Beginilah Cara Membuat Tahu yang Benar

Cara Membuat Tahu. Orang asli Indonesia sudah pasti tidak asing yang namanya “Tahu” tahu merupakan jenis makanan yang bahan bakunya berasal dari kedelai. Makanan ini bisa di olah menjadi berbagai jenis bentuk olahan dari di buat tahu isi, tahu kres, tahu lontong serta di buat sayur ataupun hanya di suguhkan untuk gorengan. kebanyakan makanan tahu dipergunakan untuk lauk baik di pagi siang maupun malam hari dan lebih nikmat apabila di hidangkan setengah matang dalam proses penggorengan.

Bagi Anda penyuka tahu tidak akan lengkap rasanya jika hanya bisa menikmati makanan ini dalam bentuk matang tanpa mengetahui dalam proses pembuatanya. Untuk itu Ikiopo.com mencoba menghadirkan resep membuat tahu dengan harapan baik yang suka maupun yang penasaran akan proses produksinya bisa mengetahui lebih dalam mengenai tahu ini.

Nah berikut cara membuat tahu selengkapnya :

Sediakan bahan-bahannya serta alat untuk proses pembuatannya.

– Kedelai sebanyak 2kg , 1ml asam cuka putih atau bisa juga menggunakan batu tahu ( Kalsium Sulfat atau CaSO4 ), dan air secukupnya.

– Kain pengaduk
– Cetakan
– Keranjang
– Rak bambu
– Tungku atau kompor
– Alat penghancur ( alu )
– Ember besar
– Tampah ( nyiru )
– Kain Saring atau kain blancu

Sedangkan cara atau proses membuatnya :

1. Plih kedelai yang bersih dan besar ukurannya, kemudian cuci sampai bersih.

2. Rendam kedelai dalam air bersih selama 8 jam, Usahakan seluruh kedelai tenggelam. Dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang.

3. Bersihkan kembali kedelai dengan cara dicuci berkali kali. Usahakan kedelai ini sebersih mungkin untuk menghindari kedelai cepat masam.

4. Hancurkan kedelai dengan cara ditumbuk dan secara perlahan tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga kedelainya berbentuk bubur.

5. Masak bubur kedelai dengan hati-hati pada suhu 70-80 derajat (biasanya ditandai dengan gelembung kecil yang muncul pada kedelai yang dimasak). Ingat untuk menjaga agar kedelai jangan sampai mengental.

6. Saring bubur kedelai tersebut bersama batu tahu atau asam cukup, sambil diaduk secara perlahan. Proses ini akan menghasilkan endapan tahu ( gumpalan).

7. Endapan itu kemudian siap untuk di press dan di cetak sesuai ukuran dan keinginan Anda.

Demikianlah proses atau cara membuat tahu yang benar.

loading...