bisamembuatjuice daun kemangi dengan racikan madu, anda dapat meminum dengan cara teratur selama lebih kurang 6 bulanuntukmenekanmasalah batu ginjal secara alami.

7. Penyakit Jantung
Daun Kemangi memilikifungsiyangmenguntungkanuntuk kesehatan jantung. Dalam beberapamasalah daun kemangi bisameringankan penyakit jantung danmenekan tingkat kolesterol darah.

8. Stres
Daun kemangi mempunyai ‘adaptogen’ atau mungkin agen anti-stres. Riset membuktikan bahwasanya daun kemangi dapat memberikan perlindungan yang berarti pada stres. Bahkan anda yang ingin menghambat terjadinya stres dalam beberapa pekerjaan yang tengah dihadapi bisa mengonsumsi 12 daun kemangi, dengan metode mengonsumsi2 xsatu har untuk menghambat terjadinya stres.

9. Infeksi Mulut
Daun kemangi dapat membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda bisa mengunyah lebih dari satu lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

10. Masalah kulit
Sebagianmasalah kulit seperti kurap kerapkali menggangu anda, bukan hanya menggangu kepercayaan diri jugabisamembuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di juice bisa membantu dalam meringankan kurap serta penyakit kulit yang lain. Hal semacam ini juga sudah sukses dicoba oleh sebagian naturopaths dalam penyembuhan leucoderma.

11. Meringankan Sakit Kepala
Daun kemangi dapat meringankan kondisi sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat memudahkan gangguan ini, anda bisa menumbuk dengan daun cendana dan dapat dikompreskan dibagian dahi atau mungkin area kepala yang sakit.

12. Masalah Mata
Daun kemangi mampujadikan obat yang efisien untuk sakit mata meskipunbiasanyamasalah mata ini dikarenakan oleh kekurangan vitamin A.

loading...