Cara Merawat Knalpot, Harus Seperti Ini

Cara Merawat Knalpot. Knalpot ada yang bilang merupakan barometer ketangguhan dari salah satu onderdil yang menyangkut produk dari suatu jaminan kualitas pabrikan sepeda motor. Semakin bandel kondisi knalpot maka semakin baik pula mutu dari mesin kendaraan tersebut. Masyarakat pada umumnya menilai, knalpotnya saja cepat keropos apalagi mesinnya.

Meskipun pada dasarnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar akan tetapi banyak yang masih percaya akan mitos tersebut. Kondisi knalpot mau cepat keropos dan tidak tergantung juga dari sisi pemakaian dan juga perilaku dalam masalah perawatan yang dilakukan.

Semakin baik dalam perawatan maka semakin awet usia knalpot itu sendiri, meskipun juga dipakai secara serampangan, artinya penggunaan dari sepeda motor itu sendiri semau yang mengendarai tanpa harus memperhatikan kondisi motor, istilah anak mudanya buat track-trackan.

Terlepas dari standar penggunaan yang benar dari kondisi sepeda motor itu sendiri, perawatan sebaiknya teap juga dilakukan dan sebaiknya juga lebih diprioritaskan sebab yang namanaya knalpot, dan sejenisnya tetap merupakan produk manusia yang tidak lepas dari sisi kelemahan dan kelebihan, untuk itu tidak ada salahnya jika kita selalu memperhatikan demi kenyamanan saat berkendara.

Nah maka dari itu sebaiknya melakukan perawatan yang benar sesuai jenis dan karakter lnalpot itu sendiri, lalu bagaimana langkahnya. Dalam merawat knalpot seharusnya menyediakan bahan yang diperlukan dahulu dan lakukan hal berikut :

1. Oli bekas
Sediakan oli bekas atau yang sudah tidak terpakai, kemudian nyalahkan mesin sekitar 10 menit agar knalpot panas terlebih dahulu. Bila knalpot semakin panas, maka semakin bagus. Setelah itu, oleskan oli ke bagian yang berkarat. Nantinya knalpot akan mengeluarkan asap karena pelumnas bekas yang sudah dioles menguap terkena panas. Dengan begitu, karat di leher knalpot akan hilang dengan sendirinya.

2. Porstex
Bila Anda ingin menghilangkan karat tersebut dengan porstex, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menuangkan porstex secukupnya ke dalam wadah. Setelah itu, oleskan hingga rata dengan kuas pada permukaan knalpot yang kotor atau berkarat. Setelah merata, siram dengan air hingga bersih kemudian lap sampai kering. Perlu diingat juga bahwa jangan sampai porstex menetes ke blok mesin karena bisa membuat catnya menjadi luntur.

3. Pertamax Plus
Alternatif ketiga yang bisa Anda pakai adalah memakai pertamax plus. Untuk menghilangkan noda tersebut, sebaiknya campurkan pertamax plus dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 secukupnya saja. Selanjutnya oleskan pada bagian bercak-bercak hitam tersebut. Setelah itu, sikat secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Dan lihat hasilnya leher knalpot Anda akan nampak seperti baru.

Dalam urusan masalah knalpot, agar awet dan enak dalam penggunaaan, maka sebaiknya lakukan perawatan seperti ini :

1. Knalpot Original
Untuk knalpot orisinal atau standar 4-Tak cenderung kering, maka panas yang dihasilkan bisa menyebabkan karat. Disarankan, memanaskan mesin jangan terlalu lama karena bisa membuat knalpot jadi kuning. Lalu, berikan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot 2 bulan sekali.

Bagi yang sudah berkarat, segera bersihkan kotoran yang menempel pada knalpot dengan ampelas atau sikat kawat. Atau dengan melakukan pengoleskan oli bekas pada area leher knalpot, kemudian hidupkan mesin cukup cua menit agar oli menyerap. Lama-kelamaan kotoran yang menempel akan mengelupas seiring dengan mengeringnya oli yang kepanasan tadi.

Jangan kaget, bila timbul asap akibat pelumas yang diolesi menguap lantaran terkena panas. Untuk menghindari karat datang lagi, bisa disemprot antikarat dan sehabis mencuci sebaiknya segera lakukan pengeringan dan sewaktu musim hujan cepat dibilas menggunakan air bersih.

2. Knalpot Racing
Buat yang memasang knalpot racing, baik itu model chrome dan berbahan pelat, dibutuhkan perawatan khusus Karena tanpa disadari, produk aftermarket itu lebih cepat menguning atau berkarat ketimbang original.

Oleh karenanya, sebelum dipasang sebaiknya diolesin oli bekas dulu agar umur lebih panjang. Oleskan pelumas bekas tersebut dengan kain di bagian leher knalpot. Setelah itu, lanjutkan dengan memasang knalpot. Lalu, hidupkan mesin selama 2 menit, dan oli akan menguap akibat panas. Demikian langkah serta bahan untuk merawat knalpot.

loading...