Cara Menanam Tomat Yang Baik Seharusnya Begini

Cara menanam tomat yang benar adalah dengan mengetahui secara persis dahulu ciri dan sifat tomat juga memahami kondisi musim sehingga akan relatif aman dari serangan hama penyakit. Selain itu juga mengetahui jenis tanah yang akan ditanami sebab jika ingin berhasil dalam menanam tomat hendaknya memilih jenis tanah yang baik.

Jika dalam kondisi musim penghujan ingin menanam tomat sebenarnya bias tumbuh subur akan tetapi banyak kendala yang harus dihadapai seperti timbulnya hama tertentu dan lainya. Supaya hasilnya lebih baik tanaman tomat sebaiknya dimulai saat kemarau meskipun juga tak bisa lepas dari serangan hama.

Untuk menghasilkan buah tomat yang berkualitas sebaiknya ikuti tips berikut :

1. Persiapkan tanah sebagai media menanam tomat
Meskipun tomat bisa hidup pada berbagai jenis tanah, akan tetapi akan lebih baik jika ditanan pada jenis tanah yang gembur. Sebelum menanam lebih jauh sebaiknya kondisi tanah dicangkul, atau dibajak terlebih dahulu. Untuk kedalaman pencangkulan bisa dilakukan dengan kedalaman antara 30 sampai 40 cm. Setelah proses pencangkulan sebaiknya dibiarkan selama beberapa hari untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan adanya hama penyakit oleh karena itu selama beberapa hari tersebut harus kena sinar matahari langsung.

2. Buatlah Bedengan
Setelah proses diatas sebaiknya dengan dilanjutkan dengan membuat bedengan ditanah tersebut. Untuk ukuran bedengan pergunakan antara lebar kurang lebih 100 cm – 200 cm dan panjang 10 m – 15m bisa juga disesuaikan dengan kondisi tanah. Setelah bedengan terbuat, selanjutnya tanah bisa dihaluskan atau di ratakan.

3. Lakukan Pemberian Pupuk
Pemberian pupuk pada tanaman tomat sebaiknya diberikan pupuk dasar dari kompos dan TSP. Pemberian pupuk bisa dilakukan dengan menabur pupuk diatas permukaan tanah lalu tanah di cangkul agar tercampur secara rata. Atau bisa juga dengan menggunakan cara membuat lubang sedalam 15 cm dan bergaris tengah 20 cm dan pupuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang tersebut kemudian ditimbun tanah dan diaduk-aduk sampai pupuk dan tanah tercampur rata.

3. Persemaian
Benih tomat bisa langsung ditanam pada lahan yang telah disiapkan sebelumnya juga bisa dilakukan di persemaikan terlebih lebih dahulu. Tujuan dari Persemaian ini berguna untuk memudahkan perawatan dan penanaman selanjutnya.

4. Penanaman
Lakukan penanaman tomat dengan dua macam jarak tanam yakni sistem dirempel ( jarak tanam 50×50 cm atau 60×60 cm ) dan sistem bebas. Cara menanam dengan sistem bebas ini di maksudkan guna membiarkan tunasnya tumbuh menjadi cabang besar dan berbuah.

5. Pemupukan dan Proses Perawatan
Nah setelah semua benih tomat ditanam sesuai dengan tahp-tahap diatas langkah selanjutnya adalah dengan memberikan pemupukan dan perawatan berkala sehingga dalam hal ini terjaga dari kondisi musim juga untuk mengurangi dan mencegah dari kemungjinan serangan hama lanjutan.

Sementara untuk pemberian pukuk bisa dialkukan dengan menggunakan pupuk jenis kompos atau pun jenis lain, rekomendasi terbaik adalah gunakan pupuk yang berasal dari alam bukan dari jenis kimia agar lebih aman terhadap kesehatan tubuh ketika buah tomat di konsumsi.

Demikian yang bisa Ikiopo.com sampaikan berkaitan dengan langkah-langkah bagaimana cara menanam tomat.

loading...