Cara Mengatasi Kembung Lebih Baik Dengan Ini

Cara mengatasi Perut Kembung. Dalam dunia kedokteran keberadaan perut kembung lebih dikenal dengan istilah flatulensi. Perut kembung adalah di antara masalah kesehatan yang bisa membuat kita tidak nyaman juga amat menganggu ketika kita sedang ada kegiatan apalagi dalam kondisi santai. Beberapa orang berpendapat perut kembung bisa mengakibatkan sendawa serta kentut berlebih, Akan tetapi dalam kondisi tertentu janganlah dianggap sepele apabila perut kembung ini sering terjadi.

Anggapan perut kembung sebagaimana hal yang remeh merupakan pendapat juga anggapan yang salah besar mengapa demikian sebab dengan kondisi perut sering kembung bisa membahayakan lambung kita.

Mengapa bisa terjadi perut kembung? perut kembung adalah satu gangguan atau masalah yang terjadi akibat adanya peningkatan jumlah gas atau hawa dalam saluran pencernaan. Sementara itu terjadinya perut kembung terkadang bukan hanya dikarenakan oleh sebab masuk angin saja, namun sebagi pertanda ketidak beresan yang mengacu pada penyakit lain.

Gejala awal yang kerap terjadi ketika perut kembung adalah perasaan mual ingin muntah, perut terasa penuh sehingga menyebabkan sakit, terkadang nyeri di dada, dan susah buang air besar. Kondisi seperti ini jika dibiarkan dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga dapat mengakibatkan munculnya penyakit maag.

Untuk membuang angin atau melepaskan udara pada saluran pencernaan tersebut maka kita harus bisa bersendawa atau kentut, namun hal ini sulit dilakukan tatkala terjadi masuk angin. Nah jalan keluarnya adalah dengan dibantu dengan cara berikut :

Minum 8-10 gelas air setiap hari. Air membantu mengurangi gas di perut dan menekan asam lambung. Dengan minum satu hingga dua liter air per harinya untuk membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Air akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyebabkan perut kembung yang berada dalam tubuh.

Mengkonsumsi 25 Hingga 35 gram Serat setiap Hari. Sembelit kerap kali membuat kita merasa kembung dan merasa kenyang oleh karena itu Uguna mengurangi rasa kembung dan juga meningkatkan kesehatan usus, konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat.

Biji rami, wortel, jeruk, dan barley termasuk dalam makanan yang mengandung serat mudah larut. Sedangkan sayuran berdaun hijau gelap, bayam, kale, kacang-kacangan serta biji-bijan termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.

Ketika perut kembubg jangan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet membuat Anda menelan gelembung udara dalam jumlah yang lebih banyak sehingga menimbulkan perasaan kembung. Daripada mengunyah permen karet, ubah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk pencernaan seperti yoghurt.

Kurangi Asupan Garam dalam Tubuh. Kurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mengurangi resiko perut kembung. Garam membuat sel-sel dalam tubuh menahan kandungan air yang dapat berkontribusi menyebabkan perut kembung.

Ganti garam dalam program diet Anda, dengan garlic powder, oregano ataupun lada hitam. Ini akan membantu mengurangi asupan natrium dan rasa kembung.

Mengetahui Makanan yang Sensitif bagi Tubuh Anda. Beberapa orang kadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik. Anda juga bisa melakukan tes alergi makanan yang biasa di konsumsi

Porsi Makan yang Lebih Kecil. Dibandingkan memakan tiga porsi besar makanan dalam satu hari, makanlah lima porsi kecil makanan setiap harinya. Dengan begitu tubuh mendapatkan waktu untuk mengekstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yag terkandung pada makanan dengan lebih baik.

Makanan yang dapat meredakan kembung antara lain adalah daun peppermint, air lemon, nanas, pepaya, jus lidah buaya, seledri, gandum utuh, kacang-kacangan yang tidak menggunakan garam, dan yogurt. Nah demikian langkah-langkah untuk menghindari terjadinya perut kembung

loading...