Pernah Coba Makanan Penambah Darah ini?

Makanan Penambah Darah.Pernahkah Anda mengalami kurang darah ? kurang darah bisa mengakibatkan seseorang menjadi lemah, loyo, kurang bergairah dalam bekerja, mengakibatkan ngantuk dipagi hari pokoknya maunya tidur mulu.

Terjadinya kurang darah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurang asupan zat gizi, kurang tidur, terlalu banyak bekerja dan masih banyak lagi. Selain itu juga diakibatkan kurangnya pemompaan darah dari jantung.

Makin banyaknya darah yang dipompa dari jantung untuk tiap-tiap menitnya, maka makin tinggi pula tekanan darahnya. disamping itu, seseorang yang mempunyai kelainan atau penyakit jantung yang menyebabkan irama jantung abnormal, rusaknya atau kelainan manfaat otot jantung, penyakit katup jantung, maka dapat beresiko juga pada menyusutnya pemompaan darah ( curah jantung ) keseluruh jaringan tubuh.

Faktor lainya karena pendarahaan yang hebat hingga mengakibatkan jumlah darah menyusut, diare yang tidak cepat atasi, keringat terlalu berlebih, buang air kecil atau berkemih terlalu berlebih juga menjadi penyebab penurunan tensi darah.

Pelebaran pembuluh darah juga dapat mengakibatkan turunnya tekanan darah. Kondisi yang demikian pada umumnya sebagai dampak dari syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obatan vasodilator ( nitrat, penghambat kalsium, penghambat ace ).

Nah jika kita mengalami penurunan darah sebenarnya dapat segera diatasi dengan cara alami yaitu dengan banyak mengkonsumsi jenis makanan penabah darah, akan tetapi terkadang juga kita belum tahu juga memahami jenis makanan juga buah-buahan yang bisa meningkatkan fungsi darah sehinga bisa normal kembali.

Apabila Anda sedang mengalami anemia sebaiknya segela konsumsi jenis makanan bergizi seimbang, dengan asupan zat besi yang cukup disesuaikan dengan kondisi usia Anda. Selain dari jenis makanan yang mengandung zat besi, konsumsi juga makanan jenis makanan yang mengandung asam folat dan juga vitamin B12.

Jangan lupa juga selalu perhatikan jenis makanan yang seharusnya dikurangi bagi penderita kurang darah sepetri kopi dan teh yang berlebihan karena apa, zat-zat tersebut dapat menghalangi penyerapan zat besi.

Bagi yang tengah mengalami kurang darah, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi jenis makanan berikut ini :

Daging
Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

Sayuran
Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyaknya sayuran tersebut, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

Buah-Buahan
Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga menambahkan zat besi ke tubuh Anda.

Kacang Almon
Beberapa jenis kacang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.

Sereal Roti Havermut
Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

Kuning Telur
Cara mengatasi anemia atau kurang darah bisa dengan mengomsumsi telur. Dengan cara merebus satu kuning telur ayam kampung bersama dengan 60 gram daun bawang merah kemudian campurkan air secukupnya setelah itu dimakan atau dikonsumsi secara teratur dua kali sehari secara teratur.

Bagaimana masih juga lemas loyo, ngantuk dan kurang bergairah juga? yang jelas kita harus nunggu reaksinya, barangkali juga memerlukan waktu. Jangan lupa juga untuk menyimak artikel sebelumnya Manfaat Buah-Buahan. Semoga bisa bermanfaat dari sedikit tulisan megenai jenis makanan penambah darah.

loading...