Cara Mengobati Bibir Bengkak Kembali Sehat

Bibir yang bengkak tentunya akan mempengaruhi penampilan Anda. Bibir bengkak akan terlihat tebal dan hal itu sama sekali bukan merupakan bibir seksi. Memang kebanyakan orang mengatakan jika bibir yang tebal sangat seksi. Namun, jika sudah bengkak, Anda harus segera mengobatinya. Cara mengobati bibir bengkak pun sangat beragam mulai dari bahan alami dan juga obat-obatan. Anda tinggal pilih saja mana yang dirasa paling efektif.

Cara Mengobati Bibir Bengkak Secara Alami
Mengobati bibir bengkak dengan menggunakan bahan alami mungkin bisa Anda coba karena ini lebih direkomendasikan. Mengapa? Karena jika menggunakan obat-obatan tentunya Anda tidak tahu apakah obat tersebut bisa menimbulkan alergi atau tidak. Jika menimbulkan alergi tentunya bibir Anda akan semakin parah karena salah satu faktor penyebab bibir bengkak adalah alergi obat. Adapun faktor lainnya seperti gigitan serangga, alergi makanan, kurang air putih dan masih banyak lagi. Berikut ini ada beberapa cara mengobati bibir bengkak yang bisa Anda coba.

1. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk bahan kosmetik, lidah buaya atau lebih dikenal dengan aloe vera ini juga ampuh sebagai obat herbal utamanya untuk bibir bengkak. Gel lidah buaya memang mengandung mineral penting yang bisa mengurangi pembengkakan pada bibir. Anda bisa mengoleskannya secara langsung pada bibir dan selain itu gel pada lidah buaya juga bisa membantu mencegah iritasi dan infeksi. Bibir bengkak akan segera kempis dan aloe vera juga bisa melembabkan bibir secara alami.

2. Es batu

Cara mengobati bibir bengkak yang paling mudah adalah menggunakan es batu. Es batu terbukti ampuh bisa mengurangi pembengkakan pada bibir. Caranya pun cukup mudah, ambil es batu kemudian bungkus dengan kain. Kompres bibir dengan menggunakan es batu tersebut selama 15 menit.

3. Kunyit dan tanah liat

Mungkin cara mengobati bibir bengkak yang satu ini agak sedikit merepotkan karena harus dengan tanah liat. Tetapi jangan salah, ramuan tradisional ini sangat ampuh untuk mengempiskan bibir yang bengkak. Kunyit memiliki kandungan sebagai anti inflamasi dan tanah liat juga memiliki fungsi untuk mendinginkan. Untuk membuat ramuan tersebut sangat mudah, pertama campur kunyit dengan sedikit tanah liat kemudian tempelkan pada bibir yang bengkak. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan.

4. Teh hitam

Tahukah Anda jika teh hitam itu memiliki sifat astringent yang mampu mengurangi pembengkakan pada bibir? Anda pun bisa memanfaatkan teh celup yang ada di rumah sebagai obat herbal. Caranya celupkan 1 kantung teh dengan air hangat selama 5 menit kemudian angkat. Tempelkan kantung teh pada bibir yang bengkak selama 10 menit. Lakukanlah hal tersebut 4 sampai 6 kali.

5. Berhenti Merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi jika rokok itu merupakan sumber penyakit. Ketika bibir Anda bengkak maka berhentilah untuk merokok. Merokok bisa memperparah bibir yang bengkak hingga bisa menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, hindarilah rokok sebisa mungkin.

Bibir bengkak tentunya akan membuat penampilan menjadi tidak menarik lagi. Bahkan penampilan pun akan terlihat konyol karena Anda akan terlihat seperti badut. Apabila Anda mengalami bibir bengkak, Anda pun harus segera mengobatinya supaya tidak terjadi infeksi yang lebih parah. Pada artikel ini sudah dibagikan 5 cara mengobati bibir bengkak secara alami. Anda pun bisa mencobanya di rumah.

loading...