Macam-Macam Obat Herbal Diabetes Yang Ada di Sekitar Kita

Obat herbal diabetes dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita misalnya seperti daun sirsak dan kulit manggis. Penyakit diabetes atau umum disebut dengan kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam tubuh. Adapula yang menyebutkan bahwa diabetes atau kencing manis ini terjadi karena adanya kelainan metabolisme yang disebabkan gangguan hormonal. Untuk mengobatinya biasanya orang banyak menggunakan obat-obatan medis. Padahal jika kita mau mencari tahu, ternyata di sekitar kita juga banyak obat herbal diabetes. Obat herbal ini selain dapat ditemukan di lingkungan sekitar juga mudah diramu sehingga memungkinkan untuk siapa saja meramu obat untuk si penderita sendiri.

Sebelum kita mencari tahu obat herbal diabetes di sekitar kita, tahukah Anda bahwa penyakit diabetes mellitus ini bisa disebabkan karena pola hidup kita yang kurang sehat. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus ini menyerang kita, diantaranya adalah konsumsi teh manis yang berlebih. Kenapa konsumsi teh manis yang berlebih dapat memicu penyakit diabetes? Sederhana sekali, dalam segelas teh manis biasanya kurang lebih mengandung 300 kalori tergantung dari kepekatan teh, sedangkan itu belum ditambah kalori dari makanan dan minuman lain. Jadi konsumsi teh manis berlebih akan memicu kadar gula darah melonjak tinggi.

Mengkonsumsi obat herbal diabetes jangan didampingi dengan konsumsi teh manis berlebih dan juga gorengan karena dapat menjadi faktor pemicu penyakit diabetes mellitus. Pada umumnya jika kita melihat seseorang makan gorengan, dapat dipastikan dia tidak hanya mengonsumsi satu gorengan saja bisa dua atau bahkan lebih. Rasa gorengan yang gurih dan bentuknya yang kecil membuat orang banyak yang mencarinya. Selain itu juga gorengan banyak dicari karena terdapat banyak macam gorengan dengan rasa, bentuk dan bahan yang berbeda-beda. Kadang dari hal-hal diatas itu orang cenderung mengabaikan bahaya dibalik sering dan banyaknya mengonsumsi gorengan yang ternyata banyak mengandung lemak. Ada baiknya kita dapat mengganti konsumsi gorengan ini dengan pie buah segar.

Selain itu, konsumsi obat herbal diabetes melitus akan mengurangi khasiatnya ketika kita tetap membiasakan diri dengan konsumsi cemilan berlebih juga dapat memicu penyakit diabetes mellitus. Kadang orang tidak tahu kalau cemilan yang mereka konsumsi berlebihan seperti keripik kentang, kue-kuean dan biskuit banyak mengandung gula. Gula dalam cemilan inilah yang dapat memicu peningkatan kadar gula dalam tubuh. Selain itu juga serat dalam cemilan belum tentu dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Padahal ngemil merupakan hal yang bisa dikatakan sebagai sahabat disaat kita ingin bersantai atau menonton acara-acara kesukaan. Namun karena bahaya yang dapat terjadi, maka ada baiknya mulai sekarang kita kurangi ngemil dan menggantinya dengan buah-buahan segar.

Masih ada beberapa hal yang dapat memicu diabetes dan mengurangi optimalnya konsumsi atas obat herbal diabetes yang diantaranya adalah kurang tidur. Hal itu disebabkan disaat kita kurang tidur maka akan mengganggu metabolisme tubuh dan akan mengganggu kegiatan kita karena pemrosesan glukosa dalam tubuh terganggu. Kemudian hal lainnya seperti malas beraktivitas fisik, sering stres, kecanduan rokok, suka mengonsumsi pil kontrasepsi, minum-minuman bersoda berlebihan. Kegiatan-kegiatan seperti itulah yang dapat memicu diabetes yang sering luput dari pengetahuan kita.

Sekarang kita bahas obat herbal diabetes yang ada di sekitar kita. yang pertama adalah daun sirsak. Ternyata tidak hanya buahnya yang bermanfaat karena mengandung vitamin dan serat tinggi tetapi daunnya pun juga memiliki kasiat yang tidak kalah penting. Kasiat daun sirsak yang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam keadaan normal. Selain itu juga ekstrak dari daun sirsak ini mampu meningkatkan sel beta yang dapat menghasilkan insulin. Adapun fungsi lain dari daun sirsak ini adalah untuk mengurangi stres yang juga dapat menjadi penyebab penyakit diabetes mellitus. Dan masih banyak lagi fungsi penting daun sirsak ini antara lain melancarkan pencernaan, merelaksasi otot, menambah nafsu makan dll.

Obat herbal diabetes kedua yang dapat kita temui di sekitar kita adalah kulit manggis. Zat xanthone yang terkandung dalam kulit manggis mampu digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kronis yang diantaranya adalah penyakit diabetes mellitus. Selain kulit manggis yang dapat diambil ekstraknya, mengonsumsi buah manggis sendiri juga dapat membantu penormalan tekanan darah, mengurangi kadar gula yang berlebih dalam tubuh dan masih banyak lagi. Jadi mengkonsumsi buah manggis dan juga ekstrak kulitnya baik bagi tubuh.

Itulah tadi beberapa obat herbal diabetes yang banyak dan mudah kita temui di sekitar kita. Baik daun sirsak dan manggis yang dulunya tidak dimanfaatkan dan hanya terbuang begitu saja ternyata mengandung banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa penyakit yang tergolong kronik seperti penyakit diabetes mellitus pun mampu di cegah dan di obati dengan kasiat yang terdapat dalam kandungan daun sirsak dan daun manggis ini. Jadi tidak ada baiknya mencoba obat herbal ini sebagai pengobatan alternatif yang dapat digunakan.

loading...