Cara Merangkai Bunga Yang Bikin Ngiler

Bagaimana cara merangkai bunga yang benar-benar indah dan sedap dipandang mata? lalu langkah-langkah apa yang harus dikerjakan agar bunga terlihat cantik ?

Perkerjaan merangkai bunga bukan hanya sedar menjalankan hoby belaka tentu lebih dari itu perlu juga ditunjang dengan adanya skil dan kreatifitas yang cukup, tanpa adanya itu sudah dipastikan tidak akan menghasilkan suatu kreasi sempurna yang bikin ngiler bagi yang memandangnya.

Terwujudnya rangkaian bunga yang menarik sudah dipastikan akan membuat suasana ruangan menjadi semakin terlihat menarik dan indah. Selain akan memberikan keindahan pada sisi ruang rumah Anda, keberadaan rangkaian bunga yang menempati pada sebuah ruangan juga akan terkesan memberikan sentuhan yang berkelas juga gaya kreasi dekorasi hasil karya yang bisa memberikan kepuasan batin tersendiri.

Dalam proses merangkai bungan memang kita tahu tidak ada aturan baku yang mengikat tergantung dari kreasi kita dalam mengaplikasikan terhadap susunan bunga itu sendiri. Namun untuk menghasilkan suatu rangkaian bunga yang sempurna diperlukan sebuah tehnik dan metode sehingga akan membawa komposisi keindahan warna yang lebih cantik jika ditaruh dalam ruangan, baik dirumah maupun tempat lain yang membutuhkan polesan kreasi bunga.

Tidaklah sulit sebenarnya tehnik dalam merangkai bunga agar terlihat indah dan menawan, kita cukup melakukan hal-hal yang bisa menunjang keindahan itu sendiri mulai dari yang kecil seperti diantaranya :

Membersihkan Vas Rangkaian Bunga
Pastikan vas yang akan dipergunakan telah di bersihkan dari adanya residu dengan cara dibilas terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan vas yang terbuat dari kaca, maka Anda juga dapat menambahkan berbagai media didalamnya, seperti pasir, kerikil, atau manik-manik kaca pada bagian bawah vas. Hal ini dilakukan untuk membentuk mendukung bagian batang bunga dan juga untuk memberikan nuansa lain yang lebih menarik dari hasil pengaturan komposisi dari rangkaian bunga yang akan dibuat.

Menyiapkan dan Memotong Bagian Bunga
Sebelumnya siapkan jenis bunga yang akan dirangkai juga pastikan bahwa setiap bunga tersebut sudah Anda potong setidaknya pada bagian pangkal daun. Hal ini memungkinkan agar daun tersebut tidak mengganggu air di vas, sehingga membantu untuk menjaga bunga untuk tetap segar. Potonglah bagian bunga dengan cara miring ke atas atau kebawah, hal ini memungkinkan agar bunga akan menerima nutrisi yang cukup.

Mengisi Vas Dengan Air Bersuhu Kamar
Upayakan untuk mengisi vas dengan air yang hangat, atau paling tidak bersuhu kamar. Hal ini dimaksudkan agar bunga yang masih kuncup cepat mekar, serta tetap segar dan tahan lama.

Memilih Vas Bunga yang Tepat
Bunga dengan ukuran yang lebih kecil cenderung terlihat menarik ketika menggunakan vas pendek dan agak besar. Sementara bunga dengan ukuran lebih besar akan terlihat lebih elegan dengan menggunakan vas yang lebih tinggi. Tetapi dalam hal ini Anda masih tetap dapat memotong bagian bunga dengan panjang yang sesuai seperti selera Anda.

Menata Bunga Sesuai Ukurannya
Dalam menata bunga, maka upayakanlah agar bunga yang lebih besar dan lebih dominan harus yang paling pertama menjadi proritas untuk di rangkai. Cobalah untuk menempatkan bunga-bunga di sudut yang berbeda untuk membuat sebagian besar dari bentuk masing-masing dan memberikan pengaturan terlihat seimbang. Anda kemudian harus menambahkan bunga-bunga kecil dan akhirnya dedaunan untuk mengisi kesenjangan dan menonjolkan perpaduan warna dari pengaturan tersebut.

Untuk menambah dan menunjang kecantikan sebuah ruangan juga diperlukan tips berikut :

1. Air
Letakkanlah bunga di air segera setelah Anda membelinya. Isi ember dengan air hangat, tambahkan sedikit pengawet, dan kemudian letakkan bunga.

2. Harus dipotong
Potong sekiranya 1 inci dari batang dengan menggunakan alat seperti pisau atau gunting tajam, terutama jika bunga direndam beberapa saat sebelum dirangkai. Potongan bunga yang segar akan membantu batang dalam menyerap air lebih baik.

3. Suhu Air Berpengaruh
Air hangat membantu kepala bunga yang erat tertutup, seperti bunga mawar atau ranunculus, untuk membuka atau mekar sepenuhnya. Tinggalkan bunga dalam air selama sehari atau dua hari sebelum dirangkai.

4. Gunakan busa
Gunakan busa untuk menjaga bunga agar tidak terhidrasi terus menerus dan bisa bertahan lebih lama. Rendam busa selama 15 menit sebelum dipotong sesuai dengan container atau wadah bunga. Siram busa setiap dua hari sekali.

5. Pangkas dan Pangkas
Potong kembali batang bunga sebelum menyusunnya di rangkaian. Potong daun agar tidak terendam di bawah garis air.

6. Pilih Dan Pilah Bunga
Letakkan bunga yang berukuran besar dan berat dalam proses perangkaian untuk memastikan penempatan di semua sisi. Tambahkan dengan bunga yang lebih kecil dan setengah mekar sehingga meninggalkan cukup ruang antara batang.

7. Atur Ketinggian Bunga Dan Vasnya
Pastikan bunga Anda lebih tinggi sekitar satu setengah kali dari tinggi kontainer atau vasnya. Seimbangkan juga lebar rangkaian bunga beserta kontainernya.

8. Warna Bunga Yang Serupa
Campur bunga yang memiliki warna dan tekstur yang berbeda untuk membuat rangkaian monokromatik yang menarik dilihat. Warna bunga yang serupa atau tidak terlalu mencolok perbedaannya akan membuat rangkaian bunga semakin menarik.

9. Penuhi Rangkaian
Gunakan batang dan daun untuk memenuhi vas atau kontainer. Efek penuh pada rangkaian akan membuat lebih menarik.

Demikian tehnik dari Ikiopo.com yang sekiranya bisa kita aplikasikan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses merangkai bunga.

loading...