Beginilah Cara Mencuci Tangan Yang Benar Itu

Cara Mencuci Tangan. Sudahkah Anda mencuci tangan yang benar hari ini? Hal sepele yang terkadang sering kita abaikan seiring dengan kesibukan berbagai aktifitas kita adalah mencuci tangan. Aktifitas yang padat dengan berbagai macam jenis pekerjaan yang menumpuk seolah kedua tangan ini ibarat robot yang terkadang juga kita lupa akan kebersihannya.

Padahal jika kita mau jujur segala apa yang masuk kedalam perut kita awalnya melalui tangan dengan cara dipegang lalu dimasukkan ke mulut. Sebagai manusia normal sudah pasti kebersihan merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak coba bayangkan seandainya kita makan dan minum tanpa membersihkan tangan sebelumnya berapa ribu kuman dan virus yang masuk dan bersarang dalam perut kita.

Kondisi demikian barangkali jika makan minum tanpa cuci tangan bagi orang dewasa mungkin, tidak akan banyak menjadi masalah sebab kondisi kekebalan tubuh orang dewasa cenderung kuat, lantas jika terjadi pada balita, bagaimana coba, kita sendiri khan yang rugi?

Untuk itu sebaiknya kita belajar membersihkan tangan atau mencuci tangan dengan benar dan sudah sepatutnya kita mengjarkan terhadap anak-anak kita supaya membiasakan diri mencuci tangan dengan rutin dan juga benar. Apa sebabnya kok kita dianjurkan mencuci tangan? membersihkan tangan yang jelas untuk menghindari dari resiko terhadap masuknya kuman berbahaya kedalam tubuh kita.

Membersihkan tangan sebelum memulai makan dan minum di maksudkan agar kita terhindar dari penyakit seperti sakit perut, tipes, diare, flu, dan jenis penyakit menular lain, dengan demikian akan mengurangi bahkan menghilangkan dampak penularan suatu penyakit lantaran memegang benda-benda yang terdapat kuman juga virus penyakit. Bukan hanya membersihkan tangan ketika mau makan saja, setelah makan pun juga wajib untuk mencuci tangan, terutama yang makan menggunakan tangan langsung tanpa sendok.

Barangkali juga diantara kita selaku orang tua, ada yang belum paham bagaimana cara mencuci tangan yang benar itu? nah bagi Anda yang belum mengetahuinya sebaiknya simak baik-baik tips mencuci tangain berikut ini :

1. Basahi tangan anda dengan air hangat atau air dingin.

2. Gunakan sabun anti kuman pada tangan anda, disarankan menggunakan sabun cair.

3. Gosok tangan Anda sampai berbusa, dan bersihkan bagian punggung tangan, sela-sela jari, serta bagian kuku berfungsi guna membersihkan kotoran sekaligus juga kuman yang kerap menempel pada bagian tersebut.

4. Teruskan menggosok tangan anda seperti pada langkah ketiga selama 20 detik. Jika anda punya anak kecil yang dibantu untuk mencuci tangan, usahakan anda membuatnya nyaman dan mau membersihkan tangan, misalnya dengan menyanyi atau hal-hal yang menyenangkan yang membuat anak anda betah mencuci tangan.

5. Ada baiknya setelah selesai menggosok tangan anda, bilaslah dengan air hangat.

6. Keringkan tangan anda menggunakan tissu sekali pakai atau handuk bersih.

7. Matikan keran air dengan melapisi tangan Anda menggunakan handuk atau tissu yang Anda gunakan untuk menghindari terjadinya kontaminasi terhadap adanya kuman yang menempel pada keran air tersebut.

Nah dengan melakukan langka-langkah diatas dengan benar mudah-mudahan kita bisa terhindar dari kuman dan penyakit sehingga kesehatan terus terjaga, ada pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati, semoga membawa faedah, terima kasih. Jangan lupa simak juga artikel sebelumnya Perlukah Minum air Putih itu? Demikianlah tips atau cara mencuci tangan yang benar.

loading...