Cara Menghilangkan Stres yang Patut Dicoba

Bagaimanakah cara menghilangkan stres dengan cepat, apa yang harus dikerjakan ketika kita merasakan beban pikiran berlebih sehingga menimbulkan stres?
Stres merupakan fakta umum dalam kehidupan dan yang pasti semua orang pernah merasakan stres dalam perjalanan kehidupannya. Akan tapi tingkat stres yang berlebih akan dapat menjadi sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa ada penanganan khusus.

Dari kondisi seperti ini bukan tidak mungkin akan mempengaruhi kesehatan fisik juga mental seseorang. Dampak negatif yang akan terjadi ketika terlalu banyak stres akan membuat kita tidak bisa berpikir dengan menggunakan logika dengan benar, sehingga akan mengakibatkan produktivitas dan efisiensi menurun yang pada akhirnya bisa mengganggu keseimbangan emosional.

Untuk mengatasi stres diperlukan langkah-langkah atau penanganan sehingga akan segera bisa menenangkan pikiran bagi yang sedang dilanda kegalauan. Lantas bagaimana cara menghilangkan stres dengan mudah tersebut? Cobalah untuk menyimak tips berikut ini :

1. Mengidentifikasi sumber stres
Pertama-tama, cobalah untuk melacak apa yang paling membuat Anda bisa merasa tertekan. Kadang-kadang berbagai sumber luar seperti lingkungan kerja, tempat tinggal, beban pikiran yang terlalu banyak atau mungkin masalah pasangan dan keluarga yang jadi pemicu utama atau jangan-jangan biangkeroknya dari pikiran Anda sendiri, kekawatiran, juga kondisi emosi yang tidak stabil bisa memicu kondisi stres.

Untuk itu belajarlah untuk berkata tidak dalam kehidupan
Sangat sulit rasanya untuk mengatakan ‘tidak’ dalam kehidupan pribadi atau profesional karena Anda berpikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas dan fokus pada tujuan Anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justru memberikan Anda ketenangan, hal ini tentu akan mencegah Anda terbawa pikiran stres daripada terpaksa berkata Iya sementara Anda sendiri tidak mampu menuanikannya, yang ujung-ujungya bisa mengakibatkan stres.

2. Menganalisis jadwal waktu Anda
Jika Anda merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisa, mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan membuat daftar yang harus dilakukan dan menyoroti tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan. Kemudian, membagi slot waktu sesuai dengan prioritas tugas. Jika beberapa tugas amat besar dilakukan pada satu waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan coba untuk menemukan waktu untuk bersantai sejenak. banyak yang bilang bahwa manajemen waktu adalah kunci keberhasilan dan jika Anda mengatur waktu dengan baik, maka Anda merasa lebih fokus dan energik dan stres akan jauh dari anda.

3. Jangan menekan pikiran dan emosi
Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya serta ceritakan tentang hal tersebut. Kuasailah pikiran dan juga emosi, jangan sampai amarah akan membuat keadaan menjadi tambah rumit.

4. Berikan waktu untuk diri sendiri
Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga Anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

5. Bergaul dengan orang-orang positif
Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

6. Pola makan yang sehat dan seimbang
Faktanya ketika orang-orang dilanda stres, mereka mulai lebih sering makan junk food, meningkatkan asupan teh atau kopi. Semua ini justru menyebabkan kondisi traumatik yang parah. Seseorang selayaknya harus selalu mempunyai menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dengan komponen nutrisi yang cukup. Makanan organik dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan memiliki anti-oksidan dan vitamin C akan cepat membantu menurunkan hormon stres. Hindari alkohol, merokok, teh, kopi dan minuman ringan. tambah Meningkatkan asupan karbohidrat seperti gandum, beras merah atau gandum utuh karena mereka membantu dalam merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

7. Musik sebagai terapi
Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

Tetap aktif dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari
Ketika kita berolahraga, paru-paru mengembang dan mendapatkan banyak oksigen yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh kita dan membantu dalam mengurangi tingkat stres. Olahraga juga membantu untuk membiasakan tidur teratur. Hal ini meningkatkan endorfin bahan kimia otak yang membuat anda merasa tenang dan juga melemaskan otot-otot Anda. Anda dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, berenang atau aerobik untuk mengalahkan stres.

8. Cukup tidur
Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

9. Tertawa
Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

10. Bermeditasi
Meditasi adalah obat stres berat. Ketika kita berlatih meditasi, energi total dari pikiran kita berkonsentrasi pada satu kata, atau suara atau simbol. Ini akan menenangkan pikiran Anda, memberikan relaksasi,meningkatkan fokus mental dan konsentrasi. Meditasi melepaskan semua pikiran negatif, ketakutan, dan kecemasan.

11. Pernapasan perut
Secara umum, manusia bernapas dari dada bagian atas yang berarti kita mengambil napas dangkal. Ketika kita stres, maka napas kita menjadi dangkal yang berarti kurangnya oksigen dalam tubuh. Sedangkan pernapasan perut tidak hanya melibatkan paru-paru tetapi juga perut atau diafragma. Ini memberikan lebih banyak oksigen dalam darah dan membantu otak untuk membuat gelombang panjang dan lambat yang menenangkan pikiran Anda dan membantu dalam mengurangi tingkat stres.

12. Yoga
Yoga cukup mumpuni untuk melawan depresi, stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah dan konsentrasi dan membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat. Yoga melibatkan semua organ penting dalam tubuh Anda dan melepaskan semua racun . Tetapi jika Anda melakukan gerakan yang salah, ada kemungkinan untuk cedera. Jadi disarankan untuk mengambil beberapa sesi yoga di bawah asuhan seorang guru yoga.

13. Pijat
Pijat dengan jari juga membantu untuk melepaskan ketegangan dan stres. Ketika titik-titik tertentu ditekan, ada sensasi sakit ringan. Ada banyak titik-titik tekanan pada tubuh kita. Teknik memijat diri sendiri berikut boleh dicoba sendiri:
• Tutup mata Anda tekan dengan ujung jari titik antara kedua alis mata
• Tempatkan satu tangan Anda di bahu lainnya dan tekan otot-otot di bahu dalam gerakan melingkar selama 5 sampai 10 kali. lalu ulangi dengan bahu lainnya.
Mandilah dengan air hangat dicampur rempah-rempah
Terapi mandi juga bermanfaat dalam relaksasi pikiran dan tubuh dan mengurangi tingkat stres. Anda juga dapat meletakkan minyak aroma atau herbal dalam bak mandi seperti kelopak mawar atau lemon setengah jam sebelum mandi, ramuan ini memiliki efek menenangkan dan membuat Anda santai serta meremajakan tubuh Anda.

Stres sebenarnya dapat dimajemen dengan mengontrol dan menyeimbangkan pikiran serta emosi, dengan mengadopsi sikap positif terhadap ranah kehidupan juga dengan mengubah cara berpikir sehinga akan dengan mudah untuk menghilangkan stres.

loading...