Obat Herbal Kolesterol& Faktor Penyebab Kolesterol

Obat herbal kolesterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi terbuat dari aneka tanaman herbal yang mudah dicari, seperti seledri dan bawang merah. Kolesterol adalah sebuah komponen dari lemak yang biasanya berada dalam pembuluh darah. Kolesterol sendiri jika terdapat dalam jumlah yang cukup bisa digunakan sebagai energi dalam tubuh. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah maka bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit yang berbahaya. Kadar kolesterol tinggi sebenarnya dikarenakan faktor pola makan yang tidak sehat. Kolesterol atau lemak sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh, justru diperlukan tubuh sebagai sumber energi, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak maka akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai macam jenis obat tradisional kolesterol yang ada di pasaran.

Sebelum kita membahas tentang obat herbal kolesterol, ada beberapa informasi untuk Anda semua mengenai kolesterol itu sendiri. Kolesterol sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu jenis kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Kolesterol LDL inilah yang sangat merugikan tubuh apabila memiliki kadar yang berlebihan. Sementara sejenis kolesterol atau lemak HDL merupakan lemak baik yang bisa melarutkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Adapun standar batasan normal kadar kolesterol dalam darah seharusnya berkisar antara 160-200 mg. Umumnya kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan kadar kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh yang kurus. Namun, bukan berarti kolesterol tinggi tidak dialami oleh orang yang bertubuh kurus.

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebelum beralih ke pembahasan obat herbal kolesterol, ada beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui agar Anda bisa melakukan pencegahan secara dini. Ini dia hal yang menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh adalah sebagai berikut:

1. Berat badan
Faktor berat badan merupakan salah satu faktor terpenting yang menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah. Berat badan berlebih bisa menyebabkan menurunnya tingkat HDL atau lemak baik dan tingginya kadar trigliserida dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga memicu penyakit kronis lainnya pada tubuh.

2. Pola makan
Beberapa dari jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah adalah makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, seperti minyak goreng, keju, mentega, daging sapi, telur, susu, selai, cookies dan lain sebagainya.

3. Kurang beraktivitas
Faktor tingginya kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa disebabkan karena seseorang kurang beraktivitas. Orang yang hanya berdiam diri saja di rumah bisa menurunkan tingkat HDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Dengan begitu, harus diobati dengan obat herbal kolesterol.

4. Faktor genetik
Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Jika orang tua Anda memiliki riwayat penyakit kolesterol, maka bisa jadi Anda atau anaknya yang lain memiliki penyakit yang sama.

5. Merokok
Merokok memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Selain merusak organ paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

6. Usia dan jenis kelamin
Semakin bertambahnya usia biasanya kadar kolesterol dalam darah pun kian meningkat. Biasanya kadar kolesterol kembali stabil saat usia 50 tahun. Selain itu, umumnya kolesterol tinggi dialami oleh lelaki yang berusia di atas 20 tahun. Sementara itu, wanita biasanya tetap memiliki kadar kolesterol yang rendah hingga menopause.

Obat Tradisional Penurun Kolesterol

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab tingginya kolesterol, kini kita akan membahas penanganan jika kadar kolesterol meningkat. Memang saat ini banyak sekali obat herbal kolesterol yang banyak di jual dipasaran. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang bervariasi. Namun, dalam artikel kali ini kita akan membuat sendiri ramuan tradisional penurun kolesterol untuk Anda semua. Ingin tahu apa saja tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat penurun kolesterol? Ini dia penjelasannya:

• Seledri
Anda tahu seledri? Ya, tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan ini juga ternyata bermanfaat sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Adapun cara meracik tanaman ini adalah dengan merebus tanaman seledri dari daun hingga akarnya pada 1 gelas air bersih sampai mendidih, lalu dinginkan setelah itu saring dan minum airnya. Untuk memanfaatkan hasilnya secara maksimal, lakukan pengobatan ini secara rutin sekali dalam 1 hari.

• Daun sambiloto
Masyarakat Indonesia pastinya sudah tak asing lagi dengan daun yang memiliki ribuan khasiat ini. Ya, daun sambiloto merupakan salah satu tanaman obat penurun kolesterol yang bisa dimanfaatkan. Caranya adalah cukup merebus daun sambiloto sebanyak 25 gram ke dalam 3 gelas air sampai mendidih. Didihkan hingga hanya tersisa air 1 gelasnya saja, angkat dan dinginkan. Setelah itu, saring dan minum airnya. Minum ramuan obat ini sehari sekali setiap 1 jam setelah makan.

• Belimbing wuluh
Obat herbal kolesterol lainnya adalah belimbing wuluh. Adapun cara meraciknya adalah dengan merebus daun dari belimbing wuluh ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tinggal setengahnya. Setelah itu, dinginkan lalu saring dan minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari setiap 30 menit setelah Anda makan.

• Bawang merah
Siapa sangka salah satu bumbu dapur bawang merah ini juga ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Caranya adalah cukup menjadi lalapan saat makan. Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung jika Anda suka. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mencoba obat herbal kolesterol ini setiap 3 kali sehari.

loading...