Manfaat Tawas yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat tawas atau kaporit biasanya lebih sring digunakan untuk kulit, wajah, menghilangkan bulu ketiak, penjernihan air dan masih banyak lagi, sudah tentu akan lebih lengkap silahkan simak tulisan dibawah ini. Barangkali sudah banyak yang mendengar tawas namun dari segi kegunaan juga manfaat sebagian dari kita belum ada yang tahu secara keseluruhan menyangkut apa fungsi yang kerap digunakan terkait dengan tawas ini sebagai bahan-bahan untuk kebutuhan manusia.

Keberadaan tawas kalium yang lebih familiar seringkali disebut sebagai tawas didapat dari alumina yang direaksikan dengan kalium sulfat. Akan tetapi, tawas pula bisa ditemukan dalam mineral alami alunite dan kalinite. Tawas mempunyai banyak manfaat.

Dibawah merupakan ini beberapa fungsi yang terkait dalam masalah atau ragam pemakaian tawas baik untuk obat hingga pemadam kebakaran.

1. Aftershave (cream cukur)
Tawas dipakai dalam aftershave sebab sifatnya sebagai astringent. Tawas dapat di oleskan pada raut muka yang baru dicukur untuk mencegah dan menekan perdarahan yang diakibatkan oleh luka kecil.

2. Deodoran

Tawas juga di kenal sebagai kristal deodoran dan dipakai secara luas sebagai pemecahan untuk problem keringat berlebihan.
Tawas bermanfaat juga untuk menekan perkembangan bakteri di ketiak.

3. Wasir
Bubuk tawas dapat dipakai sebagai obat wasir dan berperan menghambat terjadinya perdarahan.

4. Sariawan
Bubuk tawas juga dipakai sebagai obat sariawan. Aplikasikan sejumput tawas ke daerah yang terkena sariawan.

5. Baking powder

Tawas dipakai sebagai ramuan dalam baking powder untuk memberikan rasa logam samar.

6. Bahan pengawet
Tawas dapat dipakai menjadi bahan pengawet dan aditif makanan. Akan tetapi perlu waspada dengan jumlah tawas yang dipakai, sebab lebih dari satu ons tawas dapat mengakibatkan keracunan.

7. Fotografi
Tawas umum dipakai oleh fotografer yang memakai tehnik tradisional untuk mencetak film. Tawas bermanfaat mengeraskan film gelatin.

8. Bahan anti api
Larutan yang mengandung tawas dipakai pada beragam benda seperti kayu, kain, dan kertas untuk menambah ketahanannya terhadap api.

9. Pemadam kebakaran

Tawas ternyata bisa digunakan untuk komponen dari foamite yang dipakai dalam alat pemadam kebakaran.

10. Pemutih kulit

Tawas juga dipakai sebagai satu diantara bahan pembuat pemutih kulit.

11. Pemrosesan air
Tawas pada umumnya dipakai dalam proses pengolahan air. Tawas menangkap partikel halus dalam air dan membuat endapan aluminium hidroksida yang mengendap di dasar sehingga lebih gampang untuk dibersihkan.

12. Lilin (tanah liat) mainan
Tawas adalah satu diantara bahan yang dipakai dalam lilin (tanah liat) mainan yang dipakai untuk membuat beragam style.

13. Pasta gigi
Tawas merupakan satu diantara bahan yang dipergunakan untuk membuat pasta gigi.

14. Cream rambut

Tawas dipakai sebagai satu diantara bahan pembuat cream rambut sehingga tatanan rambut akan menjadi awet selama seharian.

15. Penghilang rambut
Tawas mampu juga dipakai untuk menghilangkan rambut tubuh (bulu) yang tidak juga di inginkan seperti pada kaki atau mungkin pada bagian ketiak.

16. Pembuat kristal buatan
Tawas dipakai untuk menumbuhkan kristal. Anda bisa menumbuhkan kristal memakai bubuk tawas. Tuang 1/2 cangkir air panas dalam botol yang bersih dan tambahkan tawas selanjutnya aduk. Biarkan larutan selama lebih kurang semalam. Pada pagi hari, tuang larutan ke botol bersih lain. Anda dapat lihat kristal tawas terbentuk di bagian bawah tabung.

17. Menghambat terjadinya siput
Tawas bisa dipakai untuk membunuh dan menghambat terjadinya siput. Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk tawas pada 5 liter air dan siramkan pada tanah yang diinvasi siput. Larutan tawas dapat membantu dalam membunuh siput dan telurnya didalam tanah. Nah itulah beberapa hal yang terkait dengan pemanfaatan tawas, semoga bermanfaat.

loading...