Cara Cepat Mengobati Demam, Seharusnya Begini

Cara Mengobati Demam. Sebagai orang tua ada kalanya kita binggung ketika dihadapkan dengan kondisi anak saat mengalami demam. Bagi orang tua yang sudah berpengalaman akan berbeda ceritanya ketika mereka menghadapapi anak saat demam panas, berbeda dengan orang tua atau ibu muda akan panik dalam situasi yang demikian.

Banyak orangtua panik dan takut ketika demam bisa menyebabkan kejang pada anak. Bagi kebanyakan anak-anak, demam tidak akan mengakibatkan terjadinya kejang. Akan tetapi kejang demam memang bisa saja terjadi pada beberapa anak. Yang perlu diperhatikan selaku orang tua adalah sekali saja terjadi kejang pada anak, sebaiknya orang tua segera mengambil tindakan untuk mencegah jangan sampai terjadi demam tinggi tehadap anak.

Cara terbaik yang Anda harus lakukan untuk mencegah demam tinggi adalah :

1. Jangan membungkus orang yang menderita demam.
2. Singkirkan baju atau selimut yang berlebihan.
3. Lingkungan sebaiknya sejukdan nyaman, misalkan, satu lapis baju dan satu selimut tipis ketika tidur. Apabila berada di ruangan panas sebaiknya nyalakan AC atau kipas angin.
4. Mandi atau menyeka tubuh dengan air hangat kuku dapat membantu mendinginkan seseorang dengan demam. Ini efektif terutama setelah diberikan obat penurun panas kalau tidak suhu tubuh akan kembali naik.
5. Jangan mandi dengan air dingin atau mengompres menggunakan alkohol, hal ini akan mendinginkan kulit tetapi seringkali membuat situasi menjadi lebih buruk karena menyebabkan menggigil sehingga akan meningkatnya suhu dalam tubuh.
6. Minum cairan lebih banyak, minumlah cairan dingin kalau memungkinkan.

Mengapa demam bisa terjadi? Demam merupakan salah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh ketika melawan infeksi. Kebanyakan dari bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia bisa hidup subur pada suhu 37 derajat Celsius. Nah dengan meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat akan dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Dengan terjadinya demam maka akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh guna memproduksi lebih banyak sel darah putih, sehingga membuat lebih banyak antibodi dan akan membuat lebih banyak zat-zat lain yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Penyebab demam Antara lain oleh :

Infeksi virus dan bakteri, flu dan masuk angin, radang tenggorokan, infeksi telinga, diare disebabkan bakterial atau, diare disebabkan virus, bronkitis akut, infeksi saluran kencing, infeksi saluran pernafasan atas ( seperti amandel, radang faring atau radang laring ) karena Obat-obatan tertentu. Kadang demam juga bisa disebabkan oleh terjadinya masalah-masalah yang lebih serius seperti akibat pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan juga radang selaput otak.

Cara Mengobati Demam Secara Alami
Dalam mengatasi demam seharusnya dilakukan dengan cara bijak jangan larut dengan kepanikan lantas memberikan obat demam sembarangan. Mengobati demam yang terbaik seharusnya dengan :

1. Sup Hangat
Mengapa sup hangat dapat sebagai obat bagi orang demam ? Keuntungan yang didapat darisini adalah seperti obat tradisional yang berasal dari kaldu, sehingga membuat tubuh terhidrasi dan juga membantu dengan uap. Oleh karena itu mungkin bahwa setiap jenis kaldu panas akan membawa manfaat yang sama. Penelitian dibuat untuk konsumsi sup ayam sementara pada orang demam menunjukkan bahwa bahan-bahan sup ayam benar-benar dapat mengurangi terjadnya pembengkakan rongga hidung yang akan membantu dalam proses penyembuhan lebih cepat dari flu biasa. Selain itu sup ayam dapat memberikan protein dari ayam, zat penting bagi tubuh kita untuk membangun antibodi untuk melawan virus.

2. Cuci Mulut Anda dengan Air Garam
Ini mungkin terdengar seperti saran dari nenek moyang kita, akan tetapi fakta telah menunjukkan bahwa mencuci mulut Anda dengan air garam merupakan salah satu obat untuk sakit tenggorokan. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah 5-6 kali. Ini akan benar-benar melegakan sakit tenggorokan Anda. Dalam hal ini jika demam yang terjadi disebabkan oleh radang tenggorokan.

3. Istirahat
Salah satu faktor yang paling penting dalam pengobatan demam adalah tidur yang baik dan umumnya santai. Anda perlu banyak beristirahat agar tubuh Anda dapat melawan virus demam dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda memiliki demam Anda pasti harus tinggal di rumah, matikan ponsel Anda dan cobalah untuk bersantai. Kebanyakan orang cenderung untuk mencoba dan mengatasi demam dengan tidak beristirahat. Saran ahli adalah untuk tinggal di rumah dan bersantai selama dua hari di lingkungan yang hangat. Suhu yang khas bisa menjadi 24-25 Celcius ( 75,2 F ).

4. Nanas
Memakannya dalam keadaan segar merupakan cara terbaik menurunkan demam. Nanas mengandun antiperadangan alami yang mampu memerangi demam. Dalam bentuk jus, nanas bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

5. Konsumsi Vitamin C
Jika gejala demam mulai muncul, segera konsumsi vitamin C. Dengan cara tersebut, sistem imun dalam tubuh akan meningkat dan Anda bisa terhindar dari serangan sakit demam.

6. Gunakan Vicks VapoRub
Beberapa produk Vicks VapoRub sangat membantu untuk memulihkan kondisi tubuh yang sakit demam. Contohnya saja inhaler atau vaporizer yang bisa menghangatkan tubuh ketika demam menyerang.

7. Mandi dengan Air Hangat
Mandi air hangat adalah cara alami berikutnya untuk mengobati demam. Selain nyaman dan membuat tubuh rileks, uap dari air hangat akan melancarkan pernapasan saat demam.

8. Teh Lemon dan Madu
Minuman yang paling tepat dinikmati ketika Anda demam adalah teh lemon madu. Kombinasi ketiga hal tersebut mampu membuat demam cepat mereka karena semuanya kaya akan antioksidan tinggi.

9. Sirup Obat Batuk
Apakah demam juga disertai dengan batuk? Tidak ada salahnya minum sirop obat batuk. Segala gejala batuk berdahak, kering, atau bersin-bersin biasanya ikut hilang dengan obat tersebut.

10. Minum Air Putih
Ketika sakit demam, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi. Jadi jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

11. Jangan Merokok
Meskipun Anda harus berhenti merokok untuk sejumlah alasan, merokok ketika Anda dingin memiliki kelemahan tambahan. Merokok dapat memperburuk gejala demam, sementara dapat diperburuk juga bila menjadi perokok pasif.

11. Jangan Berolahraga
Hindari olahraga dan segala macam aktivitas fisik, selama 3-4 hari untuk memberikan tubuh Anda kesempatan untuk menyimpan kekuatan untuk memerangi virus.

12. Hindari Kopi dan Alkohol
Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena zat tersebut cenderung mengeringkan tubuh kita dan ini bukan apa yang kita inginkan ketika kita demam.

loading...