Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu

Bagaimana cara mudah yang harus kita lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat akibat flu ? Hidung merupakan bagian dari sistem pernapasan bagian atas yang mempunyai banyak fungsi.

Fungsi dari hidung itu sendiri salah satu diantaranya adalah sebagai saluran pernapasan, untuk pengatur suhu dan kelembaban udara yang masuk melalui hidung, sebagai pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme yang masuk ke dalam paru-paru, membantu proses bicara, dan juga sebagai organ penciuman.

Cuna menjaga fungsi-fungsi tersebut supaya berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, maka kita harus menjamin agar kelancaran udara yang keluar masuk lewat hidung tidak tersumbat.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, di antaranya adalah radang ( alergi ), kelainan anatomi, pengaruh obat, penyakit flu, masuknya benda-benda asing, tumor, dan juga pengaruh hormon. Oleh sebab itu sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pun bisa dilakukan berbeda-beda tergantung juga dari faktor penyebabnya.

Akan tetapi, dari sekian banyak kejadian yang menyebabkan hidung tersumbat adalah akibat penyakit flu. Kita tahu flu merupakan suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh adanya virus influenza.

Pada umumnya reaksi tubuh ketika virus ini menyerang adalah terbentuknya lendir didalam rongga hidung. Produksi adanya lendir, apalagi dalam kapasitas yang banyak dapat mengakibatkan penyumbatan di area rongga hidung sehingga bisa memicu atau mengganggu pernapasan.

Ada berbagai cara yang dapat kita dilakukan guna mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu tanpa harus menggunakan obat flu yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang ketika menderita flu. Cara yang akan Ikiopo.com persembahkan kali ini adalah cukup sederhana akan tetapi cukup ampuh dan efektif mengatasi hidung tersumbat akibat flu yang kini Anda alami.

Nah berikut ini merupakan langkah-langkah mudah yang harus kita lakukan

1. Menghembus hidung dari dalam
Kondiai hidung yang tersumbat akibat flu sangat mengganggu ketika sedang bernapas. Menghembus hidung dari dalam merupakan cara sederhana yang kerap kali dilakukan. Caranya adalah dengan menekan salah satu bagian lubang hidung, klalu menghembusnya secara bergantian. Langkah ini masih cukup efektif apabila lendir yang menyumbat masih berbentuk cairan belum mengental, biasanya jika flu masih diawal yang di iringi rasa pening dan demam.

2. Berkumur dengan ramuan herbal
Banyak ramuan herbal alami yang bisa kita buat untuk meringankan hidung tersumbat dengan cara dibuat kumur diantara adalah jahe, minyak kayu putih, dan juga kayu manis. Caranya cukup mudah yakni cukup dengan mencampurkan salah satu diantara jenis herbal tersebut ke dalam air hangat, lalu lakukan kumur-kumur sampai merasakan kondisi lendir mulai keluar dari rongga hidung Anda.

3. Uap panas atau hangat
Uap air panas dan hangat ternyata juga efektif untuk mengencerkan hidung yang lagi terumbat akibat flu, lalu bagaimana caranya ? caranya gampang, letakkan wajah kita di atas air hangat selama beberapa saat diatas air panas yang beruap tersebut. Supaya lebih efektif tambahkan bahan rempah-rempah guna mempercepat mengencerkan lender dalam hidung.

4. Makanan pedas
Jenis makanan yang pedas bisa juga mengencerkan lendir yang mengental dalam rongga hidung akibat terjanya flu, mengapa karena makanan pedas mengandung capcaisin, yakni salah satu diantara senyawa yang dapat mengakibatkan sensasi panas pada tubuh. Oleh sebab itu banyak juga orang melakukan makan pedas pedasan ketika lagi flu, setelah makan dan mengeluarkan keringat biasanya hidung akan terasa plong dan lendirpun juga bisa mengalir keluar.

Semoga beberapa bahan yang mudah serta murah diatas mampu paling tidak bias membantu meringankan beban akibat penyumbatan pernafasan ketika sedang menderita influinsa.

Namun juga perlu Anda ketahui juga apabila dengan cara-cara tersebut belum juga membuahkan hasil sebaiknya segera berkonsultasi atau periksa kedokter terdekat untuk pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dari sedikit tips berkaitan dengan cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu.

loading...