Sadari 11 Tanda-Tanda Kehamilan Pertama Untuk Menjaga Janin

Apa saja tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui saat Anda mengalami hamil ? …
Pasangan pengantin yang baru saja melakukan pernikahan, tentunya menginginkan satu momongan dalam hidup agar terlihat sempurna dengan menghadirkan satu keturunan pertamanya.

Maka tidak heran jika banyak pasangan yang baru memulai hidup baru, langsung melakukan progam memiliki seorang anak. Akan tetapi dengan kesibukan mereka terkadang mengabaikan tanda-tanda kehamilan pertama yang kurang diperhatikan terutama oleh ibu.

Bagi ibu tentunya mengetahui tanda-tanda kehamilan pertama. Oleh karena itu ibu wajib menyimak info terupdate yang kami berikan kali ini. Karena dengan mengetahui informasi ini, anda akan lebih hati-hati untuk menjaga janin. Simaklah tanda-tanda kehamilan pertama untuk menjaga janin dalam kandungan hingga proses melahirkan.

1. Payudara bengkak dan lebih lembut

Nyeri atau kesemutan pada bagian payudara menjadi salah satu tanda–tanda kehamilan. Umumnya di awal kehamilan, payudara dapat membengkak dan berubah wujud karena mempersiapkan diri untuk membuahkan ASI.

2. Buang air kecil akan semakin sering

Umumnya ibu hamil yang mengalami tanda–tanda kehamilan, janin yang tumbuh di rahim menekan kantung kemih yang mengakibatkan frekuensi buang air kecil meningkat. Kantung kemih sesaat akan dipenuhi urine dan mengakibatkan ibu lebih sering buang air kecil.

3. Mudah lelah

Tanda–tanda kehamilan pertama dapat anda kenali, dengan merasakan mudah lelah. Rasanya anda akan lebih bermalas-malasan saja di kamar tidur. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya janin dalam kandungan. Peningkatan dari hormon progesteron juga memicu kelelahan yang terjadi pada ibu. Namun tidak hanya itu, barangkali anda mudah lelah karena menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah.

4. Mual

Mual merupakan tanda–tanda kehamilan pertama yang dapat anda ketahui. Rasa mual itu terjadi dikarenakan peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan dampak pedih pada lapisan perut yang memunculkan rasa mual.

5. Terlambat Haid

Salah satu tanda–tanda kehamilan awal yang paling mudah di pahami adalah terlambat datang bulan. Tetapi tidak seluruhnya keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda juga dapat terlambat haid karena faktor stres, diet, atau hambatan hormonal.

6. Perubahan Mood

Perempuan hamil mempunyai mood yang mudah cepat beralih. Bisa saja anda merasa sangat bahagia, tetapi bisa saja mood anda langsung berubah marah-marah pada suami cuma karena masalah sepele. Namun anda tidak perlu cemas tentang pergantian mood ini karena itu merupakan tanda–tanda kehamilan yang normal. Mood mudah berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di dalam tubuh anda.

7. Munculnya Bercak Darah Atau Flek

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang datang setiap bulannya, ini merupakan gejala umumnya sebagai tanda–tanda kehamilan pertama antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi.

Kondisi terjadinya bercak darah ini dikarenakan oleh terjadinya implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim sang ibu. Nah, munculnya bercak darah ini pada masa kehamilan kadang disalah artikan yang merupakan menstruasi.

8. Kram Perut

Hal ini juga menjadi tanda–tanda kehamilan pertama, dengan keluarnya bercak darah yang umumnya diikuti oleh kram perut. Kram perut yang terjadinya pada masa kehamilan akan terjadi secara rutin. Keadaan kram perut ini, dapat berlanjut hingga kehamilan trimester ke-2.

9. Sembelit

Kenapa sembelit bisa terjadi ? Kondisi sembelit berlangsung dari adanya peningkatan hormon progesterone. Hormon ini mengendurkan otot-otot rahim, serta berdampak pada melemahnya otot dinding usus yang menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar.

10. Lebih sering meludah (Hipersalivasi)

Tanda–tanda kehamilan pertama yang umum terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen adalah ibu sering meludah, yang kebanyakan terjadi pada kehamilan trimester awal. Keadaan ini rata-rata akan hilang sesudah kehamilan memasuki trimester ke-2.

11. Sakit Punggung

Rata-rata tanda kehamilan awal yang umum terjadi satu lagi adalah anda memiliki masalah sakit punggung. Namun umumnya terjadi di bagian punggung bagian bawah akan terasa nyeri. Bila anda memang sedang hamil, gejala sakit punggung ini dapat anda nikmati sampai melahirkan nanti.

Sekian info dari ikiopo.com tentang 11 Tanda-Tanda Kehamilan Pertama Untuk Menjaga Janin, semoga informasi ini membantu anda menjaga kesehatan janin di awal kehamilan. Selalu terapkan pola makan sehat agar janin yang ada dalam kandungan anda tetap sehat hingga proses melahirkan nantinya.

loading...