Cara Mencegah Jerawat Dengan Makanan

Cara Mencegah jerawat dengan jenis makanan tertentu memang cukup efektif bisa juga dibilang sebagai pencegahan. Akan tetapi juga kita harus waspada dengan jenis makanan yang bisa memicu kehadiran jerawat seperti yang telah kita bahas pada pertemuan sebelumnya, ketika Anda tengah dirundung kesedihan akibat gangguan jerawat yang kian menjadi, untuk mengusir atau memberantas jerawat cukup mengaplikasikan Cara Menghilangkan Jerawat dengan bahan-bahan yang telah kami sebutkan.

Nah pada kesempatan ini marilah kita lanjutkan dengan membahas jenis makanan yang bisa memicu dan mengatasi jerawat. Perkita tahu juga sadari bawasanya jerawat yang timbul pada wajah, yang jelas bukan hanya disebabkan oleh karena hormon derta kulit yang kotor saja. Akan tetapi juga jenis makanan tertentu ternyata dapat juga memicu bahkan memperparah kondisi jerawat yang selama ini timbul di wajah. Namun jangan sampai khawatir dan merasa minder dahulu sebab ada pula jenis makanan yang disa mengatasi masalah kulit tersebut seperti jerawat . Nah dibawah ini merupaka jenis makanan yang dapat menyebabkan dan mencegah jerawat, silahkan coba jika Anda penasaran.

Jenis Makanan Yang bisa Menyebab Jerawat:

1. Lemak
Makan banyak lemak dapat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Timbunan lemak pada tubuh merupakan penyebab masalah gula darah. Ketika gula darah berfluktuatif, maka menyebabkan peningkatan reaksi horomonal cascading, yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak pada kulit) dan menutup pori-pori, yang menjadi penyebab utama jerawat.

Lebih dari itu, lemak memiliki efek jahat lainnya. Terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak dapat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Keadaan ini yang memperparah kondisi jerawat.

2. Dairy Product ( Produk Susu )
Dairy product merupakan jenis makanan yang mengandung susu, seperti susu kaleng, yoghurt, keju, cokelat dan es krim. Jika Anda berjerawat, makan makanan jenis ini dapat memperparah kondisinya.

Produk susu kebanyakan mengandung lemak yang tinggi. Seperti dijelaskan di atas, lemak dapat memicu jerawat. Alasan lainnya, susu diproduksi dari sapi hamil. Sapi yang hamil mengandung lebih banyak hormon. Sayangnya kelenjar kulit Anda mengandung enzim yang mengubah hormon tersebut menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT memicu peningkatan produksi sebum di kelenjar kulit. Jadi hormon dalam susu secara tidak langsung meningkatkan produksi sebum, yang tentu saja mengarah pada timbulnya jerawat.

3. Gula
Terutama gula pasir, yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Gula dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Seperti di sebutkan di atas, lemak dapat memperparah kondisi jerawat.

4. Kafein
Sumber utama kafein adalah kopi, teh (hitam dan hijau), cokelat, soda, minuman berenergi dan obat penghilang rasa sakit (pain killer). Kafein menyebabkan dua masalah besar. Pertama meningkatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stres, yang dapat meningkatnya level stres. Terlalu banyak stres tidak baik tentu berpengaruh buruh pada kesehatan dan kulit.

Alsan kedua, kafein mengganggu tidur Anda. Bahkan jika Anda bisa tidur, kafein tidak membuat Anda tidur nyenyak. Tidur sangat penting untuk memperbaiki kondisi fisik dan detoksifikasi (pelepasan racun). Jika racun tidak terlepas dan kondisi tubuh tidak ‘diperbaiki’, maka kesehatan akan menurun dan jerawat dapat semakin parah.

Jenis Makanan yang Berfungsi untuk Mengatasi Jerawat:

1. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan kandungan anti-inflamasi, yang disebut katekin. Katekin membantu mengurangi efek radikal bebas pada tubuh, seperti polusi, sinar matahari, asap rokok dan AC. Selain itu dapat mengatasi masalah jerawat dan tanda-tanda penuaan, seperti kerut dan noda wajah.

2. Dark Chocolate
Makanan manis sangat tidak baik bagi kulit Anda. Gantilah permen Anda dengan dark chocolate, akan lebih baik lagi jika dark chocolate tersebut dicampur dengan almon, kismis, maupun buah-buahan kering lainnya. Coklat mengandung anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bagus untuk kulit.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit. Kandungannya dapat menyehatkan kulit dan mengatasi masalah jerawat. Agar lebih sehat Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun dengan sayur-sayuran.

4. Timun
Sayuran dengan kandungan air tinggi seperti timun dipecaya baik untuk kulit berjerawat. Airnya berkhasiat membuang racun-racun yan menyumbat pori-pori. Ditambah lagi, ketimun memiliki efek astringent yang menyejukkan. Jadi efektif untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada jerawat. Disarankan mengonsumsi satu buah ketimun setiap hari.

Apabila Anda tengah jerawatan atau untuk mencegah terjadinya timbulnya jerawat yang berlebih sebaiknya anda mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang telah kami paparkan diatas. Tetapi jangan lupa juga untuk membaca artikel yang masih berkaitan dengan masalah jerawat yakni Cara mengobati Jerawat. Semoga membawa faedah demikian sekilas tulisan ringan tentang masalah jerawat.

loading...