Macam Macam Jenis Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis merupakan suatu jenis penyakit yang diakibatkan oleh beberapa tipe virus yang menyerang dan mengakibatkan peradangan dan mengakibatkan kerusakan pada beberapa sel organ hati manusia. Hepatitis di ketegorikan dalam beberapa kelompok, antara lain hepetitis A, B, C, D, E Di Indonesia pasien penyakit Hepatitis biasanya condong semakin banyak mengalami kelompok hepatitis B dan hepatitis C.

Hepatitis merupakan jenis penyakit yang dapat meneror jiwa ke dua setelah kanker. Dan sekurang-kurangnya 1 diantara 12 orang mempunyai potensi terkena hepatitis B dan Hepatitis C.

Seperti yang dilaporkan dan ditulis oleh India times, hepatitis ini cukup mengakibatkan keresahan dan sempat membuat beberapa orang meregang nyawa karenanya. Satu diantaranya afalah Hepatitis C, yang bahkan 100 kali lebih mematikan dari pada HIV.
Pemicu Hepatitis ini sangat beragam, berlainan pada setiap kasusnya. Gejalanya sedikitnya mencakup :

– Rasa mual yang berlebihan
– Sakit pada otot
– Demam
– Sakit kepala yang berlarut-larut
– Mata dan kulit menguning

Hepatitis ini faktanya tidak saja ada satu jenis saja. Sampai saat ini didunia digolongkan ada 5 type penyakit Hepatitis yang pemicunya tidak sama pula.

Macam Macam Jenis Penyakit Hepatitis :

1. Hepatitis A
Hepatitis A dikarenakan oleh virus Hepatitis A. Kebanyakan menginfeksi melalui makanan atau mungkin air. Mereka yang diserang hepatitis A dapat terasa sakit dan mengalami seluruhnya tanda-tanda hepatitis. Belum ada obat yang khusus untuk menyembuhkannya selain obat pereda nyeri. Akan tetapi, saat ini telah ditemukan vaksin yang mampu menghambat terjadinya penyakit ini.

2. Hepatitis B
Dipicu oleh virus hepatitis B. Penularannya melalui transfusi darah atau mungkin transmisi cairan tubuh lain seperti semen atau cairan yang keluar dari miss V. Virus ini pula menular ketika melakukan jalinan sex tanpa pengaman, pemakaian jarum suntik bersamaan dengan orang lain, melalui pisau cukur, sikat gigi atau mungkin pertukaran materi tubuh yang lain. Telah ada vaksin yang mampu menghambat terjadinya penyakit ini, dan biasanya diberikan pada mereka yang aktif memakai narkoba jenis suntik.

3. Hepatitis C
Diakibatkan oleh virus hepatitis C. Infeksi bisa berlangsung lantaran terjadinya pertukaran air liur, cairan miss V, semen dan transfusi darah. Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengobati dan vaksin pencegahnya pula belum ditemukan juga.

4. Hepatitis D
Dikarenakan oleh virus hepatitis D, dan kebanyakan nampak pada mereka yang menanggung derita hepatitis B. Ditengarai faktanya virus hepatitis B ini mampu bermutasi dan berkembang sebagai virus hepatitis D.

5. Hepatitis E
Diakibatkan oleh virus hepatitis E dan kebanyakan menginfeksi tidak terlampau lama dan condong lemah. Menyebar melalui kerancuan makanan dan air.

Amatlah penting untuk melakukan vaksinasi hepatitis A dan B untuk menghambat terjadinya serangan penyakit tersebut. Bukan hanya itu saja, sebaiknya jauhi bertukar-ganti pasangan serta waspadai juga ketika harus melakukan transfusi darah. Hidup lebih sehat dengan menentukan jenis pilihan makanan yang higienis, dan jauhkan diri dari ancaman penyakit hepatitis ini.

loading...