Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Itu Apa Saja ?

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil. Semua wanita sudah barang tentu ketika saat hamil hingga dalam kondisi melahirkan menginginkan sesuatu makanan enak yang tentunya kaya akan kandungan gizi serta nutrisi bagi janin yang dikandungnya atau pun bagi si ibu hamil itu sendiri.

Banyak diantara makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil sudah barangtentu sifat makanan ini harus sesuai sajian khusus untuk ibu hamil, tidak boleh sembarangan mengkonsumsi jenis makanan walaupun terasa nikmat dilidah akan tetapi sangat membahayakan bagi janin juga ibu yang sedang dalam kondisi mengandung.

Barangkali diantara ibu muda yang barusaja hamil belum mengetahui secara pasti apa saja dari jenis makanan yang tidak diperbolehkan dimakan bagi ibu hamil, atau mungkin juga sudah mengetahui tetapi tetap ngotot juga memakannya.

Jika anda selalu ibu muda yang sedang mengandung calon buah hati sekiranya sudah selayaknya mengasihi si anak sedari masih dalam kandungan, dengan memprioritaskan nilai gizi disetiap anda mengkonsumsi makanan, jangan malah sebaliknya terlalu serampangan saat perut dalam kondisi lapar, sehingga daun mentah pun anda makan juga.

Nah apa saja pantangan makanan yang dilarang bagi ibu yang sedang hamil tersebut ? berikut diantaranya :

1. Makanan mentah atau setengah matang

Ibu yang sedang hamil penting sekali untuk menghindari konsumsi makanan yang masih dalam kondisi mentah atau kurang matang. Mengapa demikian ? sebab makanan yang masih mentah memungkinkan adanya kandungan bakteri serta virus yang bisa memengaruhi kesehatan ibu juga si bayi. Oleh sebab itu sebaiknya upayakan setiap makanan yang ingin di konsumsi, pastikan tingkat kematangannya sudah betul-betul sempurna.

2. Alkohol

Walaupun ada yang bilang red wine mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, tetapi jangan diminum ketika hamil. Berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol bisa bersifat beracun bagi si bayi. Jadi alangkah lebih baik dihindari minum alkohol disaat hamil, begitu juga ketika menyusui dan yang terbaik adalah tidak minum sama sekali baik disaat hamil maupun dalam kondisi galau sekalipun.

3. Mengonsumsi seafood

Seafood banyak mengandung omega-3 yang terbukti sangat baik untuk si bayi. Akan tetapi, Anda juga seharusnya menghindari makanan laut dengan kandungan merkuri yang tinggi. Mengapa demikian, karena bisa merusak otak bayi. Selain itu, sebaiknya pula upayakan untuk menghindari sajian makanan dari jenis ikan hiu, kepiting, king mackerel, salmon dan udang.

4. Kafein

Banyak fakta dari sebuah penelitian yang telah menyebutkan apabila kafein dikonsumsi ibu hamil dapat membuat bayi lahir dengan berat badan kecil. Meskipun juga keberadaan kopi ada juga yang tidak berkafein, mengkonsumsi secara berlebihan tetap saja kurang baik bagi kesehatan apalagi ketika hamil untuk itu sebaiknya hindari juga mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein.

5. Daging olahan

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi daging olahan bisa berhubungan dengan risiko mati muda. Apabila orang biasa saja tidak dianjurkan makan daging olahan, apalagi bagi ibu yang sedang hamil ibu hamil jelas harus bisa menghindari makanan yang satu ini.

6. Teh herbal

Walaupun jenis minuman ini sebenarnya menyehatkan. Akan tetapi sifatnya bisa berubah menjadi berbahaya ketika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu ibu hamil juga dilarang minum teh bunga chamomile. Untuk lebih jelasnya tentang hal ini sebaiknya segera hubungi dokter anda sebab kondisi dan juga kebutuhan setiap ibu hamil pasti berbeda pula.

7. Susu dan keju tanpa pasteurisasi

Keberadaan susu dan keju yang belum di laqkukan proses lebih jauh atau tidak dipasteurisasi sebaiknya tidak diminum oleh yang sedang ibu hamil. Sebab mengapa ? kemungkinan besar ada berbagai macam bakteri yang bersarang di dalamnya. Maka dari itu sebaiknya minumlah jenis susu lain yang tentu lebih menyehatkan.

8. Pemanis buatan

Penyebab: Meski efek samping bahan pemanis tambahan terhadap tumbuh kembang janin masih belum diketahui secara pasti, sejumlah pakar sangat melarang wanita yang sedang hamil mengonsumsi jenis minumam yang mengandung pemanis buatan. Hindari juga jenis minuman yang tinggi gula. Sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih saja atau jus buah yang masih segar.

9. Mencuci sayuran dan buah-buahan

Salah satu diantara cara yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan bayi dan kondisi ibu yang sedang hamil adalah dengan mencuci semua jenis produk makanan dengan di teliti sebelum memasaknya. Dalam hal ini bukan tidak mungkin bakteri serta kuman menempel pada jenis buah dan sayuran atau makanan yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kondisi kehamilan Anda.

Nah itulah jenis makanan dan minuman yang seharusnya Anda perhatikan dan harus dijahui ketika Anda menjalani masa-masa kehamilan, ingat bahwa saat hamil Anda tidak sendirian yakni ada dua nyawa yang harus Anda jaga.

loading...