Makanan Yang Baik Untuk Wanita Hamil, Sebaiknya Seperti Ini

Apa saja jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda, 4 – 6 bulan dan trimester pertama itu ? Jika sebelumnya telah Ikiopo.com hadirkan masalah yang berkaitan dengan ibu hamil yaitu berupa pantangan makanan untuk ibu hamil muda, maka pada pertemuan kita saat ini marilah kita simak beberapa jenis makanan yang harus dikunsumsi wanita ketika dalam kondisi hamil.

Periode di masa kehamilan merupakan masa paling penting dimana seorang ibu atau wanita calon ibu dapat memberikan gizi yang terbaik bagi janinnya.

Maka dari itu, sudah selayaknya bagi seorang wanita yang sedang hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mana ini semua dilakukan demi kesehatan, kecerdasan calon bayi sedari dari awal masa kehamilan sampai menjelang proses melahirkan, tentu juga tidak terlepas menyangkut kesehatan bagi ibu sendiri selaku orang tua yang bijaksana.

Sedangkang banyak dari kita juga wanita yang sedang hamil pun belum mengetahui secara persis jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi tersebut, meski mudah dalam memperolehnya juga tidaklah mahal oleh sebab terbatasnya pengetahuan kita jadi bisa malah sebaliknya mengkonsumsi makanan mahal yang kita anggap baik dan bergizi akan tetapi malah bisa membayakan baik bagi si Janis juga mengancam kesehatan bagi ibu hamil sendiri.

Begitu pula makanan yang baik untuk ibu hamil menurut islam haruslah dipilih yang betul-betul halal, sehingga bisa menciptakan generasi yang jujur dan berkualitas terhadap agama dan bangsanya.

A. Jenis Daging, Telur dan Ikan
Beberapa dari jenis daging, ikan serta telur juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

1. Daging tanpa Lemak
Daging merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi, untuk itu carilah daging tanpa lemak atau lemak yang sudah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, memamng sangat susah dalam mendaptkan daging yang bebas dari lemak.

Makan dari itu janganlah makan hot dog, terkecuali apabila sebelumnya dagingnya dipanaskan dengan uap air yang panas. Ada sedikit risiko kecil dalam makanan seperti ini sebab bisa menjadi perantara bakteri serta parasit dari daging seperti halnya toxoplasma Listeria monocytogenes dan salmonella terhadap bayi Anda.

2. Makan Telur
Menurut Elizabeth Ward, yang merupakan seorang ahli gizi, mengatakan bahwa telur merupakan hal yang menakjubkan, dimana Anda akan mendapatkan banyak manfaat dalam 1 telur ketika mengkosumsinya.

Selain sekitar 90 kalori ebih yang Anda peroleh dari makan telur, difalamnya juga terdapat 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein kualitas, yang sangat penting dimasa kehamilan.

Keberadaan telur juga kaya akan kolin, secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak, begitu pun dapat untuk membantu mencegah cacat pada tabung saraf. Beberapa dari telur bahkan mengandung lemak omega-3, yang mana sangat penting dan diperlukan bagi otak dan pengembangan penglihatan bagi bayi.

3. Ikan Salmon
Bukan karena ikan salmon dipenuhi oleh protein kualitas tinggi, namun salmon juga merupakan bagian dari sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon bagus bagi ibu hamil, ikan ini memiliki jumlah merkury lebih rendah.

Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah apabila kandungan jumlah merkury yang terdapat pada ikan yang dikunsumsi terlalu tinggi, sehingga akan dapat membahayakan dalam proses pengembangan system saraf bayi. Pelu diingat juga, jangan makan terlalu banyak, sebaiknya dengan batas 12 ons per minggu saja karena untuk menghindari adanya bahaya merkuri pada salmon tersebut.

B. Jenis Kacang-Kacangan, Serta Buah dan Sayur
Ada beberapa jenis kacang-kacangan, lalu buah dan sayuran hijau serta umbi-umbian yang bagus dikonsumsi bagi wanita hamil, antara lain adalah :

1. Kacang
Begitu banyak pilihan serta manfaat kacang bagi wanita hamil yang memang sudah tidak diragukan lagi. Dari kesekian dari jenis kacang, diantaranya buncis mengandung serat dan protein terbanyak dari semua jenis sayuran yang ada.

Protein sangat penting selama masa kehamilan, namun juga Anda mungkin belum menyadari mengapa serat bisa menjadi teman terbaik selama menunggu sembilan bulan.

Pada masa kehamilan, saluran pencernaan melambat, yang akan menempatkan Anda pada risiko sembelit serta wasir. Nah dengan serat ini dapat membantu mencegah juga meringankan pada permasalahan ini.

Selain itu juga makanan yang mengandung serat cenderung menjadi kaya akan gizi. Karena biji merupakan sumber yang baik dari besi, kalsium, folat dan seng.

2. Ubi Jalar
Keberadaan ubi jalar berwarna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang bisa dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, folat, serta serat, seperti halnya kacang, ubi juga murah dan bisa bermanfaat serbaguna.

3. Walnut
Ketika Anda tidak suka terhadap ikan atau telur, akan tapi masih ingin mendapatkan omega-3, untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Coba mengkonsumsi walnut. Walnut merupakan salah satu sumber nabati omega-3 terkaya yang baik bagi ibu hamil.

4. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.
Manfaat sayuran bagi wanita yang sedang hamil sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih untuk sayuran yang mempunyai warna hijau tua. Misalnya bayam, atau juga sayuran berdaun hijau lainnya yang sarat dengan kandungan vitamin juga nutrisi, termasuk diantaranya vitamin A, C, dan K, folat juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata.

5. Buah-buahan dan Sayuran Beraneka Warna
Warna sayur dan buah seperti warna hijau, merah, kuning, oranye, putih, ungu akan membantu Anda dalam mendapatkan berbagai nutrisi. Perlu juga diketahui setiap kelompok warna yang berbeda akan memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi ibu hamil serta janin yang dikandungnya.

6. Biji-Bijian
Popcorn merupakan gandum. Mengkonsumsi gandum penting dalam kehamilan sebab mengapa gandum memiliki tinggi serat dan nutrisi, termasuk juga vitamin E, selenium, dan fitonutrien merupakan jenis tanaman senyawa yang melindungi sel-sel. Bukan hanya popcorn saja ada banyak biji-bijian lain yang bermanfaat sama baik juga untuk ibu hamil.

C. Jenis Makanan Olahan
Jenis dari makanan olahan yang terbuat dari susu seperti halnya yoghurt bagus dikonsumsi oleh wanita hamil, mengapa demikian ?

Yoghurt Yunani memiliki kandungan protein 2 kali protein dari yogurt biasa, hal tersebut bisa menjadikannya diantara makanan favorit selama masa kehamilan.

Dari segala jenis yoghurt adalah sumber kalsium, yang baik untuk diet dimasa kehamilan. Ketika Anda tidak mendapatkan kalsium yang mencukupi, maka jumlah kalsium pada bayi Anda juga akan terbatas. Nah itulah beberapa jenis makanan terbaik bagi ibu yang sedang hamil.

loading...