Cara Mengobati Sariawan Mulut

Cara Mengobati Sariawan Mulut dan Lidah. Bagaimana cara mengobati sariawan pada bayi? Anda pernah mengalami sariawan ? diantara jenis penyakit mulut yang kerap di jumpai salah satunya adalah sariawan. Penyakit ini bukan saja kerap dialami oleh orang dewasa akan tetapi anak kecil bayi dan balita pun sangat mudah terkena sariawan. Saya yakin hampir tiap orang tidak luput dari penyakit ini, dari balita sampai orang dewasa, bahkan juga kakek-kanek pernah mengalami sariawan, tergantung dari sisi kekebalan tubuh mereka.

Sariawan atau disebut juga stomatitis aftosa ( stomatitis aphtosa ) merupakan suatu kelainan pada selaput lendir bagian mulut yang berupa luka berada dalam mulut berbentuk bercak berwarna putih kekuningan sedangkan permukaanya agak cekung. Kehadiran sariawan biasanya diiringi rasa sakit yang tinggi, nyeri, perih bahkan terkadang disertai demam.

Penyakit kelainan mulut ini paling sering ditemukan dan banyak terjadi terhadap wanita ketimbang pria. Banyak faktor penyebab yang diduga menjadi pemicu timbulnya seriawan, dari mengonsumsi makanan atau minuman terlalu panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pada pencernaan, luka tergigit, kebersihan mulut yang tidak terjaga, kondisi tubuh yang tidak fit dan juga adanya faktor psikologi.

Kasus sariawan apabila terjadi selama kurang lebih dua minggu hingga satu bulan lamanya dapat di indikasikan adanya kanker rongga mulut. Jadi akan lebih baik apabila Anda memang sering dalam waktu tersebut menderita sariawan sebaiknya perlu waspada.

Solusi yang patut untuk Anda pertimbangkan adalah mengobati kondisi sariawan dengan obat. Sementara juga banyak obat sariawan dapat di ketemukan di apotik juga toko obat, namun sebelum memutuskan untuk membelinya ada baiknya perlu dipertimbangkan dampak yang akan terjadi ketika kita tidak hati-hati dalam memilah juga memilihnya.

Alternatif terbaik yang patut Anda coba guna mengatasi sariawan membandel, adalah dengan mencoba bahan berikut :

1. Daun Kunyit dan Daun Kemangi
Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri sariawan dan segera menyembuhkan. Bisa juga mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini dibagian luka.

2. Jambu Air
Ambil kulit batang jambu air 10 gr ( Kulit batang yang masih muda ), cuci dan tumbuk halus tambah 1/2 gelas air matang, saring. Gunakan air saringan tersebut untuk kumur.

3. Herbal Air Kelapa
Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk kumur dan bisa juga ditelan.

4. Kopi Bubuk
Ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan, biarkan beberapa menit, kemudian kumurlah dengan air bersih. Hingga sembuh. Insaalah akan sembuh kira-kira 2 – 3 hari.

5. Air Garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

6. Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

7. Bawang dan Pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

8. Baking Soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

9. Minum Vitamin
Studi telah menunjukkan bahwa sariawan lebih sering dialami bagi orang yang kurang akan vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat. Zai ini juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan terjadinya sariawan.

10. Tomat
Makan tomat mentah merupakan obat untuk mengatasi sariawan. Atau bisa juga, kumur menggunakan jus tomat.

11. Bunga Belimbing Wuluh
Ambil segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air. Cara meramunya rebus bunga belimbing wuluh tersebut sampai mengental seperti sirup. Setelah dingin lalu disaring, cara penggunaanya untuk membersihkan mulut dan mengoles bagian yang terkena sariawan.

Sedangkan ramuan obat sariawan yang diminum cukup ambil 2/3 genggam bunga belimbing wuluh, lalu di cuci kemudian di rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah terasa dingin disaring lalu diminum, lakukan sehari 3 kali 3/4 gelas.

Apabila ingin menambah referensi lain silahkan baca tulisan sebelumnya berkaitan dengan masalah sariawan yakni Cara Mengatasi Panas Dalam.

Semoga dengan cara alternatif yang telah kami suguhkan diatas bisa dijadikan bahan obat untuk mengatasi sariawan.

loading...