Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Boleh Di Konsumsi

Sangat jelas bahwa ibu hamil wajib memperhatikan kesehatan serta nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Ini untuk keamanan tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri. Termasuk juga untuk ibu hamil 4 bulan yang mengalami masa kehamlian tersebut mulai terbentuk sempurna, seperti dengan adanya aktivitas janin yang mulai terasa, atau anggota tubuh janin yang makin lengkap hingga jari jemarinya.

Ibu hamil harus berusaha menjaga kesehatan keduanya dan terkadang harus memilih-milih makanan, akan tidak baik jika ibu hamil konsumsi makanan instan yang minim nutrisi dan mempunyai efek samping yang tidak baik untuk janin. Sebaiknya pilihlah makanan sehat ibu hamil yang di anjurkan untuk di konsumsi.

Berikut ini merupakan kandungan makanan yang baik untuk di konsumsi ibu hamil :

1. Protein

Protein merupakan kandungan makanan yang wajib dan dibutuhkan untuk tubuh, baik ibu ataupun janin yang dalam tahap penyempurnaan di usia kehamilan 4 bulan. Protein, nabati dan juga protein hewani keduanya adalah protein yang baik untu kesehatan dan perkembangan ibu ataupun janin dalam kandungan. Sebaiknya anda konsumsi susu, telur, buah-buahan ataupun sayuran sebagai tambahan protein yang baik untuk janin dalam kandungan.

2. Kalsium

Kalsium memang dibutuhkan bahkan di mulai dari awal kehamilan sang ibu. Seperti yang sudah diketahui bahwa pentingnya nutrisi untuk meningkatkan tahanan tubuh ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil wajib untuk memberikan asupan nutrisi pada janinnya. Kaliusm memliki peran penitng dalam pembentukan tulang rawan janin dan untuk tumbuh kembang sang bayi. Sebaiknya untuk anda Ibu hamil usia 4 bulan wajib konsumsi susu berkalsium tinggi, sayuran berdaun hijau, dan keju untuk meningkatkan asupan kalsium pada tubuh.

3. Zat besi

Anemia menjadi kendala yang cukup banyak terjadi pada ibu hamil termasuk di usia kehamilan 4 bulan. Kebutuhan darah yang berkwalitas sangat di perlukan oleh ibu hamil, oleh karena itu perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi bermanfaat dalam pembentukan darah dan sangat diperlukan juga darah yang bermutu baik untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh. Zat besi akan ditemukan pada kurma, pisang, labu dan juga sayuran berdaun hjau.

4. Serat

Serat sangat baik bagi pencernaan dan membantu meringankan keluhan ibu hamil, terutama pada masalah pencernaaan contohnya untuk mengurangi rasa sembelit, karena dapat melancarkan kotoran dan mudah untuk dikeluarkan. Banyak makanan yang mengandung serat untuk dimakan, terutama buah-buahan seperti kacang-kacangan, jeruk, dan brokoli.

Sekian info tentang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Boleh Di Konsumsi persembahan Ikiopo.com, sebaiknya cukupilah gizi makanan anda agar janin yang ada dalam kandungan anda tercukupi kebutuhannya. Memiliki bayi yang sehat serta menjalani proses persalinan lancar menjadi harapan semua orang.

loading...