Mau Tahu 6 Tanda-Tanda Ibu Hamil Paling Umum

Mengetahui tanda-tanda ibu hamil tidaklah mudah, tetapi ada banyak faktor yang dapat dipahami apabila tanda-tanda ibu hamil memang benar adanya, tanda-tanda ibu hamil dapat dirasakan oleh diri kita sendiri, adanya perubahan-perubahan yang berjalan didalam tubuh ibu hamil seperti faktor yang alamiah terjadi.

Perubahan tersebut dapat dirasakan dan juga diamati, karena proses perubahan tersebut berlangsung didalam tubuh sang ibu. Namun tekadang tingkat sensivitas dan kepekaan satu orang berbeda, terkadang tanda-tanda Ibu hamil tidak dirasakan.

Hal ini bisa menjadi masalah serius apabila sang ibu tidak mengetahui kehamilannya, jikasudah memasuki umur kehamilan muda. Padahal kehamilan muda sangat rentang dalam segala kondisi dan termasuk keguguran.

Biasanya, ibu hami dapat mengenali tanda-tanda kehamilannya, jika telah memasuki beberapa minggu kedepan, namun banyak juga yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah hamil padahal usia kehamilannya sudah memasuki beberapa minggu.

Hal tersebut bisa terjadi karena tanda-tanda ibu hamil tidak dirasakan dengan cara yang benar. Perubahan yang berlangsung kadang tidak ditanggapi secar serius, tanda-tanda ibu hamil ini rata-rata umumnya mengalami masalah kesehatan seperti mual, muntah, kelelahan, dan tidak nafsu makan, namun terkadang juga tidak seperti itu terjadi.

Ada juga yang menjadi sebaliknya tanda-tanda itu tersebut bisa juga proses penyakit. Sebaiknya ibu harus mengenali tanda-tanda ibu hamil sedini mungkin, agar mengerti mana tanda-tanda kehamilan dan bukan.

Mual Muntah

Mungkin saja indikasi awal yang dapat dikenali sehari-hari terjadinya muntah. Jika anda tiba-tiba merasakan mual mungkin itu pertanda bahwa anda akan segera hamil, tetapi tidak menutup kemungkinan itu terjadi karena bisa juga merupakan proses penyakit lain. Hal terpenting adalah jangan pernah membiarkan perut anda kosong setiap hari, sebaiknya konsumsi madu atau lemon dapat mengurangi rasa mual yang terjadi.

Kelelahan

Rata Rata, tanda ibu hamil dapat dikenali dengan tiba-tiba terjadi lelah yeng merupakan gejala umum dari awal kehamilan. Sebaiknya apabila anda mengalami kelelahan, posisikan tubuh anda untuk tetap rileks, banyak beristirahat dan yang paling penting anda tidak khawatir. Hindari keadaan stress karena keadaan tersebut, dapat mempengaruhi tubuh dan dapat membuat anda semakin kelelahan. Jagalah pola makan, kurangi juga makanan pedas, asam dan juga kafein. Karena apabila ibu hamil konsumsi makanan seperti itu akan berpengaruh terhadap perkembangan janin di usia muda.

Sensitif pada bau-bauan

Bau-bauan atau aroma menyengat dan tidak sedap dapat membuat anda merasa mual, saat memasuki awal kehamilan. Hal ini terjadi karena, adanya pengaruh perubahan kadar hormon di dalam darah. Sebaiknya hindari bau-bauan yang dapat membuat anda mual. Pilihlah aroma segar yang membuat anda semakin rileks terutama untuk tubuh anda.

Tidak nafsu makan

Adanya mual dan juga muntah sangat berpengaruh sekali pada ibu hamil, yang menjadi satu penyebab anda tiba-tiba tidak nafsu makan. Hal ini berlangsung karena kadar hormon HCG dalam darah tiba-tiba meningkat. Faktor ini harus anda kenali, karena dengan meningkatkan hormon HCG mungkin itu adalah pertanda anda sedang hamil. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi agar janin dalam kandungan tetap terjaga. Jangan sampai anda konsumsi makanan yang tidak biasa dimakan, karena dapat membuat anda merasa mual ataupun muntah. Perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan yang ke luar saat anda muntah-muntah.

Perubahan Fisik

Hal ini merupakan salah satu proses alamiah yang umum dialami seluruh ibu hamil. Perubahan tersebut berlangsung bukan cuma dengan cara melihat fisik, tetapi metabolisme dalam tubuh ikut berubah. Rata-rata, perubahan tersebut terjadi pada warna di daerah vagina dan pada bagian mulut rahim.

Payudara terasa lebih lembut dan membengkak

Payudara yang membengkak merupakan faktor yang wajar dan menjadi tanda umum ibu hamil, kebanyakan yang di alami oleh ibu hamil adalah disertai dengan rasa nyeri pada payudara. Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh proses laktasi (pembentukan ASI). Kondisi seperti itu, dapat anda hindari dengan cara memakai bra yang sesuai dan nyaman. Sangat disarankan agar anda tidak memakai bra berkawat dan ketat, karena dapat membuat payudara semakin tertekan dan akan lebih terasa nyeri.

Itulah tanda-tanda ibu hamil paling umum terjadi,namun tidak menutup kemungkinan tanda-tanda di atas bukan menjadi tanda kehamilan tetapi tanda penyakit. Karena gejala ini dapat muncul dan hampir serupa dengan sindrom pramenstruasi (PMS), selain itu telat datang bulan juga dapat menjadi tanda-tanda yang umum terjadi untuk mengetahui kehamilan. Apabila hal itu terjadi pada anda sebaiknya langsung berkonsultasi pada dokter atau tenaga medis (bidan) untuk mengetahui keadaan yang anda alami.

loading...