Cara Menjaga Suara, Sebaiknya Begini Lho

Cara Menjaga Suara. Suara indah merdu dan menarik merupakan anugerah yang sudah seharusnya kita syukuri. Tidaklah setiap orang memiliki suara yang indah, oleh sebab itu jika Anda termasuk orang yang memiliki suara yang indah sudah selayaknya sedapat mungkin menjaganya walaupun Anda bukanlah termasuk orang yang memang mendapatkan penghasilan dari jual suara.

Apabila kita berbicara dengan orang yang memiliki suara bagus otomatis juga beda ketika berkomunikasi dengan orang yang bersuara sebaliknya, pastilah ketidaknyamanan akan terasa dan kadangkala membuyarkan konsentrasi dengan apa yang akan kita bicarakan.

Memiliki suara yang indah bisa dinikmati orang lain yang ada di sekitarnya meskipun dia bukanlah seorang yang penyanyi ataupun MC, pembaca berita dan sejenisnya. Dengan suara yang bagus tidak cempreng, keras layaknya pengeras suara kuno yang rusak, maka membuat semakin betah orang yang diajak berkomunikasi.

Perlu kita ketahui juga bahwa kegiatan untuk mengeluarkan suara ini sendiri sering dikatakan sebagai hal yang alamiah. Padahal, untuk dapat menghasilkan suara merdu yang enak didengar harus dengan pengucapan yang jelas dan bisa ditangkap oleh pendengarnya dengan baik, berkaitan dalam masalah ini juga sangat berkaitan dengan faktor kesehatan kita yang berhubungan dengan organ tubuh yang memproduksi suara tersebut.

Maka untuk menjaga suara agar tetap berkualitas juga supaya tetap sehat diperlukan sebuah metode tersendiri, memang kondisi ini tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang bisa mengakibatkan rusaknya suara, seperti cerobah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Hal ini barangkali seringkali dianggap remeh namun bagi orang yang berkopenten dengan masalah suara apalagi bagi mereka yang mencari ladang hidup bermodalkan suara maka perlu diperhatikan secara seksama, agar dapur terus mengepul, tul nggak ?

Lalu apa yang harus mereka lalukan ? sudah tentu dengan menghindari dari jenis makanan yang bisa merusak produksi suara termasuk pita suara dan lainnya. Setelah itu juga perhatikan hal-hal yang membuat kualitas suara Anda stabil artinya agar suara anda tetap tampil bagus dalam kondisi apapun, tentu dengan melalukan hal-hal berikut ini :

1. Cukupi kebutuhan cairan
Minumlah cukup air putih setiap hari dan hindari minuman beralkohol dan kafein. Vokal suara kita bergetar sangat cepat, dan air akan menjaganya tetap berpelumas. Buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, pir, atau melon, juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

2. Istirahat bersuara
Mereka yang pekerjaan sehari-harinya banyak menggunakan suara, seperti penyanyi profesional, guru, atau pengkhotbah, disarankan untuk mengistirahatkan suaranya di antara periode-periode tertentu. Hal ini untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan di pita suara akibat pemakaian suara yang berlebihan.

3. Hindari rokok
Bila Anda sudah terlanjur merokok, berhentilah. Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan dan asap rokok, bahkan pada perokok pasif, bisa membuat pita suara iritasi. Dalam hal merokok sebaiknya juga simak artikel dari Bahaya Merokok pada tulisan sebelumnya.

4. Hindari pemakaian suara berlebihan
Hindari berteriak atau menjerit-jerit, serta hindari untuk bersuara dengan kencang di lingkungan bising. Bila tenggorokan mulai terasa kering atau suara mulai serak, kurangi penggunaan suara. Suara yang parau atau serak merupakan tanda pita suara Anda mengalami iritasi.

5. Jagalah otot leher rileks
Jagalah agar tenggorokan dan otot leher selalu rileks, bahkan ketika Anda menyanyikan nada tinggi atau nada rendah. Beberapa penyanyi memiringkan kepala mereka ketika menyanyikan nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah.

6. Perhatikan cara bertutur
Bahkan penyanyi profesional pun bisa mengalami gangguan suara ketika mereka berbicara. “Saat berbicara, Anda harus banyak menarik napas,” kata Hogikyan.

7. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan.
Hindari berdahak terlalu sering untuk membersihkan tenggorok karena bisa menyebabkan suara parau. Minum cairan tanpa kafein hangat dapat membantu membasahi tenggorok. Menghirup uap air panas juga dapat membantu.

8. Dengarkan tubuh Anda
Jika Anda sedang sakit flu dan suara mulai serak, gunakan suara seminimal mungkin.

9. Gunakan alat bantu
Ketika Anda perlu berbicara didepan umum atau diluar ruangan dengan publik yang banyak, sebaiknya gunakan alat bantu pengeras suara sehingga Anda tidak perlu berteriak utuk mengeluarkan suara secara ekstra.

10. Lakukan latihan
Pita suara juga perlu dilatih agar tetap lentur. Anda bisa melakukannya dengan cara bersenandung kecil di pagi hari sebagai “pemanasan” pita suara.

11. Minum air putih yang cukup
Usahakan hanya meminum 2-3 gelas perhari. Menurut penelitian terlalu banyak berjemur dipanas matahari dan berada diruangan ber AC menurunkan kualitas suara.

12. Pemanasan
Melatih suara sama dengan melatih otot diperlukan pemanasan. Teknik yang bisa dilakukan antara lain :

a. Lion Face bertujuan melemaskan otot-otot muka
Muka diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari – jari kedua tangan. Kemudian dilebarkan dengan menjulurkan lidah. Frekwensi 5 x @ 5 Hitungan

b. Mengatupkan Gigi bertujuan melemaskan otot-otot rahang
Gigi dikatupkan dengan kuat, sementara bibir terbuka bersamaan dengan itu kedua tangan dikepalkan, 10 x @5 hitungan

13. Hindari makan terlalu malam
Makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vokal.

13. Mengontrol stress
Stress yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stress.

Demikianlah apa yang seharusnya kita lakukan untuk mempertahankan kualitas dalam upaya menjaga suara.

loading...