Solusi Tepat Menghilangkan Keluhan Ibu Hamil

Kehamilan umumnya disertai dengan adanya perubahan fisik, demikian pula yang terjadi pada ibu hamil usia 4 bulan. Pada usia kehamilan menginjak 4 bulan atau trimester ke-2, janin sudah mampu menerima nada dari lingkungan sekitar, oleh karena itu banyak orang yang mendoakan atau mengajak berbicara janin untuk mengetahui perkembangan dengan cara mendengarkan musik klasik.

Perut sang ibu akan semakin membesar karena perubahan fisik janin yang terlihat jelas. Pertumbuhan kepala janin yang mulai sempurna dan munculnya pembuluh darah juga akan mengikuti perkembangan setiap minggunya.

Sealin itu jari jemari janin mulai terbentuk dan jenis kelamin sudah dapat dikenali. Selain itu pergerakan janin di dalam rahim mulai terasa dalam perut anda dan terkadang akan merasakan tendangan kaki atau tangan yang bergerak.

Namun ada beberapa keluhan ibu hamil, yang membuatnya tidak nyaman saat sedang mengandung. Berikut beberapa keluahan alami yang terjadi pada ibu hamil :

Keluhan ibu hamil 4 bulan dan berikut solusinya
Pada usia kehamilan 4 bulan, sang ibu dapat mengalami linea atau garis gelap panjang di permukaan perut. Hal ini terjadi karena adanya peregangan kulit, garis gelap ini rata rata memanjang hingga daerah kewanitaan dan pada bagian pusar.

Selain itu, leher ibu hamil juga dapat menghitam, kadang-kadang ibu hamil khawatir dan mengira ini ialah gejala kesehatan yang membahayakan ibu dan janin, padahal sebetulnya ini wajar terjadi pada masa kehamilan.
Garis hitam juga dapat ditemukan pada bagian wajah, tangan ataupun bagian yang lain.

Pada bagian payudara dan kulit tubuh juga akan terlihat gelap karena darah yang masuk dalam tubuh lebih sedikit 25% dari pada biasanya. Organ paru-paru umumnya akan menyusut dan terkadang ibu hamil akan mengalami kesusahan untuk bernapas.

Tidak hanya keluhan tersebu yang umum terjadi pada ibu hamil, ada juga keluhan mual-muntah yang terjadi di awal kehamilan. Tetapi pada ibu hamil 4 bulan, hal tersebut akan menghilang dan sang ibu akan mudah mengatasinya. Merasa gerah atau kepanasan menjadi hal yang wajar terjadi karena pada ibu hamil maka jangan heran jika istri atau anda ibu hamil mengalami hal ini.

Mudah cepat merasakan lelah, bagi ibu hamil yang belum masuk trisemester ke-3 umumnya tubuh akan mudah lemas meskipun hanya melakukan aktivitas ringan. Sebaiknya anda lebih banyak untuk beristirahat demi menjaga kondisi janin yang ada dalam kandungan.

Untuk dapat mengatasi, hal-hal yang sudah di sebutkan di atas tadai anda dapat memperbanyak informasi tentang kehamilan. Supaya anda dapat mengerti sebab akibat yang dapat menghilangkan keluhan sebaiknya anda juga mengikuti olahrga ringan khusus ibu hamil atau kelas yoga agar dapat menjaga tubuh tetap sehat dan selalu dalam keadaan rileks sewaktu kehamilan.

loading...